Rabu, 29 Agustus 2018

Lakukan 15 Kegiatan Ini Setelah Bekerja Jika Ingin Lebih Bahagia




Lakukan 15 Kegiatan Ini Setelah Bekerja Jika Ingin Lebih Bahagia


Sering kali, ketika kita pulang ke rumah setelah bekerja, kita langsung menyalakan TV. Hal ini sudah menjadi kebiasaan. Apalagi, setelah banyak meeting, tumpukkan kerjaan, dan banyak hal lainnya yang membuat penat di kantor, satu-satunya hal yang ingin kita lakukan adalah menonton marathon lima episode drama atau serial TV kesayangan.



Tapi, hal tersebut bisa memicu hal buruk. Mulai dari selalu merasa kelelahan di awal dan akhir hari, hingga merasakan sakit kepala yang selalu muncul. Terkadang muncul juga kesulitan untuk tidur, sehingga istrirahat menjadi kurang nyenyak.
Hal ini adalah wajar. Karena, ternyata lama durasi kita menonton TV berhubungan dengan ketidakbahagiaan kita.
Secara kasar, fenomena ini bisa tampak dari tingkah laku remaja dan anak-anak kebanyakan. Mereka lebih banyak melakukan aktivitas dengan teman-teman, berolah raga, mendatangi kegiatan keagamaan, membaca, dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR).
Terbukti, mereka lebih bahagia dengan melakukan itu semua.
Sementara bagi para remaja yang lebih banyak menghabiskan waktu di Internet, bermain game komputer, bermedia sosial, chatting, video chat, hingga sering menonton TV tidak.
Mereka kurang bahagia daripada para remaja yang sebelumnya.
Maka, jika memang mengurangi durasi waktu menonton TV menang menambah kebahagiaan. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan selain menonton TV?

1.   Bermain Teka-Teki atau Puzzle


Kita bisa melakukan aktivitas yang mengasah otak dan pikiran kita. Salah satunya adalah bermain teka-teki atau puzzle. Untuk yang tinggal sendiri, Anda bisa membuat menyelesaikan teka-teki silang. Bisa juga bermain permainan kartu seperti solitaire atau hearts. Sementara, bagi yang sudah tinggal bersama istri atau suami dan anak, bisa juga memilih permainan papan seperti ludo, monopoli, hingga ular tangga.

2.   Manjakan Diri


Setelah hari yang melelahkan di kantor, kita bisa memanjakan diri kita. Tapi ingat, tidak dengan menonton TV atau bermain smartphone dan komputer. Kita bisa memanjakan diri dengan berendam air hangat, membersihkan muka dengan perawatan wajah dan lainnya. Atau, kita juga bisa memanggil tukang pijat panggilan untuk refleksi di rumah sambil melepas lelah.

3.   Mengerjakan Karya Seni


Mengisi waktu setelah kerja bisa kita lakukan dengan kegiatan produktif. Misalnya dengan membuat berbagai karya seni sendiri. Rencanakan project melukis satu lukisan dalam satu minggu. Dengan begitu, setelah pulang bekerja, kita bisa melepas penat sambil mengerjakan project tersebut. Hal yang sama bisa dilakukan dengan mewarnai buku gambar dan juga menyulam.

4.   Bermain dengan Peliharaan


Untuk yang memiliki binatang peliharaan, Anda bisa bermain dengannya. Bermain denganbinatang peliharaan seperti kucing atau burung bisa melepas stress. Kita juga akan merasa kehilangan stress melihat tingkah lucu mereka.

5.   Pergi Jalan-Jalan


Jika memang malas untuk berolah raga seperti jogging, yoga, atau pilates, kita bisa berjalan-jalan. Ajak teman untuk berjalan-jalan berkeliling wilayah dekat rumah. Kita bisa lebih sehat.
Jika memang tidak ada teman yang bisa diajak, pasang saja musik dan mulailah berjalan-jalan sambil menikmati musik dan pemandangan sekitar rumah. Ingat, lakukan ini hanya jikaudara tidak dingin dan hujan.

6.   Berolah Raga


Bukan orang yang bisa bangun pagi dan langsung memulai aktivitas berat? Berolah raga dimalam hari selepas bekerja bisa menjadi solusi. Ganti TV dengan jogging, melakukan yoga, atau kegiatan olah raha lainnya. Dengan begitu kita bisa menjadi lebih sehat dan bahagia.

7.   Meditasi

Bermeditasi jarang dilakukan banyak orang. Tapi jelas meditasi bisa membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Lagipula, untuk melakukan meditasi tidak membutuhkan waktu yang lama. Sisihkan waktu 10 hingga 30 menit untuk meditasi. Apakah selepas bekerja, atau sebelum tidur. Tips bermeditasi banyak tersedia di Internet, belajarlah dari sana.

8.   Membersihkan Rumah

Ya, mencuci piring atau mengepel lantai bisa membuat seseorang lebih bahagia. Memang, hal ini terlihat malah menambah kerjaan dan membuat stress. Tapi sebaliknya, dengan mengerjakan pekerjaan rumahan bisa memberikan kepuasan tersendiri setelah menyelesaikannya. Lagi pula, membersihkan rumah di tengah minggu memberikan waktu lebih luang saat akhir pekan.

