Mengenal Beberapa Manfaat Tidur Dengan Lampu Mati


Mengenal Beberapa Manfaat Tidur Dengan Lampu Mati


pic by pixabay


Proses beristirahat dengan cara tidur ternyata memberi manfaat baik bagi tubuh. Kesehatan seseorang juga bisa dipengaruhi oleh durasi tidur. Namun, masyarakat sekarang masih memiliki kebiasaan tidur dengan kondisi lampu mati. Pada usia anak-anak kemungkinan besar mereka akan menggunakan lampu mati untuk tidur sehingga dari kenyamanannya pun lebih stabil.


Dari kalangan orang dewasa sendiri, telah banyak merasakan bagaimana rasanya tidur dengan kondisi lampu mati ataupun sebaliknya. Banyak penelitian mengungkapkan, bahwa tidur dengan lampu menyala juga memberi dampak yang kurang baik, sehingga pemilihan lampu mati untuk memberi suasana lebih nyaman bisa dengan mudah dilakukan.

sumber : hellosehat.com

 Meningkatkan Kinerja Otak
Salah satu organ tubuh yang langsung mendapatkan kenyamanan, dan manfaat besar dengan tidur pada kondisi lampu mati adalah, meningkatkan kinerja otak. Karena itulah, tidur terlelap akan membuat kondisi otak Anda semakin baik dan sehat. Bahkan beberapa penelitian juga mengungkapkan, bahwa tidur dengan kondisi lampu mati, akan memberi efek baik pada pengurangan rasa stress.
Waktu malam hari menjadi momen tepat bagi otak, untuk bisa beristirahat dan kemudian mengembalikan fungsinya secara tepat. Maka dari itu, cobalah tidur dalam kondisi lampu mati, sehingga dari manfaat pentingnya bagi organ otak juga semakin maksimal.

 Mengurangi Lemak
Mungkin Anda bertanya-tanya, mengenai konsep apa saja yang membuat tidur dengan kondisi lampu mati benar-benar memberi manfaat terbaik. Bahkan lampu mati pada saat tidur ini bisa memberi efek pengurangan lemak tubuh, dan juga bisa menghindarkan tubuh dari kegemukan. Maka dari itu, jangan terlalu diremehkan karena manfaat dari tidur dengan kondisi lampu mati ini ternyata menyehatkan.
Pengurangan lemak di dalam tubuh akibat sering tidur di bawah lampu mati ini, memang jadi aspek paling tepat, sehingga ada sejumlah poin penting yang kemudian sanggup dihadirkan sebagai modal utama, untuk mengurangi kadar lemak di tubuh, ataupun mencegah terjadinya obesitas pada usia muda.

 Lebih Cepat Terlelap

Menariknya lagi, bahwa dari penggunaan metode tidur terlelap pada kondisi lampu mati, akan membuat proses ke tidur ataupun fase istirahat jadi lebih cepat. Ada banyak survei dan juga bukti, bahwa dengan menggunakan situasi lampu mati tersebut, akan selalu membuahkan sarana-sarana paling tepat untuk mempercepat proses tidur, hingga terlelap dengan lebih maksimal.
Suasana nyaman saat tidur di bawah lampu mati, memang jadi aspek penting dan paling menarik. Bagi banyak kalangan harus bisa mencermati, bagaimana membuat suasana lebih sempurna, ketika seseorang bisa lebih terlelap dengan lebih baik, bahkan lebih cepat dari biasanya.

 
sumber : hellosehat.com

Meningkatkan Hormon Melatonin

Ada banyak penelitian mengungkapkan, bahwa tidur dalam kondisi lampu mati, tubuh secara otomatis akan memproduksi hormon melatonin dengan maksimal. Maka dari itu, seseorang dengan kondisi ataupun kebiasaan tidur di bawah lampu mati, akan jarang sakit, karena hormon melatonin ini berfungsi menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Sebaliknya, pada saat Anda tidur pada kondisi lampu menyala, maka tubuh tidak akan memproduksi hormon melatonin, sehingga sangatlah penting untuk tidur di malam hari, dalam kondisi lampu mati agar Anda tak mudah sakit.
Berbagai macam pengenalan banyak manfaat tidur dengan kondisi lampu mati, memang jadi aspek-aspek menarik bagi siapa saja. Untuk itulah, ada sejumlah poin penting bagi Anda, yang saat ini terus menggunakan kebiasaan tidur di bawah kondisi lampu mati, akan memperoleh banyak manfaat besar terutama menjaga kekebalan tubuh.

