Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil


Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil


Si kecil sudah waktunya berpuasa? Wah … tentu merupakan suatu kebanggaan dong ya. Melihat si kecil sudah mau dan berniat untuk ikut menjalankan ibadah di bulan suci saja, kita pasti sudah sangat bersyukur.





Tetapi, ada kalanya kita temui, tidak semua anak kecil mau berpuasa. Seringkali mereka beralasan tidak bisa menahan rasa lapar, atau haus, bahkan beranggapan bahwa tidak ada kewajiban bagi anak kecil, untuk menjalankan perintah Allah SWT di bulan suci seperti saat ini.

Sebagai orangtua, tentu kita tidak boleh memaksakan kehendak begitu saja. Meskipun tidak ada kewajiban menjalankan ibadah pusa bagi anak kecil, tetu tidak ada salahnya kita memberikan pemahaman kepada mereka, tentang makna menjalankan ibadah puasa.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melatih anak agar mau belajar berpuasa antara lain :
  1. Memberikan pengertian tentang makna puasa

Beri pengertian secara perlahan tentang makna puasa pada si kecil, bahwa ibadah yang satu ini merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Sampikan juga bahwa puasa tidak hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu, misalnya tidak boleh marah atau berkata kasar.
  1. Jangan memaksakan kehendak

Kewajiban untuk berpuasa memang tidak berlaku juga bagi anak kecil yang memang belum benar-benar bisa menjalani. Sebagai orangtua, kita tidak boleh memaksakan kehendak. Biarkan saja si kecil berlatih puasa, dan berbuka semampunya.
  1. Ajak untuk sahur dan berbuka

Saat sahur tiba, biasanya si kecil memang sulit untuk terbangun. Malam sebelumnya, pastikan si kecil tidak tidur terlalu larut hingga bisa ikut sahur.
  1. Memberi kegiatan positif

Agar puasa tidak membosankan dan memberi semangat bagi si kecil, berikan dia kegiatan positif, diluar menjalani kegiatan sekolah. Saat weekend, ajak dia untuk tetap aktif, misalnya dengan menggambar, bercerita dan sebagainya.
  1. Ciptakan lingkungan yang kondusif

Mengajak anak untuk ikut berpuasa, tentu kita juga harus memberi contoh yang baik, dengan melakukan amalan-amalan selama berpuasa, misalnya dengan bertadarus AlQuran, salat tarawih, juga banyak bersedekah.
  1. Berikan hadiah atau penghargaan

Anak kecil tentu senang dengan berbagai pemberian. Sampaikan padanya, bahwa Anda akan memberikan hadiah bila si kecil lancar dalam berpuasa.

Itulah bebrepa hal yang dapat kita lalkukan sebagai tips untuk melatih anak berpuasa. Semoga bermanfaat.

#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day21
#TipsBerpuasaUntukAnakKecil


2 komentar:

  1. Memberi hadiah trik paling manjur mba..hehe hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak pasti suka diberi hadiah ya mbak Denik hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^