Kenali Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya


Kenali Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Penyebab Biang Keringat
sumber : www.halodoc.com


Saat cuaca sangat panas dan menjadi lembab, bagian permukaan kulit sering kali mengalami ruam berwarna kemerahan. Keadaan seperti ini dikenal dengan biang keringat atau miliaria. Semua ini terjadi akibat keringat berlebih yang tertahan di bawah kulit atau bagian kulit tersebut terkena gesekan yang merupakan beberapa penyebab biang keringat.


Biang keringat yang muncul biasanya berupa bintik-bintik mirip jerawat kecil. Biasanya anak kecil yang mengalami masalah. Tapi tidak sedikit orang dewasa yang mengalaminya. Anak-anak dan orang dewasa mengalami biang keringat di bagian tubuh yang berbeda.

Pada anak-anak bagian yang sering mengalami biang keringat adalah di daerah lipatan tubuh seperti leher, ketiak, selangkangan dan siku. Sedangkan biang keringat yang terjadi pada orang dewasa lebih sering pada permukaan kulit yang bergesekkan lama dengan pakaian. Adapun penyebab biang keringat lainnya adalah sebagai berikut.

Saluran Keringat yang Tersumbat

Pada anak-anak yang saluran kelenjar keringatnya belum berkembang dan sangat aktif bergerak, kemungkinan salurannya tersumbat sangatlah tinggi. Keringat yang tertahan di bawah kulit akan membuat badan menjadi lembab. Apalagi jika hal ini terjadi pada bayi yang sedang berada dalam perawatan inkubator. Kemungkinan miliaria semakin tinggi.

Iklim yang Tropis

Iklim tropis menjadi salah satu penyebab biang keringat bisa diderita oleh seseorang. Sebagai negara yang terletak di daerah tropis, cuaca di Indonesia cenderung panas dan lembab. Saat melakukan kegiatan sehari-hari pun keringat yang dihasilkan bisa sangat banyak. Apalagi saat musim kemarau, orang-orang yang memiliki kulit sensitif akan sangat mudah mengalaminya.

Kepanasan

Sekali pun cuaca di sekitar tidak terlalu panas tetapi badan dibalut dengan pakaian atau selimut yang sangat tebal, biang keringat bisa saja terjadi. Badan yang mengalami suhu tinggi menghasilkan keringat yang tinggi pula. Ditambah pergesekkan yang terjadi antara kulit dan pakaian tebal. Kemungkinan biang keringat terjadi sangat besar.

Aktivitas Fisik

Untuk seseorang yang melakukan aktivitas fisik tinggi, kemungkinan mengalami biang keringat pun sangat tinggi. Misalnya saja orang-orang yang bergelut di bidang olahraga. Atau para pekerja yang mengandalkan kekuatan fisik seperti kuli bagunan. Mau tidak mau kegiatan seperti ini menjadi penyebab biang keringat pada sebagian besar orang dewasa.

Bed Rest Terlalu Lama

Orang yang sakit dan harus berbaring lama di atas tempat tidur memiliki kemungkinan mengalami biang keringat juga. Keringat yang keluar dari tubuhnya tertahan di satu tempat. Ditambah pergesekkan yang terjadi berulang-ulang di tempat yang sama.
Biang keringat umumnya tidak memerlukan pertolongan medis. Ruam ini akan menghilang sendirinya seiring waktu. Demi kenyamanan sendiri, untuk mengatasi penyebab biang keringat di atas, lakukan hal-hal berikut di rumah.

Hindari Panas Berlebih

Saat mengalami biang keringat usahakan untuk menghindari tempat yang terpapar panas tinggi. Cari tempat yang lebih teduh atau tempat yang memiliki suasana lebih dingin. Untuk menanggulangi pengeluaran keringat berlebih, minumlah air putih sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi.

Gunakan Pakaian Longgar


Seperti telah disebutkan sebelumnya, pakaian yang terlalu rapat ke tubuh bisa menjadi penyebab biang keringat. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah pakaian yang lebih longgar. Hal ini berguna untuk menghindari pergesekan dan memberikan udara pada kulit. Hindari pemakaian pakaian berbahan poliester yang memilki daya serap panas tinggi.

Jaga Kulit Tetap Dingin

Karena biang keringat terjadi oleh panas, menjaga kulit tetap dingin adalah salah satu cara mengatasinya. Bisa dengan cara berdiam diri di tempat sejuk, di ruangan ber-AC, berendam atau pun mandi.

Gunakan sabun Lifebuoy untuk memberikan kesegaran dan kelembutan pada kulit setiap hari. Mandi dengan menggunakan air dingin dan sabun anti bakteri ini akan membuatmu terhindar dan terjaga dari segala penyebab biang keringat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^