Post a Comment

47 Comments

  1. Dulu saya kl mo tidur harus terang, tapi berlahan berubah... Skrg bisa tdr kl gelap hehe
    Tq infonyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku lebih senang tidur dengan lampu temaram sebenarnya. Kalau benar- benar gelap bikin sesak napas. Takut hini

      Delete
  2. ternyata banyak manfaatnya, selama ini malah kebalikan. Jika tidur dengan lampu hidup, malah susah tidurnya. Ga nyaman, tapi btw saya baru tau jika tidur dengan lampu mati bisa meningkatkan Hormon Melatonin kak.

    Thanks ya informasinya, jadi tercerahkan dan selama ini berarti ga salah ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tidurnya makin berkualitas juga ya mas Andrew, jadi fresh deh buat aktivitas esok hari ^^

      Delete
  3. Sepakaat mbaak, tdur dengan lampu mati atau lampu yang redup (lampu tdur) membuat tdur lebih berkualitas. mudah terlelap jugaaa hehehe bangun-bangun juga jd so fresh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Kalau tidur kita berkualitas, bangun pagi esok hari pasti lebih fresh ^^

      Delete
  4. Ini aku bgt, sejak kecil smp punya anak biasa tidur dengan lampu dimatikan. Benar bgt mbak kl tidur dengan lampu mati, tidur ku pulas sekali dan bangun terasa segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dari dulu lebih nyaman tidur dengan lampu temaram. Anakku sejak kecil juga terbiasa dengan lampu redup sampai sekarang, dan dia merasa lebih nyaman dan cepet tidurnya ^^

      Delete
  5. Saya sering nih berantem sama suami gegara dia pengen dimatiin lampunya pas tidur, saya pengen dinyalain. Padahal ada haditsnya juga tentang harus mematikan lampu saat tidur. Hehe. Dan ternyata memang bermanfaat banget ya kalau lampunya mati. Ntar malem saya matiin deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ... Jangan sampai berantem Lo mbak, gara- gara lampu tidur ^^

      Delete
  6. Soal membakar lemak ini yang aku baru tahu. Terima kasih ya, infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Ternyata tidur dengan lampu temaram bisa juga membakar lemak. Jadi diet secara nggak langsung juga nih hehe

      Delete
  7. Saya banget nih, kalo tidur dengan lampu mati
    Manfaatnya kerasa
    Tapi baru tau kalo bisa ngurangin lemak juga, semoga ya

    ReplyDelete
  8. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan cegah depresi ya, ya ampuuun .. oke oke untung saya biasa tidur mata merem *eh piye to

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha... Orang tidur ya mata harus merem dong mbak :D

      Delete
  9. Wah, aku baru tau loh bobo dengan lampu mati sama sekali ternyata bisa melangsingkan tubuh hihihihihi :) AKu biasanya tidur dengan lampu kecil warna kuning. Besok2 nyobain ah digelapin. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin senang dong ya, dengan lampu tidur yang temaram malah bisa jadi langsing ^^

      Delete
  10. Banyak ya ternyata manfaat tidur dengan lampu dipadamkan. Saya sendiri lebih suka tidur gelap-gelapan. Tapi kalau anak-anak tidak suka dan malah tak bisa tidur. Ya sudah, dinyalakan terus sepanjang malam khusus kamar anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ... Kalau aku nggak bisa tidur tuh dengan lampu menyala. Mungkin bisa dipadamkan kalau snak-anak sudah tidur ^^

      Delete
  11. Aku juga lagi belajar disiplin dengan jam tidurku walau kadang tetep, agak delay 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahain waktu tidur yang cukup deh. Biar terjaga juga kesehatan kita ^^

      Delete
  12. Untuk si bayi ini, saya biasakan tidur dalam keadaan gelap Mbak. DIa nyaman dan nyenyak tidurnya. Kalau anak pertama dan kedua, masih proses menyemanka tidur dalam kondisi gelap.
    Satu yang pasti, semua harus sudah tidur jam 8 malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips jitu mbak. Saat kedisiplinan waktu untuk istirahat (jam malam), bagi semua anggota keluarga bisa diterapkan ^^

      Delete
  13. Maa syaa Allah tidur dengan mematikan lampu ini juga yang disunnahkan Rasul dan ternyata banyak manfaatnya ya Mbak. Saya juga sedari kecil sudah dibiasakan sama ortu tidur dengan kondisi lampu dimatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kita bisa menerapkan contoh dari Rasullullah Saw dalam kehidupan sehati-hari, termasuk soal tidur ^^

      Delete
  14. Bener loh mbak, tidur dengan lampu dimatikan justru bikin tidur lebih berkualitas dan nyenyak. Tapi aku jg baru tahu kalau tidur dengan lampu mati itu bikin lemak berkurang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak komen senada di atas dari teman-teman, bahwa tidur dengan lampu dimatikan bisa bikin lemak berkurang. Jadi makin HEPI dong ya, nggak diet ketat hanya dengan mematikan lampu saat tidur :D

      Delete
  15. Wah, baru tahu kalau tidur dengan lampu mati bisa mempengaruhi penurunan obesitas. Aku nggak bisa tidur kalau lampunya terang. Jadinya malah sibuk mengerjakan ini dan itu lagi. Tapi susah tidur juga kalau ruangan gelap. Soalnya jadi memikirkan yang aneh-aneh, hahahaha ...

