Memanfaatkan Waktu Luang Di Bulan Ramadan


Memanfaatkan Waktu Luang Di Bulan Ramadan



Bulan suci ramadan merupakan bulan yang sangat ditunggu bagi seluruh umat muslim di dunia. Di bulan ini, umat muslim saling berlomba memanfaatkan waktu untuk berbuat kebaikan agar mendapat berkah bulan ramadan.


Biasanya, pada saat puasa ramadan, bagi yang mempunyai aktivitas di luar rumah atau bekerja, akan mendapatkan kelonggaran waktu jam kerja, misalnya jam masuk lebih siang dan pulang lebih awal, sehingga tidak seefektif hari-hari biasa. Demikian juga bagi anak sekolah, untuk jam belajar mengajar juga ada kelonggaran, bahkan ada agenda libur sekolah.

Tidak sedikit yang merasa jenuh saat menunggu waktu berbuka puasa, dan cenderung bermalas-malasan. Tentu saja hal ini menjadi sia-sia, sebab di bulan suci ini merupakan kesempatan bagi kita untuk melakukan hal-hal positif yang dapat mendatangkan pahala.

Mengisi waktu luang selama bulan ramadan, tentu bisa dilakukan agar puasa kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi lebih bermakna dengan melakukan hal-hal yang bisa mendatangkan keberkahan, antara lain :

pic by pixabay

1.     Tadarus AlQuran

Membaca kitab suci AlQuran merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama bulan ramadan. Aktivitas ini bisa dilakukan sehabis salat asar hingga menunggu azan magrib, sehabis salat tarawih, atau sesudah salat subuh. Tilawah (membaca) AlQuran akan mendatangkan pahala berlipat dari setiap huruf yang kita baca.


pic by pixabay

2.     Membaca

Coba Anda ingat-ingat, kapan terakhir membaca koleksi bacaan yang ada di lemari buku? Jangan-jangan selama ini hanya jadi ggemar membeli dan menambah koleksi tanpa pernah membaca isinya. Nah, mumpung ada kelonggaran waktu selama ramadan, inilah kesempatan untuk menambah ilmu dari setiap buku yang Anda baca.

3.     Ngabuburit

Jalan-jalan sore sambil menunggu azan magrib atau ngabuburit bisa Anda lakukan, sekaligus berburu takjil untuk berbuka puasa.


pic by pixabay

4.     Buka puasa bersama

Bagi yang memiliki aktivitas padat sehingga jarang berinteraksi dengan keluarga atau teman, inilah saatnya untuk memanfaatkan waktu luang selama ramadan dengan mengadakan acara buka puasa bersama.

5.     Bersih-bersih rumah

Meskipun melakukan puasa ramadan, bukan berarti kita lantas bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun, ya. Bila ada waktu longgar, Anda bisa kok mulai bersih-bersih rumah, apalagi sebentar lagi lebaran. Mungkin taplak meja, sarung bantal kursi, atau sprei ada yang perlu diganti. Atau bisa juga melakukan renovasi, misalnya mengganti warna cat rumah yang sudah saatnya diganti.


pic by pixabay

6.     Menulis

Aktivitas menulis menyenangkan lho, terutama bagi yang mempunyai hobi ini. Untuk menjaga semangat menulis, Anda bisa mengikuti beberapa tantangan menulis yang banyak diselenggarakan. Apalagi bila aktivitas menulis ini bisa mendatangkan pundi-pundi. Wah… bisa buat menambah THR nih. Asik kan? ^^


pic by pixabay

7.     Tidur

Aktivitas tidur di bulan puasa memang merupakan salah satu ibadah. Tetapi bukan berarti sepanjang hari kita lantas bermalas-malasan dan hanya tidur seharian.  Cukuplah kita beristirahat sejenak dan kembali melakukan kegiatan positif untuk mengisi waktu luang selama ramadan.


Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang selama ramadan. Semoga ibadah puasa kita lancar dan mendapat pahala dariNya. Aamiin.


#30hariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day26
#MengisiWaktuSelamaRamadan




7 komentar:

  1. Luar biasa, terimakasih sarannya mbaa nova, boleh mampir ke blogku mba :)
    alghifaritech.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. Semoga bermanfaat ya. Aku sudah meluncur ke blog, mas Rafi ^^

      Hapus
  2. betuuull banget...kalau diisi ham bermanfaat, pasti ngga terasa tiba-tiba aja masuk waktu buka...pahala dapat, ilmu juga dapat...mantaaappp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah. Waktu yang luang bila digunakan untuk hal-hal positif, insya Allah bisa mendatangkan pahala. Aamiin ^^

      Hapus
  3. selama puasa, lebih enak menyibukan diri daripada harus males-malesan. Soalnya waktu jadi gak berasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi tidak sia-sia kan, kalau kita mau memanfaatkan waktu luang saat ramadan ^^

      Hapus
  4. Membaca dan menulis menjadi hal yang asik di bulan ramadhan. Biasanya sambil ngemil, tpi krn puasa jadi ilang satu tips. hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^