Yuk, Atasi Bau Mulut Saat Puasa


Yuk, Atasi Bau Mulut Saat Puasa

pic by google


Masalah bau mulut menjadi masalah yang penting, tidak hanya saat kita menjalankan ibadah puasa, tetapi juga dalam kehidupan sehari-sehari. Mengalami bau mulut bisa mengurangi rasa percaya diri, bisa mengurangi kenyamanan berkomunikasi dengan orang lain, bahkan menjadi salah satu terhambatnya kesuksesan seaeorang.


Dari situs www.alodokter.com disebutkan bahwa bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebab bau mulut diantaranya : Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.

Selain kondisi Xerostomia, beberapa penyebab bau mulut antara lain adanya gangguan saluran pencernaan, sinusitis, diabetes, ganggan hati, infeksi saluran pernapasan, kebiasaaan merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga tubuh kekurangan karbohidrat.

Menjalani ibadah di bulan suci Ramadan dengan lancar tanpa hambatan apapun termasuk menghilangkan bau mulut, tentu merupakan harapan semua orang. Meskipun Anda merasa telah menggosok gigi tetapi masih merasa mulut terasa bau, tentu ada perlakuan kurang pas untuk mengatasi hal tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa antara lain :
  1. Perbanyak mengonsumsi air putih

Penuhi kebutuhan akan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas saat berbuka puasa hingga sahur. Kondisi mulut yang kering bisa menyebabkan bau mulut.
Minum air yang cukup dapat membuat mulut menghasilkan air liur, yang berfungsi untuk menjaga mulut tetap bersih.

  1. Hindari mengonsumsi bawang putih atau bawang bombai

Bawang putih dan bawang bombai mengeluarkan bau yang menyengat. Hindari mengonsumsi kedua bahan ini, agar mulut tidak bau selama Anda menjalankan ibadah puasa.

  1. Tetap rajin sikat gigi

Sikat gigi saat buka puasa tiba, sebelum tidur hingga setelah sahur penting dilakukan, untuk menghindari menumpuknya bakteri penyebab bau mulut.

  1. Konsumsi makanan sehat

Tidak hanya menu utama yang perlu diperhatikan sehat atau tidaknya, selama menjalankan ibadah puasa, camilan juga perlu dipilih yang sehat, misalnya buah yang mengandung cukup air untuk membantu membersihkan mulut.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. Semoga bermanfaat.


#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day10
#MenghilangkanBauMulut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^