    Aku pilih pencahayaan temaram gitu deh biar tidurnya lebih nyenyak. Tubuh sudah kurus juga nih, nggak ada pengaruh sama obesitas, hihihi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampunya dibikin temaram saja, mbak kalau gelap malah tidak bisa tdur. Semoga artikelnya bermanfaat ^^

      Delete
  16. Yes bener bgt ini mbak..
    Saya klo tdr pun selalu dgn lampu yg mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur jadi semakin nyaman ya kalau lampu tidur dimatikan

      Delete
  17. Beruntung banget kami bertiga tidurnya selalu dengan mati lampu.
    Bahkan si kecil terbiasa tidur dengan mati lampu semenjak bayi,
    Tapi pas bayi merah kami pakai lampu kecil asal kelihatan saja.
    Karena kaminya emang tidak bisa tidur dalam keadaan terang benerang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di kecil jadi nyaman tidurnya ya mbak, juga semua anggota keluarga

      Delete
  18. Sejak bayi anak-anak kami dibiasakan tidur dengan lampu mati. Paling tidak hanya dengan lampu tidur yang redup. Selain anak-anak cepat tidur, juga hemat energi. Ternyata malah lebih sehat kalau lampu dimatikan ya? Membiarkan sel-sel dalam tubuh relaks dan bekerja lebih optimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsip ekonomi juga nih mbak, jadi lebih hemat. ya kalau lampu tidur dibikin redup. Semangat sehat ^^

      Delete
  19. membuat mudah terlelap, memang benar adanya. saya suka tidur dengan lampu redup, dan kalau benar-benar butuh tidur dengan cepat terlelap, saya matikan lampunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bisa tidur dan lebih nyaman saja ya mbak, dan esok hari badan bisa lebih fresh ^^

      Delete
  20. Saya termasuk yang paling nyaman tidur dengan cahaya yang temaram. Kalo cahaya terang, otak tuh rasanya masih aktif pengen bekerja. Begitu lampu diredupkan, maka, langsung deh otakku bilang, oke, time to sleep! Dan, taraaaa. Langsung deh lelap dengan cantik! Hehe.

    Makanya kalo bepergian saya suka bawa lampu tidur sendiri, takut lampu di hotel masih terlalu terang, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ... sampai bawa lampu sendiri ya mbak Al. Tapi nggak papa sih, daripada nggak bisa tidur kan, ya? ^^

      Delete
  21. Waah banyaknya manfaat tidur dengan lampu dimatikan ya. Tapi sungguh ku baru tahu soal kaitannya dengan hormon melatonin ini mba. Jadi bagus untuk kekebalan tubuh ya kalau tidur gelap-gelapan. Aku juga sejak beberapa tahun ke belakang lebih suka tidur dengan lampu mati. Soalnya kalau hidup, suka gerah dan gelisah aku tidurnya. Gak nyenyak. Tapi semenjak ada insiden agak horor, aku tambahin pake lampu tidur mini biar ada sedikit cahaya tapi gak menganggu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sampai ada kejadian horor sih. Semoga setelah pakai lampu tidur dengan pencahayaaan rendah, tidur Kak Gilang bisa lebih nyaman ya ^^

      Delete
  22. Babyak juga manfaatnya ya Kak. Sayangnya saya takut kalo tidur dalam keadaan gelap. Jadi terbiasa deh dengan lampu menyala terang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bakalan nggak bisa tidur dengan nyenyak, kalau lampu tidurnya terang benderang, hehe

      Delete
  23. Sedari kecil selalu tidur gelap gelap an... bahkan di rumah sampai hanya lampu toilet aja yang nyala.. Kalau malam2 kebangun trus mau ke toilet jadi gelap gulita semua. Ngirit tagihan listrik juga sih,,,,

    ReplyDelete
  24. Aku juga sdh terbiasa tidur dalam kondisi lampu yg dimatikan sejak kecil, jd skrg aku terapkan di keluargaku. Aku lebih nyaman rasanya tidur dalam ruangan yg gelap

    ReplyDelete
  25. Aku dati kecil sdh terbiasa tidur dalam kondisi lampu yg dimatikan, rasanya lebih nyaman dan lebih lelap menurutku. Skrg juga kutwrapkan di keluargaku

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^