Para Ibu Muda, Yuk Intip Cek Usia Kehamilan Anda Dengan 5 Cara Ini




Para Ibu Muda, Yuk Intip Cek Usia Kehamilan Anda Dengan 5 Cara Ini

 
sumber : www.doktersehat.com

Bagi ibu muda atau Anda yang baru menikah, tentunya sangat menantikan kedatangan anggota baru dalam keluarga kecil Anda. Terlebih, penantian tersebut termasuk memakan waktu yang lama, sehingga sangat penting bagi Anda para ibu muda yang masih minim pengalaman, untuk mengetahui cara cek usia kehamilan bayi yang dikandung.

Mengapa harus mengetahui usia kehamilan secara detail?

Kehamilan adalah momen di mana ibu dan bayi di kandungan sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga sangat baik, jika Anda memperlakukan kandungan Anda dengan baik dan tepat. Nahm untuk mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan terhadap usia kandungan, berikut ulasannya:

Memberikan asupan gizi yang tepat dan memang sedang dibutuhkan oleh janin


Ketika Anda tahu usia kandungan Anda, itu artinya Anda siap untuk melakukan hal-hal yang memang sedang dibutuhkan oleh si janin. Misalnya, ketika usia kandungan mamsukin minggu-minggu pertama, hal yang harus Anda lakukan ialah, mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, agar nutrisi tersebut juga bisa masuk ke dalam tubuh janin.


Beraktifitas sesuai yang diperbolehkan


Di usia kandungan tertentu, biasaya seorang ibu harus memperhatikan betul kegiatan fisik yang sedang dijalani. Karena, janin yang masih kecil bisa rentan lemah karena Anda melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat, sehingga tak sedikit para ibu muda yang keguguran.

Maka dari itu, beraktivitaslah sesuai yang diperbolehkan, misalnya kurangi aktivitas gerak berlebih, yang menyebabkan guncangan keras pada perut Anda. Anda bisa kurangi aktivitas berat itu bisa terus Anda perhatikan hingga Anda memasuki waktu yang aman, yakni pada trisemester kedua dan ketiga.

Mengetahui hari perkiraan lahir (HPL)


Nah, kalau yang ini mungkin akan penting ketika Anda akan melahirkan nanti. Karena jika Anda tahu usia kandungan Anda sejak awal, Anda pun bisa memperkirakan kapan Anda akan lahir. Sehingga semua bisa Anda persiapkan semuanya sebelum waktu melahirkan.

Cara mengetahui usia kehamilan


Tidak semua perempuan hamil selalu rutin memeriksakan kandungan ke dokter atau ke bidan. Alasannya pun beragam, dari tidak memiliki waktu seperti wanita karir, hingga tidak memiliki biaya untuk periksa. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda sendiri bisa mengetahui usia kehamilan Anda sendiri tanpa harus cek ke dokter. Bagaimana caranya? Cek caranya berikut ini:

1. Menggunakan kalkulator kehamilan online


Hanya tingga mengunjungi browser online, Anda sudah bisa mulai menghitung usia kehamilan. Caranya, Anda hanya perlu masukan tanggal, bulan, dan hari pertama haid terakhir Anda (HPHT) dan juga siklus haid Anda. Setelah itu, tautan tersebut akan menghitung dan memberitahukan perhitungan usia kehamilan Anda.

2. Hitung Kalender (Rumus Naegele)


Untuk menghitung usia kehamilan dengan cara ini, sebelumnya Anda musti tahu dulu siklus haid Anda, karena cara ini hanya bisa gunakan bagi wanita yang memiliki siklus haid yang teratur seperti setiap 28 hari atau 30 hari. Dan Anda juga harus mengetahui hari pertama haid terakhir Anda atau HPHT.

Langkah selanjutnya, gunakan cara berikut ini:

Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)
Bulan HPHT dikurang 3 (-3)
Tahun HPHT (+1)
Contoh:

HPHT 16 Agustus 2017
Tanggal HPHT 16+7 = 23
Bulan HPHT 8-3 = 5
Tahun HPHT 2017+1 = 2018
Maka hari perkiraan lahir adalah 23 Mei 2018

Namun jika bulan HPHT tidak bisa dikurangi, seperti Januari (1-3=?) Maka cukup dengan bulan HPHT ditambah 9 tanpa tahun ditambah.

Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)
Bulan HPHT ditambah 9 (+9)
Tahun HPHT tetap
Contoh:

HPHT 20 Januari 2017
Tanggal HPHT 20+7=27
Bulan HPHT 1+9=10
Tahun HPHT 2017
Maka hari perkiraan lahir adalah 27 Oktober 2017

Lalu bagaimana dengan usia kandungan? Cukup dengan menambahkan HPHT Anda.Misal:

HPHT 16 Agustus 2017 maka bulan pertama kelahiran adalah 16 September 2017.

3. Sistem Fundus Uteri


Nah, untuk cara selanjutnya adalah melalui fundus. Sebelumnya, fundus memiliki arti puncak rahim, terlebih puncak rahim akan seiring meninggi pada perkembangan janin. Nah, cara ini bisa dibilang cara mengetahui usia kehamilan secara manual.

Caranya adalah dengan meraba puncak rahim yang terasa menonjol pada bagian perut. Selanjutnya hitung jarak dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Nah, jika jaraknya adalah 17 cm, maka usia kehamilan Anda adalah sudah menginjak 17 minggu.

4. Deteksi gerakan janin


- Anda hanya perlu merasakan gerakan janin Anda
- Jika Anda merasa bahwa janin sudah mulai bergerak maka diperkirakan usia kehamilannya adalah 18-20 minggu
- Hal ini hanya berlaku bagi wanita yang baru pertama kali hamil
- Bagi wanita yang sebelumnya sudah pernah, jika sudah bisa merasakan gerakan janin, maka usia kehamilan diperkirakan 16-18 minggu.

5. Rumus 4

Umur kehamilan {(Tanggal sekarang-HPHT) x (4 )}

Contoh:

Sekarang tanggal 22 September 2017 (22-8-2017)
HPHT 15 Juli 2017 (16-6-2017)
Maka,

(tanggal-tanggal), (bulan-bulan) x 4
(22-16) (8-6) x 47 hari 2 bulan x 4
Kemudian yang dikalikan hanya bulannya saja menjadi:
2 x 4(2 x 4)+(2 x )
8 + 0.7
8.7 minggu









Ditambahkan dengan 7 hari dalam minggu berarti 1 minggu. Maka usia kehamilan 9.7 minggu atau hampir 10 minggu

Perlu diketahui bahwa rumus ini tidak 100 persen akurat, namun bisa dijadikan patokan sebagai persiapan kelahiran nantinya.

Itulah cara menghitung usia kehamilan dan manfaatnya bagi para ibu muda. Untuk melihat cara lain yang lebih bervariasi, bisa Anda cek di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/intip-cara-cek-usia-kehamilan-di-sini/



Artikel ini merupakan guest posting dari Ulul Albab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^