Cara Aman Menyimpan ASI Dengan Tips Berikut


Cara Aman Menyimpan ASI Dengan Tips Berikut
sumber : www.alodokter.com

Susu ASI menjadi salah satu sumber asupan nutrisi yang sangat penting untuk anak bayi. Dengan mengonsumsi susu ASI ini, maka tumbuh kembang anak bisa selalu terjaga. Tetapi ada kalanya sang bunda men-stock susu ASI dan harus menyimpannya. Tetapi memang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa tips simpan susu asi bayi dengan aman. Kita semua lebih baik tahu cara tepat menyimpan air susu asi satu ini, kalau ingin menyimpan susu asi dan ingin digunakan lagi. Memang ada banyak tips simpan susu asi bayi dengan aman. Terdapat salah satu cara menyimpan asi yaitu seperti dengan menyimpan air susu ASI ibu di tempat yang bahannya beling atau paling tidak plastik dengan memakai tutup yang mampu kedap udara. 




Anda bisa menggunakan botol susu yang tutupnya bisa benar-benar rapat untuk penyimpanan air susu ASI ibu. Anda juga bisa menggunakan kantong khusus air susu ASI ibu yang sudah banyak produknya sekarang ini. Jangan sampai Anda menggunakan kantong air susu ASI ibu yang bukan merupakan kantong khusus untuk penyimpanan air susu ASI ibu. Hal tersebut dikarenakan bisa saja kantong tersebut bisa pecah pada saat dibekukan dalam freezer. 
Tips lainnya yaitu membersihkan tempat botol penyimpanan air susu ASI ibu. Selain memperhatikan jenis tempat penyimpanan air susu ASI ibu, Anda juga harus membersihkan tempat menyimpan air susu ASI ibu tersebut. Anda bisa membersihkan botol ataupun wadah air susu ASI ibu dengan menggunakan air hangat serta sabun. Lalu bilas sampai benar-benar bersih tempat penyimpanan air susu ASI ibu tersebut dengan menggunakan air hangat. Jika perlu, Anda bisa menggunakan alat sterilisasi tempat air susu ASI ibu yang sudah banyak sekarang ini. 
Anda juga bisa mensterilisasi dengan cara merebust tempat penyimpanan air susu ASI ibu seperti halnya saat mempersiapkan botol untuk susu yang biasa. Setelah itu, Anda bisa membiarkan tempat penyimpanan air susu ASI ibu kering sendiri secara alami. Selain dari yang di atas, memang masih terdapat tips simpan susu asi bayi dengan aman lainnya. Disamping itu, Anda harus berhati-hati pada saat merebus tempat air susu ASI ibu yang berbahan plastik, hal tersebut dikarenakan hanya tempat berbahan plastik yang berlabel BPA-free saja yang aman jika terkena panas. Sekarang ini juga sudah banyak botol penyimpanan air susu ASI ibu BPA free yang ada di pasaran. 
Tetapi lebih baik Anda jangan sampai berpatok pada kisaran harganya saja. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa produk botol penyimpanan air susu ASI ibu BPA free yang kurang berkualitas. Anda bisa memanfaatkan cara tepat menyimpan air susu asi di atas jika ingin menyimpan susu asi dan ingin digunakan lagi. Itu saja ulasan sederhana mengenai tips simpan susu asi bayi dengan aman kali ini. Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa cara tepat menyimpan air susu asi. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat tips simpan susu asi bayi dengan aman ini pada saat ingin menyimpan susu asi dan ingin digunakan lagi. Semoga artikel mengenai cara tepat menyimpan air susu asi ini bisa membantu Anda semua.
Susu ASI tentunya harus Anda simpan dengan baik-baik, hal ini dirasa sangat penting agar kualitas susu ASI tersebut selalu terjaga. Apalagi susu ASI sangat penting untuk kebutuhan tumbuh kembang anak.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih mbak Eni. Semoga bermanfaat ^^

      Hapus
  2. aku sudah pensiun pake botol ASIP mba sekarang beralih ke kantong ASIP alasanna sudah ga kuat cucinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting si kecil nggak rewel ya mbak Herva ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^