Kulit Kepala Gatal Karena Ketombe? Ini Solusinya.


Kulit Kepala Gatal Karena Ketombe? Ini Solusinya.

pic by pixabay


Teman-teman ada yang pernah mengalami kulit kepala gatal-gatal karena ada ketombe ? Aku pernah mengalami. Rasanya terganggu banget dan tidak nyaman. Apalagi ditunjang dengan kondisi tubuhku yang mudah berkeringat, sehingga kulit kepala dan rambut yang tertutup hijab ikut basah. Rasanya tiap hari ingin keramas.




Dari situs www.doktersehat.com disebutkan bahwa ketombe ternyata sama sekali tidak berbahaya. Tidak ada solusi obat-obatan atau farmasi yang diperlukan untuk menghilangkan ketombe, tetapi ada banyak cara untuk menghilangkannya secara alami.

Ketombe ditandai dengan serpihan putih kecil yang jatuh dari kulit kepala, Apabila jumlahnya kecil masih dianggap normal, karena sel kulit mati mengelupas dari kulit kepala. Banyak orang mengalami pengelupasan yang cukup parah sehingga mereka berusaha menutupi dengan berbagai cara. Pengelupasan kulit kepala sering disertai dengan kulit kepala yang gatal, kemerahan dan iritasi.

Beberapa penyebab adanya ketombe di kepala kita antara lain disebabkan kulit kepala yang kering, berminyak, diet, kurangnya kebersihan, sering keramas atau mencuci rambut dan stress. Ketombe sebenarnya adalah hasil dari infeksi jamur, yaitu piytiriasis capitis dan malassezia globosa.

Info-info di atas mengingatkan kondisi tubuhku yang pernah kusebutkan di atas, bahwa aku pernah mengalami. Jadi ceritanya, beberapa bulan yang lalu aku harus menjalani perawatan di rumah sakit, selama kurang lebih 20 hari karena memang ada gangguan kesehatan, dan harus benar-benar bedrest total. Tahu sendiri kan, kalau lagi sakit, harus banyak berbaring, aktivitas sangat dibatasi, pikiran jadi kacau, akhirnya bisa menimbulkan stres.

Hal-hal di atas kurasa sangat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh termasuk menjadi timbulnya ketombe. Apalagi saat di rumah sakit, bisa jadi karena kulit kepala yang seringkali basah karena berkeringat (padahal ada AC), lembab, cenderung berminyak juga jarang keramas. Tapi kurasa penyebab utama adalah stress, sih. Siapa lho yang mau sakit selama hampir satu bulan dan tidak boleh ngapa-ngaain? Well … sebenarnya memang kunci dari kondisi tubuh adalah dari cara kita mengelola pikiran sendiri, kok.

Lantas, apa yang kulakukan untuk menghilangkan ketombe? Ya, memang ketombe akan bisa hilang pada saatnya. Berdasar pengalamanku, ini beberapa cara menghilangkan ketombe :

pic by google

  1. Kelola stress dengan baik

Yes. Stres sangat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. Termasuk kulit kepala yang dihinggapi ketombe. Rileks sangat dibutuhkan. Permasalahan hidup harus dihadapi, up and down saja. Yakin bahwa Allah akan memberi jalan terbaik pada setiap permasalahan yang kita hadapi.

pic by google

  1. Gunakan sampo yang cocok dengan jenis kulit kepala

Penggunaan sampo yang cocok dengan kulit kepala, baik kering maupun berminyak akan mengurangi bahkan menghilangkan ketombe yang mengganggu.

pic by google

  1. Banyak minum air putih dan sayur

Konsumsi air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari sangat baik untuk menjaga kesehatan termasuk menghilangkan ketombe. Jangan lupa juga untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau, yang dapat menutrisi rambut.

pic by google

  1. Oleskan jeruk nipis di atas kulit kepala

Mengoleskan jeruk nipis di atas kulit kepala termasuk cara untuk menghilangkan ketombe. Awalnya memang perih, tetapi lama kelamaan akan hilang rasa itu. Lakukan kebiasaan ini secara rutin, dan ketombe akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe yang pernah kulakukan sehingga aku bisa bilang : bye … bye ketombe, hahaha. Teman-teman punya solusi lain atau cara menghilangkan ketombe? Bagi di kolom komentar ya ^^


#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan
#Day7
#CaraMenghilangkanKetombe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^