Pentingnya Mengelola THR


Pentingnya Mengelola THR



Bagi sebagian orang, THR atau Tunjangan Hari Raya tentu sangat dinantikan, sebab akan ada alokasi khusus yang diharapkan bisa untuk memenuhi kebutuhan lebaran.


Tidak jarang sebagian dari kita yang menerima THR, begitu antusias lantas melupakan hal-hal yang lebih penting untuk bisa digunakan dari THR yang diterima. 

Meskipun terkadang belum ada kepastian datangnya THR, tetapi banyak orang sudah membuat perencanaan untuk penggunanannya, misalnya untuk berbelanja baju, menyiapkan uang salam tempel, membeli kue-kue lebaran, dan sebagainya. Hal ini tidak jarang membuat THR habis begitu saja, bahkan harus merogoh kocek yang semestinya untuk dialokasikan hal-hal yang lebih penting, misalnya untuk pembayaran sekolah anak atau persiapan menghadapi tahun ajaran baru. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, sehingga tidak terjadi kebocoran anggaran untuk persiapan lebaran, ada baiknya kita melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Membuat daftar alokasi THR

Sebelum mengalokasikan THR pada pos-pos yang telah direncanakan, sebaiknya Anda membiat daftar alokasi untuk THR. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak ada penggunaan THR yang terlewat.
Bisa juga daftar ini disimpan sebagai acuan untuk alokasi dana THR di tahun depan, sehingga bisa diketahui apabila ada perubahan.

  1. Membuat amplop khusus

Langkah yang mungkin saja menjadi remeh bagi sebagian orang, tetapi menjadi penting bila tidak disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Beri catatan pada amplop yang telah disiapkan sekaligus jumlah nominalnya. Setelah itu, rekatkan amplop dan letakkan ditempat khusus.

  1. Siapkan dana tidak terduga

Menyiapkan dana tidak terduga tetap harus dilakukan. Sisihkan THR yang diterima untuk itu. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu langkah mengantisipasi untuk menghadapi peristiwa yang tidak diinginkan.

  1. Tetap menabung

Bagi sebagian orang, THR memang benar-benar dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan hari raya, bukan untuk ditabung. Tentu saja anggapan yang tidak sepenuhnya salah. Menabung tetap perlu dilakukan agar bila kita membutuhkan sewaktu-waktu, masih tersimpan dana cadangan.

  1. Konsisten

Ya. Konsisten dalam pengalokasian THR sangat diperlukan. Kita tidak boleh mudah tergoda untuk menggunakan THR yang telah ada pos masing-masing untuk kepentingan yang tidak mendesak.

  1. Sedekah

Meskipun THR memang menjadi hak bagi sebagian orang, tetapi alangkah baiknya kita tidak lupa untuk tetap bersedekah.

Pengelolaan THR penting dilakukan oleh siapa saja. Diperlukan bebrapa langkah bijak agar THR bisa tepat sasaran, efektif dan bermanfaat. Beberapa hal postif bila kita bersikap bijak dalam mengelola THR antara   lain :
  1. Bersikap hemat
  2. Berjiwa sosial lebih tinggi
  3. Berpikir cerdas secara finansial

Tunjangan Hari Raya atau THR yang Anda terima semoga digunakan sebijak mungkin, ya. Selamat berpuasa.


#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day14
#PentingnyaMengelolaTHR







6 komentar:

  1. Semoga THR nya berkah ya mbak. Banyak atau sedikit tetap disyukuri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Berbagi pada sesama termasuk salah satu bentuk syukur kita ^^

      Hapus
  2. Konsistennya itu yang masih sulit...haha haha

    BalasHapus
  3. masukin uang ke amplop khusus nih emang mantul banget buat ngatur keuangan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^