Tetap Semangat Menulis Meskipun Domain Authority Menurun


Tetap Semangat Menulis Meskipun Domain Authority Menurun


pic by pixabay.com


Beberapa hari belakangan ini ada berita tentang domain authority (DA) yang tengah turun gunung. Eh, maksudnya menurun tajam. Tidak terkecuali blog ini. Awalnya aku tidak begitu memperhatikan, alias cuek. Ngecek DA kalau pas ada job dengan syarat DA minimal harus angka sekian (waduh). Terkesan cuek? Begitulah, hehe.

Rasa penasaran akan nilai DA blog membuatku akhirnya mengecek juga. Penasaran seberapa besar angka DA terkini. Ternyata… Oh, no! Sukses terjun bebas, saudara-saudara! Dari angka 26 menjadi 14. Wow! Terkejut? Sempat, sih. Tapi setelah itu ya biasa saja. Mau bagaimana lagi, bukankah naik turunnya sesuatu itu sudah biasa terjadi?

Ngomong-ngomong, ada yang ingin tahu nggak, apa itu domain authority (DA)?

Domain Authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna. Domain Authority adalah sebuah faktor penting yang memengaruhi trafik dan ranking dari sebuah sebuah website, dengan kata lain, merupakan acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri (sumber : google.com)

Kurasa, DA itu merupakan prediksi, seberapa besar kesempatan  website kita muncul diawal hasil dari mesin pencari. Soal nilai DA yang turun sifatnya memang komparatif. Apalagi banyak DA blogger lain yang turun lebih tajam dibanding DA blog aku, tentu tidak perlu menjadi kegalauan akut lah ya. Selow aja deh! Lain lagi masalahnya kalau only my DA yang turun drastis sementara punya orang lain makin berkibar, nah… baru deh nangis, hiks L

Jadi, kalau DA blog aku menurun, bisa jadi rankingnya memang lagi kurang bagus. Nah, pasti ada sebabnya, bukan? Bisa jadi aku malas posting di blog, tidak relevan dengan niche blog, atau  konten yang kutulis tidak atau kurang bermanfaat.

Terus, apa dong yang harus kulakukan? Berhenti menulis dan nangis sesenggukan di pojokan? Memangnya itu bisa membuat Moz berbaik hati lalu menaikkan DA begitu saja? Tentu tidak!

Buatku pribadi, tinggi atau rendah nilai DA, ya aku tetap menulis saja. Lebih rincinya (mungkin) bisa kujabarkan sebagai berikut :

1.   Lebih rajin membuat postingan

Tentu saja langkah awal sebagai usaha agar nilai DA menjadi naik (kembali) adalah dengan rajin membuat postingan di blog. Kalau aku malas menulis, bahkan membiarkan blog tidak update hingga berbulan-bulan, bisa-bisa tidak hanya nilai DA yang turun, bahkan blog aku akan kehilangan penggemar #ups.

2.   Lebih rajin blogwalking

Langkah berikutnya adalah dengan rajin blogwalking. Apalagi blogwalking di blog dengan nilai DA tinggi. Ini sekaligus mengenalkan website kita pada blog lain. 

3.   Tulisan sesuai niche atau topik blog

Tentu saja isi blog kita harus sesuai dengan niche atau topik. Apa kata orang kalau niche : lifestyle blog tapi postingan berisi curhatan lebay? Nggak dong ya. Kalau sudah mempunyai niat dan mengenalkan blog kita dengan topik tertentu, sebaiknya kita konsisten membuat tulisan sesuai topik blog.
Topik atau pembahasan dalam suatu blog memegang peran penting dalam hal SEO serta kenyamanan pengunjung yang ingin mencoba mengikuti blog kita. Kalau postingan tidak sesuai topik, bisa jadi blog tidak menarik bagi orang lain dan kita akan kehilangan kesempatan mendapat pembaca.

4.   Memberi manfaat

Tulisan yang bermanfaat tentu akan mendatangkan kebaikan, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Betul? Anggaplah bahwa tulisan-tulisan yang mendatangkan manfaat merupakan ladang amal yang bisa mendatangkan pahala bagi kita. Aamiin.

Langkah-langkah di atas bagiku merupakan cara untuk menaikkan DA. Tentu saja, tidak hanya DA yang terpenting, ya. Menurutku, ya terus menulis saja. Bila memang melalui tulisan kita juga mendapat rejeki, anggap saja itu merupakan bonus dari Allah. Setuju? ^^

So… Keep writing yaaa :D

8 komentar:

  1. Iya nih bund... Sekarang isi postingan di blog saya udh dikurang-kurangi yang curhat dan lebay nya. Yaah dikit-dikit nanti ada laah wkwk.

    Sekarang juga mau fokus ke niche tertentu di blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maafff baru balas komen mas Fadhli. Tetap semangat nulis ya. Aku sering baca postingan di blog mas Fadhli, dan memang makin oke. Lanjutkan ya ^^

      Hapus
  2. Saya lama ngeblog, tapi baru diseriusin tahun ini dan baru ngerti ttg DA/PA. Saya sedang perbaikan ngisi konten blog biar lebih bermanfaat dan blogwalking juga ninggalin komen. Sedihnya kalau udah dibw jarang yg bw balik kwkwk apalah saya masih remah-remah keripik, barangkali bagi mereka tulisan saya belum terlalu bermanfaat :) Apapun itu saya tetep semangat nulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat menulis ya. Percaya deh. Suatu saat setiap tulisan kita akan menemukan takdirnya ^^

      Hapus
  3. saya baru rollback dan menyadari bahwa ini berpengaruh terhadap update algoritma terbaru :(

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^