8 Cara Membangun Konten Viral Yang Menarik

 

8 Cara Membangun Konten Viral Yang Menarik

 

 

desain by Canva

Tahukah Anda?

 

Syarat terpenting agar konten yang Anda buat bisa menjadi viral adalah layak untuk dibagikan orang lain. Semakin banyak orang ingin membagikan konten yang Anda buat, itu berarti akan semakin besar juga peluang untuk dijadikan konten yang viral.

 

Membangun konten viral tidaklah semudah yang dibayangkan! Sebenarnya, tidak ada aturan yang spesifik tentang cara membangun konten viral. Begitu juga, tidak ada cara yang pasti untuk membangun sebuah konten menjadi viral.

 

Namun, masih ada keunikan yang sama yang dimiliki sebagian dari konten viral. Hal ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi Anda, tentang cara membangun konten viral yang menarik. Nah, pada postingan ini akan disajikan beberapa cara untuk membangun konten viral yang menarik.

 

Bangun Judul Yang Memukau

Judul sebuah konten merupakan komponen penting yang pertama kali dilihat oleh pengunjung, sehingga Anda harus membangun judul yang memukau perhatian khalayak ramai, dan mendorong agar pengunjung tertarik membaca konten yang sudah dibuat. Tentu saja, butuh trik tersendiri agar judul konten menarik pengunjung dan membaca konten yang Anda buat lebih lanjut.

 

Berikut adalah cara untuk membangun judul yang memukau untuk konten Anda :

 

       Gunakan angka dalam judul konten agar mendapatkan lebih banyak klik.

       Ajukan pertanyaan yang bisa dipahami audiens Anda.

       Bangunlah judul dengan kalimat singkat tapi bisa dimengerti oleh para pengunjung

       Gunakan frasa yang memukau.

       Gunakan keyword yang tepat

 

Menulis judul yang memukau tentu menjadi bagian paling penting dalam membangun konten yang viral. Itulah alasan Anda harus memberi perhatian khusus pada judul konten yang Anda buat.


Bangun Konten Yang Singkat

Konten yang singkat tentu akan lebih mudah dipahami oleh para pengunjung dan pembaca konten Anda. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar semakin banyak orang juga turut membagikan konten yang Anda buat, sehingga konten tersebut menjadi viral.

 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan konten yang panjang, namun konten yang terlalu banyak teks dapat membuat orang kehilangan minat baca. Oleh sebab itu, buatlah konten yang singkat namun bisa dipahami oleh pembaca.

 

 

Pilih Visual atau Gambar yang Sesuai

Sejak dulu, sebagian besar konten viral menjadi familiar karena menggunakan visual atau gambar yang sesuai. Meskipun tulisan juga penting agar sebuah konten menjadi viral, namun penambahan visual atau gambar yang sesuai, dapat mendorong minat pengunjung untuk turut membagikan konten yang Anda buat tersebut.

 

Untuk membangun konten artikel blog, visual atau gambar yang baik, bisa Anda letakkan di bagian header. Gambar ini akan mewakili konten saat Anda bagikan di media sosial. Tentu hal ini akan membuat orang yang melihat tidak sabar untuk segera mengklik dan membaca isi postingan Anda.

 

Selain itu, visual atau gambar yang Anda selipkan dalam konten artikel, juga akan menambah kredibilitas konten tersebut.

 

Share Konten Di Media Sosial

Cara paling efektif memudahkan para pengunjung untuk turut membagikan konten Anda ke media sosial adalah, dengan mulai mengintegrasikan tombol berbagi ke media sosial dalam konten Anda.

 

Tombol berbagi ini memungkinkan para pengunjung dapat dengan cepat dan mudah membagikan konten yang disuka, ke media sosial favorit mereka. Selain itu, pengunjung juga bisa share informasi konten Anda pada teman mereka melalui email, hanya dengan beberapa klik saja.

 

Meskipun begitu, memasukkan terlalu banyak tombol berbagi dalam artikel akan membingungkan para pengunjung. Untuk mengantisipasi hal ini, gunakan tombol berbagi secukupnya pada setiap konten yang paling relevan.

 

 

Dapat Diakses di Berbagai Platform

Hal lain yang perlu diperhatikan pada konten website Anda yaitu, selalu dapat diakses dengan baik pada semua platform yang sudah terhubung dengan internet. Namun jika Anda ingin memberikan prioritas ke salah satu platform, Anda bisa memilih platform media seluler.

