Bikin Batal Nggak Ya, Sikat Gigi Saat Puasa?


Bikin Batal Nggak Ya, Sikat Gigi Saat Puasa?

 
pic by google

Menjaga kebersihan setiap saat merupakan kewajiban bagi kita semua, termasuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tidak terkecuali saat bulan Ramadan seperti sekarang. Tetapi, apakah sikat gigi saat puasa diperbolehkan?


Tentu kita tahu, bahwa bila memasukkan segala sesuatu dalam arti makan dan minum dengan sengaja saat puasa, bisa membatalkan ibadah kita yang satu ini. Tentu kita akan rugi dong ya, kalau puasa menjadi batal.

Mungkin ada alasan lain yang menyebabkan kita melakukan sikat gigi saat puasa, misalnya kawatir adanya bau mulut saat mengobrol dengan orang lain, yang membuat diri tidak nyaman.

Kalau menurut aku pribadi, sikat gigi saat puasa, sebaiknya dihindari, apabila ada kekawatiran bila pasta gigi akan tertelan dalam rongga mulut atau tubuh yang bisa menyebabkan batalnya puasa kita. Menggosok gigi bisa dilakukan saat setelah berbuka puasa atau sebelum imsak.

Dilansir dari www.dalamislam.com disebutkan bahwa sebenarnya kita tidak perlu kawatir dengan bau mulut di saat berpuasa, sebab walaupun aromanya tidak sedap bagi manusia, tetapi di sisi Allah Swt, pada hari kiamat kelak, aroma mulut orang-orang berpuasa lebih wangi dibandingkan minyak katsuri. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Hurairah yang berbunyi :
“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak katsuri” (HR. Abu Hurairah).

Namun ada saran dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, “Lebih utama adalah orang yang berpuasa tidak menyikat gigi (dengan pasta). Waktu untuk menyikat gigi sebenarnya masih lapang. Jika seseorang mengakhirkan untuk menyikat gigi hingga waktu berbuka, maka berarti dia telah menjaga diri dari perkara yang dapat merusak puasanya” (sumber : www.Rumaysho.com)

Dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui bahwa sebenarnya sikat gigi saat puasa sebaiknya tidak dilakukan, ya. Tetapi kalau sekadar berkumur lantas diludahkan, misal untuk berwudhu, tidak apa-apa, asalkan air tidak tertelan.

Kita tidak perlu kawatir dengan bau mulut, sebab Allah Swt lebih senang bau mulut orang yang berpuasa yang wanginya melebihi minyak katsuri. Hayo, pilih yang mana? Lebih senang dengan penilaian Allah Swt atau pilihan manusia?

Nah, itulah beberapa hal tentang sikat gigi saat puasa. Semoga bermanfaat ya. Selamat berpuasa ^^


≠30HariKebaikanBPN
≠BloggerPerempuan
≠Day9
≠SikatGigiSaatPuasa

4 komentar:

  1. sikat gigi tak akan membatalkan puasa, kecuali disengaja air setelah cuci mulutnya diminum sedikit. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktunya juga sebaiknya setelah berbuka puasa atau sebelum imsak ya mas Fajar ^^

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih mas Arief ^^
      Semoga artikelnya bermanfaat

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^