Ragam Olahan Sawi Hijau yang Cocok Untuk Keluarga

 Ragam Olahan Sawi Hijau yang Cocok Untuk Keluarga

 

sumber gambar : www.cookpad.com

 

Aneka kuliner banyak tersaji saat bulan ramadan. Para pedagang dadakan banyak trlihat menjajakan dagangan, mulai dari aneka sayur, lauk pauk bergaman jenis, hingga aneka kudapan dan minuman, memanjakan para penikmat kuliner.

Meskipun demikian, masih ada beberapa ibu yang lebih suka untuk membuat masakan sendiri, termasuk saya. Salah satu jenis masakan yang menjadi kegemaran keluarga, yaitu berbahan dasar sawi hijau.

Anda mungkin terbiasa menemukan sawi hijau dalam semangkuk mie ayam yang dijual di pinggir jalan, atau dalam olahan masakan oriental, Jepang, atau India yang biasanya dijual dengan harga selangit. Rasanya yang cenderung agak pahit, membuat sebagian orang tidak terlalu menyukai sawi hijau. Namun, bukan hal yang mustahil untuk menemukan resep olahan sawi hijau yang akan disukai seluruh keluarga.

Di bawah ini, beberapa resep sederhana berbahan sawi hijau yang menjadi menu kegemaran keluarga, dan bisa Anda coba langsung di dapur. Semoga berhasil!

 

Tumis Sawi Hijau dengan Perasan Lemon

Olahan yang satu ini dijamin sangat menggugah selera dengan berbagai kelebihannya. Bahan-bahan yang diperlukan pun tidak seberapa. Anda hanya membutuhkan sawi hijau 1 ikat, bawang putih 4 siung, 3 sdt minyak goreng secukupnya, 1 lemon yang sudah diperas airnya, ¼ sdt lada, garam dan merica secukupnya.

Cara Membuat olahan ini pun sangat mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1.      Panaskan minyak goreng  secukupnya dalam sebuah wajan

2.      Setelah minyak panas atau ber asap, tumis bawang sampai tercium bau harum

3.      Masukkan sawi hijau ke dalam tumisan tersebut, masak antara 1 sampai 2 menit, atau sekiranya sampai sawi sudah layu dan empuk.

4.      Tutup wajan dengan tutupnya, aduk sesekali untuk memeriksa apakah sudah empuk atau belum

5.      Setelah dirasa sudah empuk, siramkan air lemon perlahan dan lada secukupnya.

6.      Taburi dengan garam dan merica sesuai selera

7.      Tumis sawi siap dihidangkan

 

Tumis Telur Sawi Hijau

Untuk membuat tumis telur sawi hijau, bahkan Anda pun tidak perlu terlalu ribet. Memang bahannya lebih banyak dari sebelumnya, tapi jangan khawatir karena dengan panduan yang jelas, Anda bisa membuatnya dengan sempurna.

Diantara bahan yang perlu Anda siapkan adalah, 3 sendok teh minyak, 1 buah jahe ukuran jempol yang diiris tipis, 4 siung bawang putih yang diiris, dan 1 buah cabai merah untuk bumbu pelengkap nantinya. Selain itu siapkan juga 1 butir telur ukuran besar atau 2 butir telur ukuran kecil, 1 ikat sawi hijau yang dicincang, saus tiram secukupnya dan ikan teri kecil

Cara membuat olahan ini cukup diawali dengan memanaskan minyak goreng dalam sebuah wajan. Kemudian, setelah  minyak panas, tambahkan irisan bawang putih. Setelah itu, masukan jahe dan cabai. Lanjutkan dengan memecahkah telur dan buat orak-arik sampai setengah matang.

Jika sudah, langsung saja masukkan sawi hijau ke dalam wajan dan aduk sampai tercampur dengan telur. Lalu tuang saus tiram sesuai selera, bubuhkan merica secukupnya, dan tambahkan ikan teri. Terakhir, masak hingga kurang lebih 3 menit dan masakan siap dihidangkan.


 

sumber gambar : www.cookpad.com

Sup Ayam Sawi Hijau

Sawi, sebagai sayuran, tentu recommended juga untuk dijadikan sebagai sup ayam. Nah, kini Anda bisa membuatnya dengan menyiapkan bahan-bahan seperti 1 ekor ayam utuh, 800 gram sawi hijau yang dipotong per 1 – 2 cm, 3 jahe dengan ukuran kecil-kecil, garam, lada putih dan 2 sampai 2 ½ liter air matang.

Langkah-langkah pembuatannya bisa dimulai dengan merebus ayam hingga matang atau jangan sampai masih ada daging yang berwarna merah muda. Selesai ayam direbus sampai matang, masukan ke dalam panci lain yang sudah diisi air dan jahe. Tutup panci dan didihkan sampai 1,5 jam

Kemudian, masukkan sawi ke dalam panci, tunggu sampai empuk. Tambahkan bumbu seperti garam dan lada secukupnya. Setelah dirasa semua pas, olahan sawi hijau tadi siap dihidangkan dengan nasi putih hangat yang ditaburi dengan bawang goreng.

 

Itulah resep olahan sawi hijau yang pasti tidak akan ditolak oleh keluarga Anda. Resep di atas tidak hanya nikmat disantap, tapi juga dipastikan bergizi. Terlebih dengan adanya manfaat sawi hijau yang banyak seperti sumber vitamin dan mineral, kaya antioksidan, dan bersifat anti-inflamasi, akan membuat keluarga Anda makin sehat. Selamat menikmati!

 

#kuliner

#artikel

 

 

Post a Comment

0 Comments