Menu Sayur Asem Tetap Wajib Ada



Menu Sayur Asem Tetap Wajib Ada

 
pic by google

Siapa sih yang tidak ingin berbuka puasa dengan yang segar-segar? Kurasa semua orang menginginkan hal yang sama. Baik menu untuk takjil maupun untuk menu utama yaitu sayur dan lauk pauk. Kalau di rumahku, salah satu menu yang wajib ada dalam daftar menu buka puasa adalah : sayur asem!


Kenapa harus sayur asem? Ya karena sayur ini termasuk sayur yang gampang saat diolah, bahan-bahan mudah didapat, termasuk menu favorit, bisa dikonsumsi baik yang tua, muda maupun anak-anak. Tetapi yang jelas sih, karena yang seger-seger tadi kan?! ^^

Resep sayur asem kayaknya banyak ragamnya ya. Bagi yang tinggal di Jawa atau suka dengan masakan Jawa, biasanya bahan-bahan untuk sayur ini tidak ada yang sulit didapat, termasuk bahan sayur yang ada didalamnya. Tetapi yang harus ada tentu saja asam Jawa ya. Namanya juga sayur asem. Kalau sayur bayam ya tentu saja ada bayamnya, kan?! LOL.

Kalau sayur asem Jawa, biasanya isinya hanya kubis, wortel, kacang panjang, terung (biasanya terung glatik kalau orang Jawa bilang. Bentuknya bulat berwarna hijau), tomat, asem Jawa serta irisan bawang merah dan bawang putih. Tetapi pernah aku mencoba masakan sayur asem yang katanya khas dari Jakarta, isi sayurannya lebih beragam. Selain yang kusebutkan di atas, masih ada tambahan jagung muda yang dipotong kecil, kacang tanah, daun melinjo dan kuahnya yang buthek (tidak bening). Kurasa warna buthek itu karena bawang merah, bawang putih dan tomat sertai cabai rawit yang diulek (digerus bersamaan). Tentu ada pedas-pedasnya karena ada cabai rawit didalam. Tidak seperti sayur asem Jawa yang memang terasa asem (kecut) tapi segar. Bila ingin tambahan pedas, biasanya sayur asem Jawa tersaji dengan tambahan sambal terasi plus tempe goring (duh … jadi ngiler deh!).

Aku orangnya lebih suka yang praktis-praktis aja, termasuk dalam hal memasak. Untuk resep sayur asem Jawa yang praktis ala aku yang tidak begitu pandai memasak ini, ini nih bahan-bahannya (khusus satu porsi untuk keluarga kecilku, hehe) :
-      1 ikat daun ketela rambat (kurang lebih 10 lembar)
-      1 buah wortel ukuran sedang
-      5 lembar kubis ukuran besar
-      5 lonjor kacang panjang
-      2 siung bawang merah
-      1 siung bawang putih
-      3 buah asem Jawa matang (yang warnanya sudah coklat kehitaman)
-      1 buah tomat ukuran sedang
-      Gula, garam dan air secukupnya

Siapkan bahan-bahannya:
  1. Buang dahan daun ketela, cuci bersih
  2. Potong wortel memanjang ± 2 cm, cuci bersih
  3. Potong kubis bentuk segiempat kira-kira 3x4 cm, cuci bersih
  4. Potong kacang panjang ± 4 cm, cuci bersih
  5. Potong terung seukuran jempol tangan, cuci bersih
  6. Cuci bawang merah dan bawang putih, iris tipis
  7. Cuci tomat, iris agak memanjang
  8. Cuci asem Jawa

Cara memasak :
  1. Didihkan air ± 3 gelas belimbing, lalu masukkan kacang panjang dan wortel
  2. Setelah kacang panjang dan wortel agak empuk, masukkan terung ± 2 menit, lalu masukkan secara bersamaan : irisan bawang merah dan bawang putih, tomat dan kubis serta asem Jawa.
  3. Terakhir, masukkan gula dan garam.

Nah … sederhana bukan, resep sayur asem ala aku, hehe. Praktis pula. Teman-teman mau mencoba? Silakan lho. Selamat berpuasa ya, dan semoga selalu diberi kelancaran.


≠30HariKebaikanBPN
≠BloggerPerempuan
≠Day4


6 komentar:

  1. sayur asem lauknya ikan asin, sambal terasi ditambah kerupuk, enak banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yummy mbak Wid. Hadeeuuhh... Jadi ngeces ini gara-gara sayur asem hehe

      Hapus
  2. Kadang ada yang ditambah gula Jawa, tapi aku lebih suka resepnya mbak Nova ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess. Makasih mbak Kiky. Dicoba ya resepnya hehe

      Hapus
  3. Makan sayur asem itu nikmat. Apalagi ditambah cocolan sambal terasi dan terung bakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayur asem plus terung bakar? Aku baru tahu ini mbak Rika. Boleh deh kapan-kapan kucoba ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^