 

Perlu Anda ketahui, jalur lalu lintas (traffic) platform media seluler, saat ini sudah melebihi jalur lalu lintas media desktop. Oleh sebab itu, situs website Anda harus bisa dinavigasi dengan mudah, pada berbagai platform termasuk untuk layar yang berukuran kecil sekalipun.

 

Supaya konten mudah untuk diakses, pilihlah tema yang responsif, ukuran teks tidak begitu kecil, tata letak yang sesuai, tipografi yang tepat dan lain sebagainya.

 

Bangkitkan Emosi Pengunjung

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk membangun konten yang viral, yaitu dengan membuat suatu hal yang bisa membangkitkan emosi para pengunjung.

 

Supaya Anda sukses membangun konten yang viral, Anda harus memahami terlebih dahulu arti psikologi sebuah konten viral. Menumbuhkan semangat para pengunjung untuk men-share konten yang Anda buat, tentu memerlukan konten yang bisa membuat atau menyulut reaksi emosional para pengunjung.

 

Oleh karena itu, Anda harus memposting konten yang bisa membangkitkan emosi, sehingga pengunjung tidak segan-segan untuk membagikan, di media sosial mereka tanpa berpikir panjang.

 

Topik atau judul konten yang banyak dibicarakan bagi kebanyakan orang yaitu topik yang lucu dan unik, luar biasa, keterlaluan, kontroversial dan lain sebagainya. Meskipun demikian, reaksi atas konten viral tidak selalu mendapatkan respon yang positif, namun kunci dari sebuah konten viral adalah dapat membangkitkan emosi para pengunjung.

 

Berikan Sumber Terpercaya

Saat ini sudah banyak artikel blog yang berkedok sebagai situs website berita, namun konten artikel yang dibuat hanya menerbitkan imajinasi liar yang jauh dari realita. Meskipun para pengunjung bisa menikmati konten viral sebagai sebuah hiburan, bukan berarti kredibilitas sebuah konten tidak penting.

 

Salah satu cara paling efisien untuk menumbuhkan kredibilitas konten yaitu, dengan memberi istilah tertentu yang memberi pengaruh paling penting pada website Anda, dan mengutip sumber terpercaya dari sebuah situs. Jangan takut untuk memasukkan link yang paling berpengaruh dalam artikel Anda.

 

Publikasikan Konten di Waktu yang Tepat

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk membangun konten viral adalah, memublikasikan konten yang Anda buat pada waktu paling tepat. Berdasarkan data dari website Sprout Social, waktu paling tepat untuk memublikasikan konten Anda di media sosial adalah antara jam 9 pagi hingga jam 3 sore, selama hari dan jam kerja. Tetapi, jadwal ini tematik, tergantung platform media sosial dan instansi Anda.

 

Waktu Paling Tepat Memposting di Facebook:

 



 

 

 

Waktu Paling Tepat Memposting di Instagram:

 



 

Menurut informasi dari data diatas, hari Rabu merupakan hari paling bagus untuk memublikasikan konten artikel. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan keterlibatan dari para pengunjung secara lebih maksimal.

 

Oleh karena itu, selalu ingatlah waktu yang tepat untuk memublikasikan konten, agar juga bisa mendapatkan respon yang baik. Sebab, membuat konten viral saja tidaklah cukup.

 

Ternyata membangun konten viral tidak semudah yang dibayangkan, bukan? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan serta langkah paling bagus dalam membangun konten agar bisa menjadi viral. Gunakan cara paling efektif ini, untuk membangun konten viral, yang akan disukai dan dibagikan oleh pengunjung situs website Anda.

 

Jangan lupa! Sebelum membangun konten viral, hal paling utama yang tidak boleh dilupakan adalah, platform untuk membangun sebuah konten, yaitu layanan web hosting. Adanya hosting, Anda dapat meng-onlinekan situs pribadi. Selain itu, inilah tempat Anda dapat membangun konten - konten viral yang dibuat.

 

Namun dalam memilih layanan hosting juga tidak boleh asal-asalan, ya. Pilihlah layanan hosting terbaik yang dapat memenuhi segala kebutuhan untuk membangun situs website impian Anda.

 

Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda! Selamat membuat konten viral ya ^^

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

3 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^