Serunya Berkunjung Ke Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nganjuk


Serunya Berkunjung Ke Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nganjuk

dok. pribadi

Beberapa saat yang lalu, Rafa dan teman-temannya dari mulai Kelompok Bermain, kelas A dan kelas B serta bapak ibu guru mengadakan kunjungan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nganjuk (yang sekarang bergabung dengan Satuan Polisi Pamong Praja). Dinas ini berada di Jalan Raya Nganjuk Madiun, sebelah barat Polres Nanjuk.


Kebetulan kunjungan ini diadakan pada hari Sabtu dan saya kebetulan tidak sedang beraktivitas dikantor, sehingga bisa menemani Rafa. Sebelum berangkat, dia sudah mewanti-wanti agar tidak lupa untuk membawakan pakaian ganti serta sandal, karena akan ada kegiatan berenang. Lah, tentu saja saya bertanya-tanya. Apa di lokasi nanti ada kegiatan berenang juga ya? Teringat bahwa didinas tersebut tidak ada kolam renangnya. Tapi ya sudahlah. Saya iyakan saja permintaannya, lantas memasukkan ditas sekolah yang biasa dia pakai.

Esok harinya, saya dan Rafa dengan diantar ayahnya menuju lokasi yaitu Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nganjuk. Ketika sampai, terlihat beberapa wali murid telah datang terlebih dahulu. Mayoritas anak-anak didampingi oleh ibunya, hanya beberapa saja bapak-bapak yang ikut mendampingi. Keren ya. Saya suka salut pada bapak-bapak yang mau menyempatkan diri untuk mendampingi putra-putri saat mereka ada kegiatan, terutama diluar sekolah.

Beberapa ibu dengan memakai kaos seragam paguyuban saling bertegur sapa. Saya juga ikut nimbrung, berbasa-basi, juga ngobrol sebentar dengan para guru.



dok. pribadi

Setelah anak-anak berbaris dan diberi pengarahan, mereka berjalan ke lokasi untuk melihat simulasi saat ada kebakaran terjadi. Kali ini saya patut bangga, karena Rafa berani berada paling depan dan memperagakan aktivitas yang harus dilakukan saat ada kebakaran, yaitu dengan berbaris, saling memegang salah satu pundak anak, mulai dari baris paling depan hingga belakang, sambil bersuara  lantang minta tolong.

dok. pribadi

Simulasi yang lain yaitu saat menghadapi akibat kompor terbakar di rumah. Nah, ini biasanya ibu-ibu udah panik duluan ya. Padahal, sebetulnya, harus tetap berusaha bersikap tenang lho. Langkah selanjutnya yaitu mengambil kain basah, lantas ditutupkan di atas kompor yang apinya sedang menyala besar. Wah … ternyata hanya dengan langkah mudah, api lekas padam. Hebat, ya!

dok. pribadi


Kemudian, ada juga peragaan pemakaian seragam bagi petugas pemadam kebakaran sebelum melakukan tugas. Mulai dari memakai jaket tahan api, sepatu hingga helm khusus.

dok. pribadi

Oiya, anak-anak juga diajak berkeliling naik mobil pemadam kebakaran. Wah… senangnya! Apalagi boleh duduk dibagian atas, seperti Rafa dan kawan-kawannya ini. Awalnya aku kawatir bila Rafa tidak mau dan takut ketinggian. Ternyata kekawatiran tidak terbukti dan dia terlihat asik-asik aja tuh.

dok. pribadi

Setelah berkeliling naik mobil pemadam kebakaran, acara yang paling ditunggu pun tiba. Ternyata, yang dimaksud berenang itu adalah main air. Jadi, mobil pemadam kebakaran yang membawa air untuk memadamkan api, kali ini airnya untuk mengguyur anak-anak. Tentu saja mereka senang. Heboh deh saat mendapat guyuran air yang sangat deras. Meskipun sudah berbasah kuyup, mereka seolah tidak puas, dan berteriak-teriak minta diguyur lagi. Hahaha. Ada-ada saja.

dok. pribadi


Begitulah keseruan Sabtu itu antara Rafa dengan teman-temannya. Semoga menjadi pengalaman berharga dan tidak terlupakan bagi mereka.

Emak-emak ikut narsis ^^

9 komentar:

  1. Belum lama ini di tempat saya kedatangan orang dari pemadam kebakaran. Yang tua-tua ketakutan deketin api, eh ... anak kecil2 malah deketin api. Katanya keren hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah anak-anak yang selalu ingin tahu, hehe

      Hapus
  2. Keren. Asyik banget mas Rafa (y)

    BalasHapus
  3. Serunya belajar sambil bermain. Bisa jadi pelajaran mengesankan 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Rina. Pengalaman yang mengesankan ^^

      Hapus
  4. Serunya belajar sambil bermain. Bisa jadi pelajaran mengesankan 😊😊

    BalasHapus
  5. Ngikut donk. Suatu saat anak-anakku bisa juga kuajak ke situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan menghubungi dinasnya mbak. Seru deh pokoknya ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^