Jadikan Media Sosial Lahan Untuk Mengembangkan Kreatifitas Diri


Jadikan Media Sosial Lahan Untuk Mengembangkan Kreatifitas Diri

pic by pixabay.com



Media sosial merupakan salah satu sarana kita berkomunikasi dengan banyak orang, baik teman maupun orang lain yang –mungkin- kita tidak kenal sebelumnya. Dunia maya menjadi kita tidak hanya sekadar berbagai informasi, saling berbalas komentar, like, share dan lain sebagainya. Perkembangan media sosial yang hingga saat ini sangat pesat menjadikan hampir semua orang, khususnya remaja hingga dewasa sudah pasti memiliki akun di media sosial baik itu facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. 

Namun penggunaan media sosial yang dimiliki tidak jarang kurang bermanfaat dan dapat memberikan efek buruk kepada penggunanya, apalagi jika tidak bisa bijak dalam menyikapi, bahkan harus berurusan dengan pihak berwajib, terjadi permasalahan rumah tangga, dan kasus lain yang kadang mendatangkan bumerang kehidupan bagi mereka.

Menindaklanjuti kejadian demi kejadian tersebut tentunya bagi kita semua yang memiliki akun media sosial, hendaknya berpikir lebih dari sekadar menulis status yang tidak bermanfaat. Tidak jarang kita ketahui, banyak akun media sosial, terutama akun yang berisi konten negatif, unduhan foto yang terlalu vulgar, bahkan bertentangan dengan hukum di negara ini.  Meskipun ada kebebasan bagi siapapun pemilik akun pribadi, tentunya akan menimbulkan pertanyaan : kenapa harus menyebarkan atau membagi hal-hal yang tidak bermanfaat sedemikian rupa, hingga menyebabkan kerugian, baik bagi diri sendiri maupun orang lain?

Masih banyak kok hal yang lebih bermanfaat dan berguna yang bisa kita gunakan di media sosial seperti halnya berjualan, menulis nasehat untuk orang lain, puisi, cerita pendek, kisah-kisah inspriratif dan hal bermanfaat lainnya yang bisa mendatangkan keuntungan bagi kita secara pribadi maupun bagi pengikut. Tidak menutup kemungkinan jika jiwa kreatif dalam menggunakan media sosial semakin dikembangkan, akan mengantarkan kita kepada hal yang baik bahkan mendatangkan rejeki.

Aktivitas di media sosial tidak terlepas dari menulis, bukan? Manfaatkan kelebihan Anda dalam menulis dengan berbagi hal-hal yang –mungkin- bagi sebagian orang lain tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Ketika Anda berbagi pengalaman dan cerita saat pernah berwisata atau travelling ke suatu tempat dengan kemudahan akses dan akomodasi lainnya, atau pernah menikmati kuliner suatu daerah, tentu saja bagi para penggemar travelling dan wisata kuliner (khususnya), akan menambah wawasan mereka. Bisa jadi apa yang Anda tulis akan dilirik oleh agen perjalanan atau sebuah brand dan ingin mengajak Anda bekerjasama, dengan menjadi kontributor sebagai penulis perjalanan wisata. Tentu saja Anda akan mendapatkan rejeki dari tulisan-tulisan tersebut. Ini suatu bonus dari Allah yang tidak akan terduga, bukan?

Apapun aktivitas online kita, mulai dari berbagi cerita atau kisah yang sederhana, bisnis online pribadi atau website yang besar dan megah sekalipun, hendaknya menjadikan semua kegiatan itu semata untuk kebaikan dan tujuan beribadah. Bijaklah dalam menggunakan media sosial.  Manfaatkan fasilitas jejaring sosial sebaik mungkin hingga tidak menjadi suatu bumerang bagi kehidupan siapapun.

Jangan lupa juga, bahwa semakin tinggi tingkat kreatifitas dalam menulis di media sosial, maka akan semakin banyak pintu rejeki bagi Anda. Tentu tidak hanya dalam bentuk materi saja, tetapi akan ada kebaikan-kebaikan yang datang pada Anda dari arah manapun yang tidak terduga sebelumnya. Jadi, tetaplah menjadikan media soial sebagai lahan untuk mengembangkan kreatifitas diri, ya. Semoga melalui tulisan-tulisan kebaikan yang Anda bagi, bisa menjadi ladang amal. Aamiin.


Post a Comment

6 Comments

  1. Iya mba setuju... harus bijak menggunakan media sosial.bisa jadi sarana amal jariyah ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah alasan kita menulis yang baik-baik saja mbak Ciani ^^

      Delete
  2. Bener banget..makin kreatif di sosmed makin banyak pintu rejeki..

    Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih support dan apresiasinya, mas Dhanang ^^

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^