5 Tips Tetap Sehat Saat Pendemi Bersama SehatQ.com

 

5 Tips Tetap Sehat Saat Pendemi Bersama SehatQ.com


desain by Canva

Wabah pendemi karena COVID-19 hingga ujung tahun 2020, belum berakhir. Kita tidak akan tahu, sampai kapan wabah ini ada bersama kita. Sudah setahun dan COVID-19 (coronavirus disease 2019) yang merupakan penyakit disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019.


Menurut situs padk.Kemkes.go.id, COVID-19 ini dapat menimbulkan gejala gangguan pernafasan akut seperti demam diatas 38°C, batuk dan sesak nafas bagi manusia. Selain itu dapat disertai dengan lemas, nyeri otot, dan diare. Pada penderita COVID-19 yang berat, dapat menimbulkan pneumonia, sindroma pernafasan akut, gagal ginjal bahkan sampai kematian.

COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet (percikan cairan pada saat bersin dan batuk), tidak melalui udara. Bentuk COVID-19 jika dilihat melalui mikroskop elektron (cairan saluran nafas/ swab tenggorokan) dan digambarkan kembali bentuk COVID-19 seperti virus yang memiliki mahkota.


Berdasarkan data Worldometers, Jumat (11/12/2020), terdapat 70.634.346 kasus Covid-19 di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, yang meninggal sebanyak 1.586.683 orang dan yang telah sembuh sebanyak 49.096.571 orang (telah tayang di www.kompas.com).

 

Duh ... makin lama, makin naik ya, angka pasien karena COVID-19 ini. Miris, memang. Kadang gemes juga ya. Kita sudah bela-belain menjaga diri dan keluarga agar tidak tertular atau terkena virus ini, etapi, kalau sudah waktunya kena, kita memang nggak bisa menghindar.

Meskipun begitu, kita tetap harus berusaha, untuk tetap menjaga kesehatan, ya. Baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar, di tempat kerja, di masyarakat, pokoknya dimana saja deh.

Beberapa tips berikut ini bisa menjadi alternatif bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan saat pendemi karena Covid-19. Yuk, simak :


Jaga Pola Konsumsi

Konsumsi yang dimaksud dalam hal ini, tidak hanya pola makan saja yang dijaga, ya. Tapi pola konsumsi minum juga tidak terkecuali. Apalagi saat musim penghujan seperti ini. Jangankan karena virus akibat Covid-19. Virus flu biasa aja, gampang banget nempel ke tubuh kita. Terutama saat kondisi badan tidak fit.

So, kita tetap harus makan yang bergizi, kurangi gorengan, kurangi junk food, fast food, dan lebih banyak konsumsi sayuran dan buah. Lebih sehat lagi kalau konsumsi makanan rumahan. Boleh deh, sesekali jajan diluar, tapi sesekali lho, ya. Selain mungkin ada bahan pengawet (meski tidak semua pakai pengawet, ya. Namanya juga jaga-jaga), tetap harus ingat kalau healty food itu lebih penting.

Pola konsumsi untuk minuman, tidak kalah penting. Meski sekarang banyak bermunculan aneka minuman dengan berbagai rasa dan variasi, mulai thai tea, boba, milk tea dan beragam jenis minuman lain, tetap harus selektif, ya. Jangan karena ingin update, tapi kesehatan terabaikan. Percaya deh. Kebanyakan konsumsi yang manis-manis, bakalan kena diabetes. Susah sembuh, lho untuk penyakit yang satu ini.

Oiya... Jangan lupa tetap minum vitamin, ya ^^

  

Patuhi Protokol Kesehatan

Akhir-akhir ini, banyak kegiatan masyarakat yang awalnya harus ditiadakan karena Covid-19, seperti acara nikahan, kembali terjadi. Well ... pernikahan memang identik dengan acara kumpul-kumpul keluarga besar, juga mengundang banyak orang.

Bahkan banyak yang sudah berpiknik ria ke tempat-tempat wissata. Merasa kurang piknik, dan galau akut akibat nggak bisa kemana-mana. Duh! Alasannya jangan itu, deh. Trus kalau pulang ke rumah, ternyata harus rapid test dan hasilnya reaktif, harus isolasi mandiri, terpisah dengan orang-orang tersayang, apa enaknya coba.

Apapun, tetap patuhi protokol kesehatan, ya. Jaga jarak aman minimal 1 meter, tetap pakai masker saat keluar rumah, tetap cuci tangan dengan sabun, pakai hand santizer (kalau perlu dibawa kemanapun barang satu ini), dan hindari kontak langsung atau berjabat tangan dengan orang lain. Ntar aja cipika-cipiki kalau virus ini udah berlalu ^^

 

Penuhi Info Kesehatan

Info kesehatan itu penting. Tidak hanya saat pendemi seperti ini saja, ya. Kita memang harus update info kesehatan, agar selalu bisa menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari penyakit berbahaya. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?

Kita bisa lho, update tentang ini bersama Sehatq.com. Beragam info kesehatan yang kita perlukan, akan tersaji lengkap di sana.

 

sumber : sehatq.com


Healthy Life For Your Future

Yes! Hidup yang sehat, akan menjadikan masa depanmu sehat juga. Ini soal kebiasaan dalam menjalani hidup. Kebiasaan hidup yang baik dan sehat, akan membuat bahagia, dan bisa merencanakan masa depan yang cemerlang. Setuju? ^^

 

Jangan Lupa Bahagia

Manusia yang sehat, pasti bahagia. Benar nggak? Tentu saja. Kalau kita sehat, kita pasti akan bahagia dan mempunyai kesempatan untuk terus menebar kebaikan pada orang lain. Inilah salah satu kunci menuju kebahagiaan. Betul?

 

sumber : Sehatq.com



Nah, agar tip tetap sehat selama pendemi di atas lebih afdol, Sehatq.com siap menemani berbagi segala macam info kesehatan bersama kita. Ada konsultasi gratis bersama para dokter yang kredibel, informasi produk kesehatan, bahkan ada program pemberian diskon untuk pembelian item tertentu. Wah ... lengkap ya. Yuk, cuzz deh ke Sehatq.com dan dapatkan banyak kemudahan fasilitas kesehatan di sana.

 

Salam sehat ya ^^


Post a Comment

1 Comments

  1. Amid the war-scarred streets of the Ukrainian metropolis of Lviv, which has been closely bombed by the Russians, the foundations of the world’s first 3D-printed school to be inbuilt a war zone have been laid this week. The 3D-printed school in Lviv will be able to|be succesful of|have the power to} host over a hundred children. Our specialists are here to help you all through the entire shopping for and information-gathering process. To Toddler Mittens get in touch with us, please fill out the shape under and we are going to take it from there. Sign up for Lab Report to get the newest evaluations and prime product advice delivered right to your inbox.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^