Atasi Penyebab Biang Keringat sampai Akarnya dengan Cara Ini!


Atasi Penyebab Biang Keringat sampai Akarnya dengan Cara Ini!

Atasi Penyebab Biang Keringat
halodoc.com


Pernahkah Anda mendapati ruam merah dan gatal di sekitar permukaan kulit yang rasanya menyengat dan perih ketika digaruk? Inilah yang disebut dengan biang keringat. Biang keringat tidak hanya muncul pada anak kecil saja, orang dewasa juga sering kali mengalaminya Apa saja penyebab biang keringat dan bagaimanakah cara untuk mengatasinya? Yuk simak info berikut ini.


Penyebab Biang Keringat yang Mengganggu

Biang keringat adalah suatu kondisi dimana Anda mengalami keringat berlebihan yaitu keluar lebih banyak dari biasanya namun kelenjar keringat mengalami penyumbatan. Hal ini menyebabkan keringat tidak bisa keluar dengan semestinya. Keringat yang terhambat ini menyebabkan iritasi dan memunculkan bintik atau ruam merah di permukaan tubuh.
Berikut ini adalah penyebab biang keringat pada anak ataupun orang dewasa, diantaranya  adalah :

1.        Cuaca Panas

Dalam kondisi panas yang terlalu ekstrim, tubuh akan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan sekitar dengan cara mengeluarkan keringat. Namun, karena satu dan lain hal, keringat tidak bisa keluar dan menyebabkan biang keringat. 

2.        Kepanasan

Kepanasan tidak selalu bersumber dari cuaca. Anda bisa saja merasakan kepanasan seperti mengenakan pakaian yang terlalu tebal atau berbahan yang tidak menyerap keringat, tidur dengan selimut yang tebal dan lain sebagainya. Kondisi ini juga dapat memicu banyaknya keluar keringat.

3.        Aktivitas Fisik

Pekerjaan di lapangan yang melelahkan biasanya juga menjadi penyebab keluarnya keringat dalam jumlah banyak. Selain itu, aktifitas fisik lainnya adalah olah raga. 

4.        Kelenjar Keringat Belum Berfungsi dan Berkembang dengan Baik

Kasus ini umumnya terjadi pada balita. Proses metabolisme yang tinggi membuat bayi harus mengeluarkan keringat cukup banyak. Anda mungkin saja melihat seorang bayi yang berkeringat dengan banyak padahal kondisi sekitar sedang sejuk atau dingin. Akan tetapi, kelenjar keringat bayi yang belum berkembang dengan maksimal menjadi salah satu alasan penyebab biang keringat.

Kelenjar keringat bayi masih belum berkembang dan berfungsi dengan sepenuhnya. Keringatnya masih diproduksi secara terbatas dan tidak memadai untuk mengimbangi proses metabolismenya. Inilah alasan mengapa keringat tidak bisa keluar dengan baik.


Tips Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat akan mengganggu sekali tidak hanya bagi bayi, namun bagi orang dewasa sekalipun. Oleh sebab itu, Anda harus mencari akar permasalahan penyebab biang keringat supaya bisa ditumpas dengan habis. Berikut ini adalah cara mengatasi biang keringan yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah :

1.        Menurunkan Suhu Ruangan

Langkah pertama adalah menciptakan kondisi ruangan yang tidak memicu munculnya biang keringat. Seperti telah disebutkan sebelumnya, keringat berlebih akan muncul dalam kondisi panas atau kepanasan. Oleh sebab itu, pakailah AC atau kipas angin untuk setidaknya menurunkan suhu ruangan dan menghilangkan kelembaban.

2.        Pilih Pakaian yang Menyerap Keringat

Pakaian menjadi faktor paling menentukan mengalirkan keringat keluar dari tubuh. Jika pakaian membungkus tubuh terlalu rapat atau tebal, keringat akan tertahan dan menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, gunakan pakaian yang jenis kainnya mampu menyerap keringat.

3.        Menjaga Permukaan Kulit supaya Tetap Kering

Jangan membiarkan permukaan kulit menjadi basah dan lembab. Hal ini akan memicu timbulnya biang keringat. Terutama pada lipatan paha bayi, pastikan untuk membuatnya kering dan terbebas dari cairan seperti keringat atau sisa buang air kecil.

4.        Gunakan Bedak, Losion atau Krim 

Jika biang keringat telanjur menyerang, gunakan bedak, lotion atau krim yang bisa untuk mengurangi rasa gatal dan menjaga kelembaban. 

Gatal karena biang keringat bisa diatasi jika Anda mengetahui penyebab biang keringat tersebut. Jangan membiarkan kulit tubuh yang terkena biang keringat karena jika Anda tidak segera mengatasinya, kulit akan terkena iritasi yang lebih parah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^