Sudahkah Menyiapkan Dana untuk Zakat, Infaq dan Shodaqoh?

Sudahkah Menyiapkan Dana untuk Zakat, Infaq dan Shodaqoh?


Bersedekah itu hukumnya wajib bagi setiap muslim di dunia. Apalagi di bulan suci Ramadan seperti saat ini. Setiap kebaikan yang kita lakukan termasuk bersedekah, Allah akan melipatgandakan pahala bagi kita. Tentu aja bila hal-hal tersebut dilakukan dengan penuh keikhlasan, ya.


Khusus untuk bulan Ramadan, diperintahkan bagi setiap umat muslim di dunia untuk memberikan zakat dengan besaran yang telah ditentukan. Zakat (dari Bahasa Arab : Zakah) dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya). Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’ (Wikipedia.co.id).

Peramban https://zakat.or.id menjelaskan, bahwa zakat dari segi bahasa mengandung makna, yaitu :

Pertama, zakat bermakna At-Thohoru, yang artinya membersihkan atau menyucikan. Bagi setiap orang yang menunaikan zakat karena Allah, akan dibersihkan dan disucikan baik harta dan jiwanya.

Kedua, zakat bermakna Al-Barakatu, yang artinya berkah. Maksud dari pengertian tersebut, harta yang dizakati akan selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT, kemudian keberkahan harta tersebut akan berdampak kepada keberkahan hidup.

Ketiga, zakat bermakna An-Numuw, yang artinya tumbuh dan berkembang. Makna ini menegaskan bahwa orang yang selalu menunaikan zakat, hartanya akan selalu terus tumbuh dan berkembang (insya Allah).

Keempat, zakat bermakna As-Sholahu, yang artinya beres atau kebereesan. Penjelasannya adalah bahwa orang yang selalu nmenuaikan zakat, maka hartanya selalu beres dan jauh dari masalah.

pic by pixabay

Infaq adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/ penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam.

Shodaqoh atau sedekah (Bahasa Arab : sadaqah) adalah pemberian seorang muslim pemberian seorang muslim kepada orang lain, secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Perbedaan antara zakat, infaq dan shodaqoh antara lain, bahwa zakat telah ditentukan waktu dan jumlahnya diterimakan pada 8 asnaf atau penerima zakat, infaq bisa dilakukan kapan saja dan berupa materi (uang), sedangkan shodaqoh atau sedekah tidak hanya mengeluarkan atau menyumbangkan harta (uang), tetapi juga dalam bentuk non materi.

Banyak dalil yang menjeleskan keutamaan untuk bersedekah, yang mendorong kita untuk memberi dan menderma, diantaranya :

Perumpamaan (nafkah) yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurniaNya) lagi Maha Mengetahui. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengingat apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya, dan dengan tidak menyakiti (perasaan) si penerima, mereka memperoleh pahala di sisi Rabb mereka. Tidak ada kekawatiran terhadap mereka dan tidak ada (pula) mereka bersedih hati (Al-Baqarah : 261-262).

pic by pixabay


Bersedekah merupakan salah satu cara meraih rahmat dariNya. Bulan suci Ramadan menjadi salah satu kesempatan bagi kita untuk meraihnya. Banyak keberkahan akan kita dapatkan, bila kita mau berbagi kebaikan pada siapapun, juga melaksanakan kewajiban-kewajiban sesuai aturan agama, termasuk menunaikan zakat.

Nah, apakah teman-teman sudah menyiapkan dana untuk zakat, juga menyisihkan sebagian rezeki untuk infaq dan shodaqoh? Yuk, kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Jangan kawaitr harta yang dipunya akan habis hanya karena sedekah ya. Allah SWT akan menggantinya dengan yang lebih baik kok. Insya Allah ^^

#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day16
#ZakatInfaqShodaqoh

6 komentar:

  1. Terima kasih infonya mbak, jadi lebih paham perbedaan infaq dan shodaqoh nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah postingan ini bermanfaat. Semoga sudah menunaikan zakat, berinfaq dan bersedekah ya ^^

      Hapus
  2. alhamdulillah sudah mbak Nodiwa :)

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat dan menjadi amal salih buat mbak Denik. Aamiin ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^