Serunya Tradisi Lebaran di Indonesia


Serunya Tradisi Lebaran di Indonesia



Hari kemenangan akan segera tiba. Banyak umat muslim di seluruh dunia melakukan berbagai persiapan menyambut hari nan fitri, tidak terkecuali yang dilakukan masyarakat Indonesia.


Ragam budaya mencerminkan kekayaan bangsa yang terkenal dengan ribuan pulaunya ini. Banyak tradisi lebaran yang dilakukan oleh umat muslim di berbagai daerah, dengan beraneka kebiasaan menyambut lebaran yang telah dilakukan secara turun-temurun.

Tradisi menyambut lebaran tentu akan menambah keseruan tersendiri. Suka cita menyambut idul firtri mulai terasa, apalagi menjelang akhir bulan suci ramadan. Beberapa tradisi lebaran yang ada di Indonesia antara lain :


pic by google

1.     Mudik

Tradisi mudik di Indonesia sudah biasa dilakukan bagi para perantau yang akan kembali ke kampung halaman. Meskipun di belahan dunia lain, mungkin juga ada tradisi mudik, tetapi Indonesia menjadi negara paling banyak jumlah pemudiknya.
Beragam moda transportasi mulai dari darat, laut, maupun udara, ditempuh para pemudik agar bisa berada di kampung halaman saat hari raya tiba. Jumlah pemudik meningkat tajam saat libur lebaran idul fitri. Keseruan tradisi mudik inilah yang membuat Indonesia berbeda dengan negara muslim lainnya.

2.     Ziarah ke makam leluhur

Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai peradaban, masyarakat Indonesia terbiasa melakukan zaiarah kubur, termasuk saat menjelang lebaran idul fitri. Kebiasaan ini bertujuan untuk menghormati leluhur serta mendoakan mereka agar mendapat tempat terbaik disisNya.

3.     Mengadakan kirim doa

Malam menjelang hari raya idul fitri, sebagian masyarakat Indonesia melakukan kirim doa atau selamatan. Istilah Jawanya yaitu “maleman”, yang artinya menyambut malam idul fitri. Selametan yang berasal dari kata “slamet” atau selamat ini biasanya diadakan di musala-musala atau masjid-masjid.

pic by islampos.com

4.     Pawai obor

Kebiasaan pawai obor masih berlangsung hingga kini. Namun  di zaman milenial seperti sekarang, pawai obor dikemas dengan tema kekinian, misalnya seperti karnival, bukan lagi hanya membawa obor belaka.


pic by tokopedia.com

5.     Memberi uang pada anak kecil

Hal yang paling ditunggu bagi anak kecil saat lebaran tiba adalah adanya pemberian amplop atau angpao. Meskipun jumlahnya tidak seberapa, tetapi anak-anak sangat antusias menerima pemberian ini.


pic by google

6.     Makan ketupat

Rasanya kurang afdol bila saat lebaran tiba, tidak terhidang ketupat dan opor ayam. Untuk itulah, di beberapa daerah, menu yang satu ini selalu tersedia saat hari raya.

Itulah beberapa tradisi lebaran yang biasa terjadi di Idonesia. Kalau di daerah teman-teman, apa saja tradisi lebaran yang ada?


#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day25
#TradisiLebaran

2 komentar:

  1. tradisi yang seperti ini tak akan hilang dimakan waktu, walau zaman teknologi sudah menguasai semua lini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tradisi yang perlu juga dilestarikan ya mas Fajar? ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^