Perbanyak Amalan Puasa Agar Hidup Makin Berkah


Perbanyak Amalan Puasa Agar Hidup Makin Berkah


Bulan suci ramadan menjadi bulan yang special bagi umat muslim seluruh dunia. Bulan yang penuh keberkahan, dan berlipatnya pahala atas semua amal kebaikan yang kita lakukan dengan penuh keikhlasan.


Saat ramadan, tentu akan sangat disayangkan bila kita menyia-nyiakan bulan yang hanya datang satu kali dalam setahun ini. Banyak umat muslim berlomba-lomba mencari pahala dengan melakukan amalan-malan selama menjalankan puasa ramadan.

Amalan-amalan yang dijalankan di bulan puasa, mungkin sudah pernah bahkan menjadi kebiasaan rutin bagi umat muslim. Namun khusus di bulan suci, banyak umat muslim meningkatkan frekuensi amalan-amalan tersebut untuk mendapat berkah dan rida Allah SWT.

Beberapa amalan yang tentu saja selain berpuasa, bisa dilakukan selama ramadan antara lain :

pic by pixabay

  1. Memperbanyak tadarus AlQuran

Tadarus AlQuran merupakan salah satu amalan selama ramadan yang sangat dianjurkan. Banyak pahala yang bisa kita peroleh saat membacanya. Pahala tidak saja diberikan per ayat, bahkan per huruf. Keutamaan tadarus AlQuran disebutkan dalam firman Allah SWT :

Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS.  Al Baqarah: 185)
Sangat disarankan, untuk tidak hanya membaca (tadarus) AlQuran, tetapi juga memahami (tadabur), menghafalkan (hifdz), mengamalkan (tanfidz) dan mengajarkan (ta’lim).


  1. Memperbanyak sedekah

Sedekah yang diberikan khususnya bulan Ramadan, tidak hanya dalam bentuk materi (uang) dan diberikan pada fakir miskin dan duafa, tetapi juga bisa dalam bentuk memberikan santapan (iftar) bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa ramadan.


pic by pixabay

  1. Salat tarawih

Melaksanakan salat tarawih, apalagi di bulan ramadan tentu tidak akan dialami pada hari-hari biasa. Hal ini juga sangat dianjurkan Baginda Rasulullullah Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya :

Dari Abu Hurairah r.a., berkata: Rasulullah SAW menganjurkan (shalat) qiyami Ramadhan kepada mereka (para shahabat), tanpa perintah wajib. Beliau bersabda: Barangsiapa mengerjakan (shalat) qiyami Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Muslim No.1816).

  1. I’tikaf

Menjalankan i’tikaf, terutama di hari-hari terakhir ramadan juga sangat dianjurkan. Namun kebanyakan dari kita lebih mementingkan berbelanja baju baru untuk lebaran.


pic by pixabay

  1. Berburu Lailatul Qadar

Kita tidak tahu kapan tepatnya lailatul qadar itu datang. Untuk itulah berburu malam seribu bulan sebaiknya kita lakukan, terutama di malam-malam ganjil menjelang akhir ramadan, sesuai dengan firmanNya :

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”
 (QS. Al-Qadar: 1-3)
pic by pixsbay

  1. Memperbanyak zikir, doa dan istigfar

Berzikir, doa dan istigfar sebaiknya diperbanyak terutama selama bulan ramadan, agar kita mendapat berkah dan pahala dari Allah SWT.


Itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan selama bulan suci ramadan. Yuk kita tingkatkan ibadah di bulan suci ini. Semoga Allah SWT mnerima semua amal ibadah kita. Aamiin.




#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day19
#AmalanPuasa

6 komentar:

  1. Semoga kita bisa meraih gelar takwa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Allah SWT mengabulkan doa-doa kita. Aamiin

      Hapus
  2. Aamiiin..semoga bisa menjalankan semua ibadah tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Allah melancarkan dan meridai ibadah kita. Aamiin

      Hapus
  3. Aamiin ... Semoga kita bisa istiqomah dalam menjalankan ibadah-ibadah di bulan suci ini. Semoga juga bisa dipertemukan lagi sama Ramadan tahun depan ... Amiin

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^