Benarkah Vaksin Virus Corona Efektif Mengusir Covid-19?

 Benarkah Vaksin Virus Corona Efektif Mengusir Covid-19?

desaign by Canva

 

Pendemi akibat Covid-19 belum berakhir, hingga dipenghujung tahun 2020 ini. Seluruh dunia seakan dibuat resah, akibat masih bertahannya wabah virus ini. Apalagi sampai detik ini, masih belum ditemukan formula yang betul-betul pas untuk menghalau covid-19, dan enyah dari bumi.

Semakin bertambahnya korban akibat covid-19 ini, baik yang dinyatakan positif, maupun dinyatakan meninggal dunia akibat terkena virus covid-19, tentu membuat kecemasan semua orang menjadi meningkat. Bahkan bisa membuat kita menjadi pribadi yang paranoid, mempunyai kekawatiran berlebihan, menimbulkan stres, yang tentu saja bisa mengganggu aktivitas harian.

Himbauan untuk selalu menjaga protokol kesehatan diera pendemi akibat covid-19 ini, selalu digaungkan, baik dari pemerintah, swasta, dan pihak-pihak terkait.

Namun, akhir-akhir ini, himbauan-hinmbauan tersebut, terkadang diabaikan masyarakat, dengan alsan antara lain sudah mengalami titik jenuh, merasa kurang piknik, bertambah stress, dan sebagainya.

Tentu berbagai alasan tersebut, hendaknya tidak dijadikan dalih untuk tidak peduli akan akibat covid-19, ya.

Akibat dari pemahaman yang masih belum sepenuhnya, sikap yang acuh dan abai serta meremehkan, dan tidak berusaha untuk mendisiplinkan diri, tentu berdampak pada banyak pihak. Bayangkan saja. Mungkin kita tidak menyadari dalam posisi Orang Tanpa Gejala (OTG), tetapi ternyata menularkan virus pada orang-orang disekitar kita, lantas mereka menunjukkan gejala-gejala terkena virus Covid-19. Kemudian melakukan serangkaian tes, dan hasilnya positif.

Nah, kan. Semua akibat kita tidak mau mendisiplinkan diri untuk tetap patuh pada protokol kesehatan. Meskipun terlihat baik-baik saja, dan kita terlihat sehat, kewaspadaan harus tetap dijaga.

Padahal kita semua tahu, bahwa hingga hari ini, vaksin virus corona masih dalam tahap uji coba, membutuhkan waktu cukup lama, masih belum  ditentukan efektif tidaknya dan serangkaian uji klinis untuk vaksin penangkal virus covid-19, sebelum vaksin tersebut didistribusikan dan diberikan pada masyarakat.

Selain itu, juga tidak bisa menjadi jaminan bahwa vaksin penangkal virus corona tersebut siap disebarkan ke masyarakat dalam waktu dekat. Padahal korban akibat covid-19 semakin bertambah, baik yang dinyatakan positif terkena coid-19, maupun meninggal dunia akibat virus ini.

Belum lagi ada pihak-pihak tertentu yang entah sengaja atau tidak, mengklaim telah menemukan vaksin penangkal virus covid-19. Hal ini tentu saja menimbulkan kebingunan dan ketakutan bagi masyarakat.

Sebagai masyarakat cerdas dan mau berpikir kritis, tentu saja kita tidak boleh begitu saja percaya akan berita-berita yang belum tentu jelas kebenarannya, termasuk beragam info mengenai Vaksin Virus  Corona ini.

Kita harus mau dan peduli, tidak boleh abai sertai tetap mendisiplinkan diri untuk tetap menjaga pola hidup sehat, antara lain dengan :

  • Konsumsi Sehat

Meskipun terlihat sehat dan baik-baik saja, gaya hidup untuk selalu konsumsi yang sehat, baik dalam bentuk makanan, minuman, bahkan lifestyle, tetap harus diterapkan.

Kita tidak boleh lengah dan terlena, karena sehat itu penting, tidak hanya saat adanya pendemi akibat covid-19 ini saja, lho.

  • Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Meskipun kondisi menunjukkan bahwa akibat virus covid-19, angka kematian menunjukkan kenaikan secara signifikan, tetapi banyak masyarakat menunjukkan perilaku ketidakpedulian.

Banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan, dan akibatnya banyak hal diluar dugaan terjadi, misalnya merasa baik-baik saja, tetapi saat dilakukan tes swab, menunjukkan hasil positif. Tentu saja, harus dilakukan tindakan sesuai prosedur kesehatan selama pendemi ini.

Jadi, tetaplah mematuhi protocol kesehatan, demi kebaikan bersama. Ok? ^^

  • Cukupi Kebutuhan tentang Info Kesehatan

Jangan kudet atau kurang update, terutama tentang info kesehatan. Jangan tidak peduli. Informasi kesehatan tetaplah penting untuk keberlangsungan hidup sehat. Kita harus tetap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Betul?

Sekarang sudah tidak perlu kawatir, bila ingin mendapatkan beragam info mengenai kesehatan. Termasuk juga info tentang Vaksin Virus Corona, yang sedang ramai dibahas di media, baik online maupun offline. Banyak media dan aplikasi kesehatan yang siap membantu Anda, untuk mendapatkan info-info kesehatan. Salah satunya adalah aplikasi halodoc. Beragam informasi kesehatan, bisa Anda dapatkan di sana.


sumber foto : halodoc.com


Aplikasi halodoc. menyajikan beragam informasi kesehatan, mulai dari artikel kesehatan, obat dan vitamin, tanya atau konsultasi dengan dokter, dan beragam info kesehatan lain. Aplikasi halodoc. merupakan solusi kesehatan terlengkap di Indonesia. Yuk, deh, langsung kepoin situs halodoc. nih ^^

Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya.

salam sehat selalu ^^

 


Post a Comment

0 Comments