Ingin Tahu Resep Nastar Original Beserta Cara Membuatnya? Yuk, kita Kepoin


Ingin Tahu Resep Nastar Original Beserta Cara Membuatnya? Yuk, kita Kepoin


pic by selera.com

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa nastar merupakan salah satu jenis kue yang selalu tersaji saat hari raya lebaran tiba. Itu sebabnya, mengapa kue yang satu ini selalu diidentikan dengan datangnya hari Raya Idul Fitri. Selain hari lebaran, kue nastar juga kerap kita jumpai saat perayaan hari besar lainnya seperti natal, tahun baru, hingga imlek. Dengan demikian, maka tak heran juga jika penjualan kue nastar ini selalu mengalami peningkatan drastis menjelang perayaan hari-hari besar tiba.


Menurut catatan sejarah, istilah kue nastar itu berasal dari bahasa Belanda yakni “ananas taart” yang kemudian disingkat menjadi nastar. Resep kue nastar tersebut terdiri dari tepung terigu, mentega, dan gula pasir, yang adonannya dibuat dengan bentuk bulat-bulat kecil. Pada umumnya, bagian atas kue nastar akan diberi potongan buah kismis atau cengkih. Pada awalnya kue nastar ini terinspirasi dari pembuatan pie khas Eropa, yang diisi dengan berbagai jenis selai seperti strowberi, apel, atau blueberry. Dikarenakan bahan isian tersebut sulit dijumpai di Indonesia, maka masyarakat menggantinya dengan selai nanas. Selain dapat memberikan rasa manis, selai nanas tersebut juga dapat memberikan rasa asam sehingga citarasanya lebih menarik lagi. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tentang cara membuat kue nastar, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

* Resep Kue Nastar *
Bahan-bahan Utama :
- 150 g margarine
- 100 g butter
- 450 gram
- 50 g susu bubuk
- 1 sdt garam
- 100 g gula pasir halus
- 2 butir telur (putih telurnya saja)
- 1 sdm tepung maizena

Bahan-bahan Selai :
- 2 buah nanas
- 150 g gula pasir
- 3 butir cengkeh
- 2 potong kayu manis
- ½ sdt garam
Bahan Olesan :
- Kuning telur
- 1 sdm susu kental manis putih

Cara Membuat :
*   Siapkan wadah lalu masukkan margarine, butter, dan gula halus, lalu aduk dengan menggunakan wiskh hingga warnanya menjadi putih. Selanjutnya masukkan telur, aduk kembali hingga rata, kemudian masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan maizena dan susu, sambil diayak dan diaduk-aduk lagi.
*   Untuk membuat selai nanasnya, kupas buah nanas dan bersihkan, kemudian parut sampai lembut. Jika sudah diparut, masukkan nanas tersebut kedalam wajan, masak sampai kadar airnya menyusut, kemudian masukan kayu manis dan cengkeh kedalamnya.
*   Jika sudah agak menyusut, silahkan masukkan gula pasir sambil di aduk-aduk terus, kemudian beri sedikit garam dan tunggu hingga kering. Dalam hal ini, anda harus terus mengaduk-aduk adonan selai nanasnya agar tidak gosong!
*  Jika selai nanasnya sudah matang, matikan api kompornya dan tunggu hingga dingin.
*   Ambil sedikit adonan, taruh pada telapak tangan, gepengkan, isi dengan selai nanas di bagian tengahnya, lalu bulatkan. Lakukan cara tersebut secara berulang hingga adonannya habis.
*   Panaskan oven, olesi loyangnya dengan menggunakan margarine, kemudian masukkan adonan selama 15 menit. Keluarkan adonan sebentar sambil diolesi dengan campuran kuning telur dengan susu, beri potongan kismis atau cengkeh, lalu panggang lagi kedalam oven sampai matang.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Demikianlah ulasan singkat mengenai resep dan cara membuat kue nastar.


1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^