Ramadhan Penuh Hikmah Meski Corona Mewabah


Ramadhan Penuh Hikmah Meski Corona Mewabah



Ramadhan segera tiba. Hanya tinggal menghitung hari. Biasanya, suka cita Ramadhan sudah terasa auranya dimana-mana, diseluruh penjuru dunia, bagi semua umat muslim yang menjalankan. Namun, tahun 2020 ini, suasana ramadhan terasa sangat berbeda. Ya, apalagi kalau bukan karena mewabahnya virus corona (covid-19), yang menyebabkan banyak korban, baik yang positif terkena virus tersebut, maupun meninggal.


Adanya virus corona, yang telah menjadi pendemi ini, disaat menjelang puasa ramadhan, membuat pemerintah membuat beberapa kebijakan. Hal ini tentu saja untuk menekan atau mengurangi jumlah warga yang terkena dampak akibat virus ini, baik itu dalam status Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Risiko (ODR), Orang Dengan Gejala (ODG), hingga yang benar-benar dinyatakan positif terkena virus corona.


sumber : nationalgeographic.id


Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Agama telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 6 Tahun 2020, tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H ditengah pendemi wabah covid-19. Dalam surat edaran tersebut, antara lain disampaikan bahwa masyarakat dihimbau untuk sahur dan buka puasa dilakukan secara individu atau bersama keluarga (di rumah saja), tidak secara ifthar jama’i (buka puasa bersama), tarawih dilakukan secara individu atau berjamaah bersama keluarga di rumah )tidak di musala atau masjid) , tilawah Alquran dilakukan di rumah, tidak mengadakan sahur on the road, tidak mengadakan takbir keliling, dan salat Idul Fitri ditiadakan. Untuk lebih lengkapnya, bisa klik disini ya.

Meskipun ada rasa kawatir dengan mewabahnya virus corona ini, tentu tidak boleh menghalangi semangat kita untuk menjalankan kewajiban menjalankan ibadah puasa, dong ya.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Tentu kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapat keberkahan di bulan suci ini, walaupun ada virus corona. Bukankah begitu?

Untuk menyambut bulan suci ramadhan, apa saja nih persiapan yang sudah dilakukan teman-teman? Misalnya membuat list menu buka puasa dan sahur? Browsing resep di internet? Atau ada hal lain, nih.

Teman-teman bisa lho melakukan beberapa persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, meskipun tahun ini, terasa berbeda, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

1.         Tetap semangat
Meskipun ada virus corona, kita tidak boleh loyo, kawatir berlebihan dan tidak bersemangat dalam menjalani ibadah puasa ramadhan. Kita harus tetap bersemangat dan yakin bahwa virus ini segera pergi, dan tetap menjalaini obadah puasa dengan semestinya.

2.        Selalu menjaga kesehatan
Menjaga kesehatan harus selalu kita lakukan, tidak hanya karena ada virus corona ini. Tetap mengonsumsi makanan yang bergizi saat berbuka puasa dan sahur, cukup minum air putih, istirahat yang cukup, dan olahraga sekadarnya. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif, ya.

3.        Patuh pada himbauan pemerintah selama ada virus covid-19
Salah satu penyebab meningkatnya jumlah orang yang positif terkena virus corona adalah, karena sikap seenak sendiri, dan tidak patuh dengan himbauan untuk #dirumahsaja dari pemerintah. Bbeerapa kasus pasien positif corona disebabkan bahwa mereka masih tidak mau melakukan #socialdistancing, tetap tidak bisa meninggalkan kebiasaan untuk ke kafe atau tempat-tempat buat sekadar ngopi bersama teman-teman.
Gaess… plis deh. Virus ini tidak main-main. Tahan diri dululah, sampai pendemi ini benar-benar berakhir dan tidak semakin banyak korban.

4.        Jangan lupa bersedekah
Sedekah itu wajib, tidak harus menunggu datangnya bulan puasa. Alangkah baiknya kita justru memperbanyak sedekah, dan hanya berharap agar Allah rida. Kita bisa bersedekah pada siapa saja yang berhak menerima, termasuk bersedekah pada anak yatim piatu.

Ngomong-ngomong soal sedekah, apalagi ada himbauan untuk #dirumahsaja, kita tidak perlu bingung lagi. Sedekah bisa dilakukan secara online, tidak perlu bingung mencari lembaga yang bisa menyalurkan sedekah kita secara amanah, jujur dan dapat dipercaya, serta professional dalam menjalankan tugas-tugasnya, seperti yang dilakukan #YDSFMalang ini.

Jadi, #YDSFMalang ini membantu kita untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah kita pada pihak-pihak yang membutuhkan, tanpa harus keluar dari rumah. Donasi atau sedekah secara online, bisa disalurkan ke beberapa rekening yang telah tersedia. Untuk info lebih lanjut, teman-teman bisa klik akun ini ya ^^

Nah, itu beberapa persiapan yang bisa kita lakukan menyambut puasa ramadhan, serta info penyaluran sedekah. Tetap semangat berbagi ya ^^. Selamat menjalankan ibadah puasa.

(Tulisan ini disertakan dalam Lomba Menulis dengan tema Menyambut Ramadhan Ditengah Covid-19, yang diselenggarakan oleh Komunitas One Day One Post dan YDSF Malang)




#RamadhanPenuhCerita
#YDSFMalang
#RWCODOP
#OneDayOnePost
#LiterasiDigital

Post a Comment

1 Comments

  1. Keren kakak, aku mau belajar. Blognya sudah keren banget. Intip punyaku yang baru belajar bikin blog

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^