Kamu Lulusan IT? Ini Beberapa Profesi yang Bisa Dijadikan Pilihan



Kamu Lulusan IT? Ini Beberapa Profesi yang Bisa Dijadikan Pilihan

Gambar terkait
sumber : red-creatives.com



Ketika kamu baru lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan bersiap untuk memilih jurusan kuliah, pasti kamu akan memiliki jurusan antara karena ketertarikan, maupun karena prospek pekerjaan yang bagus di masa depan. Namun, pasti ada pula diantara kita yang ketika memasuki Perguruan Tinggi, justru tidak memiliki gambaran apapun mengenai apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti.


Memang terkadang menjalani bangku perkuliahan akan menimbulkan dilema di dalam dirimu mengenai hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan sekaligus rencana jangka panjang mu di kemudian hari. Tetapi, mungkin dilema yang kamu alami akan berubah dengan sendirinya seiring dengan lulusnya kamu dari bangku perkuliahan dan mendapatkan gelar sarjana.

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa jurusan kuliah tidak menjamin pekerjaan mu masa depan, namun sedikit lebih banyak sebagian ilmu-ilmu yang didapatkan melalui bangku perkuliahan memang berpengaruh terhadap profesi, ditambah lagi bila jurusan yang dipilih mengajarkan ilmu-ilmu yang tidak umum dan tidak akan didapatkan melalui jurusan perkuliahan lainnya, seperti ilmu untuk profesi jurusan IT.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, dapat dipastikan bahwa IT akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap berbagai bidang yang ada di dunia ini. Seluruh aplikasi-aplikasi yang membantu kehidupan kita sehari-hari seperti Google yang memberikanmu berbagai informasi yang kamu butuhkan mengenai dunia, Go-jek dan Grab yang membantumu dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, Whatsapp dan aneka platform lainnya yang bisa membantumu dalam berkomunikasi dan menjalin relasi, hingga hadirnya e-commerce yang memudahkanmu dalam berbelanja dan memenuhi berbagai kebutuhan, seluruhnya berakar pada ilmu IT.

Dikarenakan hal itulah yang menjadi penyebab mengapa prospek profesi dari jurusan IT sangatlah menjanjikan dan sangat dibutuhkan oleh seluruh perusahaan. Bukan hanya itu saja. Bahkan ada beberapa perusahaan yang rela memberikan gaji hingga puluhan juta kepada lulusan IT yang bekerja di perusahaan mereka lho.

Nah, jika saat ini kamu sedang menempuh pendidikan di jurusan IT dan tengah mengalami dilema mengenai profesi apa yang akan kamu coba setelah lulus nanti, yuk kita simak beberapa profesi lulusan jurusan IT berikut ini.



 1. Programmer

Tanpa programmer, sebuah software aplikasi tidak akan pernah bisa tercipta. Profesi programmer bahkan digadang-gadang sebagai tulang punggung dibalik software development yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Cakupan dari programmer itu sendiri sangatlah luas.

Kamu bisa menjadi programmer di perusahaan dengan berbagai bidang, mulai dari instansi pemerintahan, media, pertelevisian, perbankan, hingga di bisnis. Dapat dipastikan seluruh bidang yang ada saat ini akan selalu membutuhkan orang-orang bertalenta dari jurusan IT.

sumber : fifteendesign.uk


 2. Web Developer

Sesuai dengan namanya, web developer berarti bertugas sebagai orang yang mengembangkan sebuah situs dari nol. Sebagai seorang web developer, kamu setidaknya harus menguasai istilah-istilah pemrograman seperti Java, PHP, NET, atau Python. Ketika sebuah perusahaan memiliki situs yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum, maka situs tersebut akan sepenuhnya dikelola oleh sang web developer.

3. UI / UX Designer

Ketika kamu mengunjungi suatu situs digital untuk memesan tiket perjalanan atau apapun itu, kamu pasti akan beberapa halaman terlebih dahulu hingga transaksi yang kamu lakukan telah dinyatakan berhasil. Semua komponen-komponen tersebut termasuk ke dalam UI (User Interface).

Tugas dari UI designer adalah mendesain halaman-halaman situs yang mempermudah pengunjung untuk mencari informasi maupun melakukan transaksi yang terdapat di dalam halaman situs agar tidak kebingungan. Nah, sebelum para UI designer mulai bekerja, mereka biasanya akan bekerja bersama UX designer untuk merancang alur dan proses dari berjalannya suatu situs.

Berdasarkan ulasan dari beberapa profesi jurusan IT yang barus saja dibahas saja kita sudah bisa mengetahui bahwa lulusan dari jurusan IT itu memang memiliki jenjang karir dan masa depan yang cukup terjamin. Ditambah lagi bahwa perkembangan digital semakin berkembang dari waktu ke waktu yang membuat bidang IT itu sendiri tidak akan pernah mati dan akan selalu dibutuhkan oleh berbagai bidang perusahaan yang ada.

Selain ketiga profesi yang telah disebutkan, masih banyak lagi lho jenis-jenis profesi untuk para lulusan jurusan IT. Penasaran? Baca dulu informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/ dan tentukanlah passion mu yang sesungguhnya.




Artikel ini merupakan guest posting dari Ulul Albab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^