Tips Agar Jerawat Tidak Betah di Wajah


Tips Agar Jerawat Tidak Betah di Wajah

 
pic by google

Salah satu hal di dunia ini yang bikin bete, kesel, gemes dan sebel adalah : jerawat! Yaelah segitunya ya. Buatku sih iya. Karena pernah pengalaman bertahun-tahun si dia ini betah banget nempel di wajahku, terutama saat masih remaja (lebih dari 20 tahun yang lalu #nggak ada yang nanya).


Jerawat ini pergi juga dengan berat hati, lho. Gimana nggak dibilang berat hati. Setelah diberi obat penghilang beragam rupa, bentuk dan jenis, dari mulai medis hingga pengobatan alami, baru deh pelan-pelan dia mau pergi. Tapi … yang bikin sebel adalah : dia meninggalkan bekas luka dihati kayak mantan #ups. Becanda kok. Memang sih, semua akan pergi pada waktunya (ehem), seperti jerawat membandel ini. Setelah menikah, aku nyaris tidak pernah berjerawat lagi.

Dari situs www.mklikdokter.com disebutkan bahwa jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini biasa terdapat di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada dan punggung.

Sebenarnya, jerawat bukan penyakit yang berbahaya kok dan biasa terjadi pada siapapun. Hanya saja, jerawat dapat meninggalkan bekas-bekas luka di hati #eh (acne scar) yaitu jaringan parut akibat penyembuhan jerawat yang tidak sempurna. Hal ini seringkali membuat seseorang tidak percaya diri akan penampilan, contohnya aku. Hingga sekarang, bekas jerawat (bopeng) masih ada, lho. Bikin sebel deh.

Tapi, aku tidak boleh dong ya, menyalahkan jerawat melulu. Salahku juga, saat remaja, gemar sekali memencet jerawat. Habis gatal sih, dan tangan yang usilpun, gemar sekali mendarat di pipi, untuk pencet sana-sini itu jerawat. Tanpa menyadari, bahwa perbuatan terkutuk itu ternyata membuat penyesalan seumur hidup, yaitu wajah bopeng, tidak mulus dan membuatku minder. Meskipun sekarang rasa percaya diri itu mulai tumbuh karena sudah ‘laku’, tetap saja masih ada rasa kurang nyaman.

Pengalaman memang guru terbaik. Setelah menyadari bahwa jerawat merupakan bagian dari hidupku (halah), boleh dong sekadar berbagi pada teman-teman agar si jerawat ini tidak betah atau nongol di wajah terus, tidak mau pergi. Ini nih cara menghilangkan jerawat :
  1. Rajin membersihkan wajah
  2. Banyak minum air putih
  3. Banyak konsumsi buah dan sayur
  4. Hindari stress
  5. Pilih kosmetik yang aman, halal, baik dan cocok dengan jenis kulit
  6. Hindari memencet dan memegang jerawat terlalu sering, karena hal ini dapat merangsang jerawat bertambah banyak
  7. Kurangi pemakaian make up yang berlebihan

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan jerawat ala aku, ya teman-teman. Semoga bermanfaat.


#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day8
#CaraMenghilangkanJerawat

4 komentar:

  1. Aku masih seneng pegang jerawat, apalagi pas lagi sakit-sakitnya 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kapok mbak Kiky, pegang-pegang jerawat. Bisa radang, lama sembuhnya. Hiks.

      Hapus
  2. Masuk, makasih tipsnya Bun.. 😍😍

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^