Manfaat Permainan Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak Usia Dini



Permainan Mewarna dan Menggambar Bagi Anak Usia Dini
sumber : tube.id




Manfaat Permainan Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak Usia Dini


Pada usia 0-5 tahun, anak berada pada tahap golden age (masa emas). Masa ini merupakan masa dimana pertumbuhan berkembang sangat baik. Karena hal tersebut, hendaknya orang tua mengarahkan anak agar melakukan kegiatan-kegiatan positif.


Melalui berbagai kegiatan positif setidaknya perkembangan anak akan terarah dengan baik. Pada masa golden age ini juga anak akan lebih mudah menyerap apa yang diajarkan oleh orang tua atau orang-orang di lingkungannya. Salah satu kegiatan positif tersebut yaitu melakukan permainan menggambar dan mewarnai. Menggambar dan mewarnai ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

Melatih Menggenggam

Dengan menggambar dan mewarnai anak akan terlatih dalam menggenggam, baik menggenggam pensil maupun benda lain. Hal ini akan sangat berpengaruh pada proses belajar anak  ketika sekolah nanti. 
Karena kebiasaannya menggenggam pensil ataupun pensil warna pada saat menggambar dan mewarnai, ketika anak diharuskan untuk menulis, ia akan tahu bagaimana cara menggenggam pensil dengan baik dan benar.  Namun hal tersebut tergantung dari bagaimana cara Anda mengarahkan anak Anda dalam menggenggam pensil ketika menggambar ataupun mewarnai.

Mengenal Warna

Pada kegiatan permainan menggambar dan mewarnai, secara tidak langsung anak akan belajar tentang warna, baik dari jenisnya maupun kegunaannya. 

Melatih Kesabaran

Dalam menggambar dan mewarnai, anak dituntut teliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dari ketilitian tersebut, anak juga diharuskan untuk bersabar dalam menyelesaikan tugasnya. Orang tua juga harus menyadarkan anak, bahwa untuk menciptakan sesuatu yang indah itu tidaklah mudah.

Mengasah Sistem Motorik

Sistem motorik anak khususnya tangan, dapat bekerja dengan baik ketika menggambar dan mewarnai. Melalui aktivitas ini, otot tangan anak akan bekerja dan terlatih untuk melakukan beberapa kegiatan yang membutuhkan tenaga yang cukup besar. Ia juga tidak akan kaku dan mudah lelah ketika ia melakukan kegiatan yang menggunakan tangannya.

Melatih Kreatifitas dan Daya Imajinasi

Pada permainan menggambar dan mewarnai, anak hendaknya diberikan kebebasan untuk menggambar apapun yang dia suka dan mewarnai sesuai warna yang ia inginkan.  Hal ini akan melatih kreatifitas dan imajinasi anak.

Sebagai Wadah Ekspresi Anak

Dari menggambar dan mewarnai, anak dapat mengekspresikan diri sesuai kemampuanya. Semakin dewasa pemikiran seorang anak, biasanya bentuk yang dihasilkan dari menggambarnya akan semakin teratur. Mereka juga akan menggambarkan beberapa bentuk sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini menjadi bentuk ekspresi anak dalam menunjukan kemampuan mereka. 

Melatih Membuat Target

Anak akan terlatih untuk membuat sekaligus menyelesaikan target dari proses menggambarnya.  Target yang harus mereka buat tersebut seperti gambar apa yang harus dibentuk, warna yang akan dipakai, waktu yang diperlukan, serta hasil yang diinginkan. Hal ini akan memberikan pengaruh yang baik karena akan menjadi suatu pembiasaan yang sebenarnya tidak bisa dilakukan oleh semua anak.

Mengenalkan Nilai Estetika

Permainan menggambar dan mewarnai merupakan suatu proses yang akan menghasilkan sebuah karya yang mengutamakan keindahan. Dengan menggambar dan mewarnai anak diajarkan 3 hal, yaitu arti keindahan, bagaimana cara menghasilkan keindahan, dan bagaimana mengapresiasinya.

Mengajarkan Batasan dari Garis Tepi

Pada setiap gambar yang dibentuk pasti memiliki garis batas/ tepi. Hal ini akan melatih anak agar ketika menggambar tidak melebihi batas tepi tersebut. Berikan pengertian pula pada anak, bahwa fungsi dari garis batas tersebut adalah agar gambar yang dihasilkan terlihat rapi. Atau Anda sebagai orang tua yang mendampingi anak ketika menggambar, bisa memberikan perumpamaan lain seperti ‘segala sesuatu ada batasnya dan tidak baik jika berlebihan’, agar anak lebih mengerti.


Itulan beberapa manfaat yang akan didapatkan anak dari permainan menggambar dan mewarnai. Semoga membantu.

6 komentar:

  1. Terima kasih kk. Saya baru tahu menggambar punya banyak manfaat pada anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah
      Semoga bermanfaat. Terima kasih ^^

      Hapus
  2. Salam kenal mba nova.Tulisannya bagus untuk menginspirasi ayah dan bunda sehingga sabar juga untuk melatih buah hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk persiapan bagi orangtua baru maupun yang sudah punya buah hati ya ^^

      Hapus
  3. Jadi pengen mengajari anakku seperti itu kelak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^