Teruslah Berbuat Baik

 Teruslah Berbuat Baik

 

design by Canva


Pernahkan Anda merasa menyesal setelah berbuat kebaikan pada orang lain, tetapi tidak mendapat balasan yang sama? Bahkan merasa jengkel, karena merasa kebaikan yang kita lakukan tersebut terasa sia-sia, hanya karena orang lain tidak memberikan balasan kebaikan pada kita.

Beberapa orang memang merasa bahwa berbuat baik itu harus beralasan, beberapa yang lain tidak peduli akan hal tersebut.

Berbuat baik, ya dilakukan saja, tanpa harus mendapatkan balasan yang sama dengan menerima kebaikan dari orang lain.

Sayapun pernah merasa sedikit jengkel, kala suatu saat mencoba berbuat baik pada orang lain. Hal kecil saja. Contohnya adalah memberikan sapa dan senyum pada orang lain. Tentu ada harap, agar orang lain tersebut membalas sapaan tersebut. Alih-alih membalas, eh ternyata dia malah memalingkan muka. Duh ... berasa jengkel, banget saat itu. Kecewa, pasti. Dalam hati sempat terbersit, apa susahnya membalas sapa? Hanya hal remeh, bukan? Tidak hanya itu. Bahkan saya sempat overthingking dan merasa kehadiran diri ini tidak diharapkan. Duh ... jadi kejauhan mikirnya ya?

Jadinya malah baper, kan?

Ujung-ujungnya sih, jadi menyalahkan diri sendiri. Merasa bahwa orang lain tidak menginginkan dan tidak sudi melihat.

Padahal, saya tidak tahu apa yang sebenarnya ada dalam benak orang lain, bukan? Bisa jadi dia memang sedang banyak masalah, banyak hal yang harus dipikirkan dan difokuskan, sehingga kurang memperhatikan sapa tersebut. Bisa juga karena alasan lain.

Begitulah. Pada akhirnya, saya justru menduga akan banyak hal yang seharusnya tidak perlu saya pikirkan.

Memberikan sapa pada orang lain, ya sudah. Dibalas atau tidak, bukan urusan saya lagi, bukan? Hal penting adalah saya sudah berusaha berbuat baik pada orang lain.

Begitulah seharusnya yang kita lakukan.

Tidak apa-apa, orang lain tidak membalas kebaikan kebaikan.

Kita hanya perlu untuk terus berbuat baik pada orang lain, tanpa berharap mendapatkan balasan atas kebaikan tersebut.

Selama masih ada kesempatan hidup di dunia ini, teruslah berbuat baik pada siapapun, tanpa mengharap balas apapun akan kebaikan tersebut. Bahkan kita juga diharapkan terus berbuat baik pada orang yang pernah menyakiti kita sekalipun.

Sikap  kita pada orang-orang yang pernah menyakiti, akan menunjukkan kualitas diri yang sebenarnya. Adapun sikap mereka pada kita, juga menunjukkan siapa mereka sebenarnya.

Satu hal yang penting adalah, saat kita melakukan kebaikan pada siapapun, maka semata mengharap rida dari Yang Maha Kuasa.

Hidup akan terasa lebih ringan untuk dijalani, jika kita hanya menjadikan Sang Pemberi Hidup sebagai fokus.

If you get good, you will get good. If you get bad, you will get bad.

Jadi, jika kita berbuat baik, maka kebaikan akan datang pada kita. Sebaliknya, jika kita berbuat buruk, maka keburukanlah yang akan datang pada kita.

Begitulah hukum alam berlaku.

So ... jangan lupa untuk terus berbuat baik ya ^^

 

#inspirasi

 

 

Post a Comment

3 Comments

  1. Berbuat baik tanpa pamrih memang gampang-gampang susah ya, Mba, karena kita ini manusia yang ga luput dari ego. Tentu pengen dapet balasan, minimal perlakuan baik atau sekedar penghargaan kecil.

    Dan setuju sekali dengan filosofinya Mba Nova, bahwa apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai.

    Mungkin ada yang terlepas dari memori kebanyakan orang, bahwa berbuat baik ke A belum tentu dibalas oleh A, tapi feedback nya akan random.

    Jadi akan keren sekali kalau fokusnya bisa ke diri sendiri, (aku melakukan ini untuk diriku) dan biar alam yang bekerja atas izin Tuhan untuk menempatkan semua hal pada tatanannya.

    Btw.. Tulisan sederhana ini sungguh posirif, semoga Mba Nova, aku dan semua lapisan jiwa di muka bumi ini, ga pernah jera untuk melakukan kebaikan, ya! God Bless 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Indah. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Salam sayang ^^

      Delete
  2. Alternatively, contact us together with your bending/forming Underwear for Women necessities for a guide quote. There are many alternative methods used by skilled metal fabricators to form and manipulate sheet metal. Below are variety of the} extra common strategies used in sheet metal fabrication. To reduce desired shapes and designs into sheet metal, a centered laser may be be} used to soften or burn the material. Called laser chopping, this sheet metal fabrication process allows for sheet metal to be formed into intricate designs or components.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^