Daftar Kuliner Khas Sumatera Yang Tidak Boleh Dilewatkan


Daftar Kuliner Khas Sumatera Yang Tidak Boleh Dilewatkan


Hasil gambar untuk kuliner sumatera
sumber : pesona. ravel.com


Berkunjung ke Sumetera tentu tidak lengkap jika belum mencicipi wisata kulinernya. Ada banyak masakan khas Sumatera yang siap memuaskan lidah Anda. Pastikan untuk tidak melewatkan wisata kuliner ini karena akan memberikan pengalaman menarik denga citarasanya yang khas. Berikut beberapa daftar kuliner khas Sumatera yang bisa Anda coba.


Hasil gambar untuk rendang
sumber : resepkoki.id

Rendang


Rendang bukan lagi nama yang asing sebagai salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera. Sejauh ini masakan rendang sudah banyak dijumpai di berbagai wilaha Indonesia. Bahkan, menu ini masuk dalam Word’s 50 Most Delicious di urutan pertama. Olahan rendang berasal dari bahan utama daging sapi.

Dalam pengolahannya, daging sapi di campur dengan berbagai rempah. Mulai dari bumbu cabe, bawang mewah, bawang pitih, kunyit, serai, lengkuas dan lain sebagainya. Yang membuat rasanya kian lezat adalah tambahan santan ketika memasak rendang tersebut. Mengenai bahan bakarnya, sebenarnya bahan daging sapi ini bisa juga di ganti alternatif lain berupa paru sapi.

Hasil gambar untuk tekwan
sumber : sajiansedap.grid.id

Tekwan


Tekwan adalah salah satu makanan khas Sumatera yang berasal dari Palembang. Menu kuliner Nusantara ini merupakan masalah sup yang memiliki citarasa luar biasa. Tentu saja dengan kelezatan khas Sumatera dan kuah yang terasa begitu segar. Dalam sup ini terdapat juga campuran daging ikan, jamur, soun serta irisan bengkuang. Tekwan sendiri memiliki kepanjangan “berkotek samo kawan”.

Hasil gambar untuk mie aceh
sumber : selerasa.com

Mie Aceh


Tanpa merasakan mie celor terlebih dahulu, perjalanan Anda ke Sumatera tentu belum lengkap. Mie ini merupakan salah satu menu masakan yang berbahan utama mie berukuran besar. Kemudian mie ini dicampur dengan berbagai resep bumbu lengkap dengan rempah-rempahnya. Jika Anda mengetahui tentang mie Aceh, maka menu ini bisa dikatakan sebagai saudara jauhnya.

Mie celor hanya ada di daerah Sumatera Selatan. Paling banyak ditemukan di daerah Palembang. Biasanya menu ini dijadikan santapan ketika sarapan. Dalam penyajiannya, Anda akan menemukan kuah santan dengan kaldu ebi. Selain itu, versi lengkap dari kuliner yang satu ini disertai dengan telur, udang, kucai dan tauge.

Hasil gambar untuk sate padang
sumber : pergikuliner.com

Sate Padang


Sate padang merupakan salah satu menu yang juga begitu populer dari Sumatera Utara. Bahan pembuatan sate padang sendiri menggunakan olahan daging dan lidah sapi. Beberapa bahan jeroan bisa juga masuk daftar yang disertakan sebagai bahan dasar. Untuk bumbunya merupakan daftar rempah-rempah pada umumnya yang akan membuat rasa sate ini kian nikmat.

Salah satu yang menarik dari olahan sate ini adalah, bumbu berupa rempah tersebut di masak dengan kaldu sapi. Untuk menambahkan tekstur kentalnya, maka bumbu dicampuri tepung beras. Dengan aroma serai dan kunyit dari bumbu ini begitu menyeruak. Rasanya yang gurih ditambah sajian ketupat bersamanya akan membuat kuliner sate padang semakin lengkap.

Hasil gambar untuk bika ambon"
sumber : pinterest.com

Bika Ambon


Di Sumatera Anda juga bisa menikmati kelezatan bika Ambon. Makanan ini berupa sebuah kue yang bahan-bahannya difermentasi menggunakan air nira. Air inilah yang menjadikannya begitu khas dan memiliki rasa yag lezat. Pembuatan bika ini bisa dikatakan cukup sulit. Bika baru bisa mengembang sempurna jika dicampur dengan telur ayam yang baru menetas serta santan kepala dari pinggir pantai.

Sedang ada di wilayah Sumatera? Pastikan Anda menikmati salah satu sajian kuliner di atas sehingga perjalanan Anda pun tidak rugi. Beberapa menu masakan ini bisa juga Anda temukan di berbagai wilayah di seluruh penjuru Nusantara. Namun ini tidak berlaku untuk menu yang belum banyak di kembangkan di luar daerah.

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^