9.   Memasak


Cobalah untuk mencari resep baru dari Internet atau resep lama keluarga. Setelah pulang bekerja, cobalah untuk memasak menu baru tersebut. Memasak kue atau makanan dan minuman juga bisa memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi ketika resep baru yang kita coba berhasil.

10. Menulis


Buat blog, tulis artikel dan publikasikan di media sosial. Hal ini bisa mengisi kegiatan yang lebih menyenangkan daripada menonton TV. Buat target untuk diri sendiri seperti 1 tulisan 1 hari yang banyak dilakukan blogger. Kita akan merasa rileks setelah menulis.

11. Menelepon Teman


Kita bisa berbincang dengan teman yang sudah lama tidak saling mengabari. Kita bisa berbicara soal bagaimana aktivitas sehari-hari saat ini, dan bertukar cerita atau pengalaman yang bisa dibagikan. Kita juga bisa meminta masukan atas permasalahan yang ada. Membangun silaturahmi dengan orang banyak akan membuka banyak rezeki juga.

12. Bertemu Teman Secara Langsung

Daripada hanya menelepon, kita bisa saja bertemu teman setelah pulang kerja. Kita bisa bertemu di suatu tempat, makan malam bersama sambil berbincang bersama. Ingat, habiskan waktu bersama teman, simpan dulu smartphone yang ada.

13. Mendengarkan Podcast


Memang, menggunakan podcast juga membutuhkan teknologi. Tapi, setelah kita memilih podcast yang kita ingin dengarkan, kita hanya tinggal duduk dan mendengarkannya. Kita bahkan bisa mendengarkannya sambil memjamkan mata dan beristirahat.

14. Membaca

Ya, membaca bisa membuat hidup menjadi lebih bahagia. Bacalah buku baru atau buku yang sudah pernah dibaca sebelum tidur. Dengan begitu, kita bisa menambah pengetahuan dan ilmu. Juga kita bisa merasa terhibur, jika memang buku tersebut adalah novel hiburan. Membaca buku juga bisa menambah topik pembicaraan kita dengan rekan kerja.

15. Membuat Daftar dan Jadwal


Kita tidak perlu melakukan hal yang sama secara terus menerus. Setelah pulang kerja, kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan selain bermain komputer dan menonton TV.
Buatlah daftar kegiatan yang bisa dilakukan dan kapan akan mengerjakannya. Misalnya saja, kita membuat daftar hari Senin membaca buku, Selasa berolah raga, Rabu bertemu teman lama, Kamis membereskan rumah, Jumat bermain teka-teki atau puzzle, sementara Sabtu Minggu kita bisa berlibur atau diam di rumah mengerjakan hal lain yang belum disebutkan.
Kita juga bisa membuatnya menjadi jadwal rutin sehingga di suatu waktu, ada sesuatu yang bisa kita dapatkan. Mulai dari lukisan baru karya sendiri, rumah yang lebih bersih, badan yang lebih sehat dan bugar, teman yang lebih banyak, pikiran yang lebih tajam dan tenang karena banyak bermain teka-teki silang atau puzzle lainnya.

Itulah tips yang bisa dilakukan setelah pulang bekerja agar lebih bahagia. Semua ini dilakukan agar kita tidak terjebak dalam lingkaran rutinitas yang membosankan. Dengan begitu, kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan siap untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

46 komentar:

  1. Kalo saya mengisi waktu dgn blogging aja deh, itulah me time ala saya.. Jadi saya bisa menikmati waktu utk diri sendiri setelah kelelahan bekerja seharian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti menemukan hal-hal menarik selama melakukan aktivitas blogging ya mbak ^^

      Hapus
  2. Perlu 'pelampiasan' ya mba selepas bekerja, biar work-life balance ceritanya, sekaligus bisa bikin pikiran refresh terus :)

    BalasHapus
  3. Waduh,,, pulang kerja capek lebih cocok memanjakan diri berendam air hangat dan minum jahe ^^ hehehe

    BalasHapus
  4. Intinya sih kita harus punya yang namanya "Me Time" ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Me Time itu wajib jadi bagian hidup kita ^^

      Hapus
  5. wahh itu semua sudah aku lakukan wkwkw

    BalasHapus
  6. Dari semua daftar itu, aku paling susah kalo disuruh olahraga. Huhuhu... Padahal efeknya bagus banget tuh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh...padahal olahraga bikin badan seger lo mbak ^^

      Hapus
  7. Saya malah kebanyakan nonton youtube sekarang, tv sudah terganti, tapi menurut saya sama buruknya. Saya jadi kurang produktif dan sangat menikmati sendiri saja. Untuk saat ini masih berusaha mengimbangi dengan aktifitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... Tapi tetap harus balance lo mbak. Happy life ya ^^

      Hapus
  8. Kalau saya begitu sampai rumah langsung nonton ceramah di youtube. Sambil nunggu maghrib. Baru deh abis isya beraktifitas beresin rumah, masak dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jarang lihat tv atau youtube. Kalo di rumah lebih sering menemani si kecil yang seharian ditinggal kerja

      Hapus
  9. Intinya adalah melakukan hal-hal yang disuka kan, ya, tetapi tetap yang membuat produktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp. Betul sekali mbak. Melakukan hal yang disuka termasuk langkah agar kita tetap produktif ^^

      Hapus
  10. Kalau saya tambah shopping mbak. Tapi cuma liat-liat doang 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong. Kekepin dompet lebih penting #ups hehe

      Hapus
  11. Saya suka nglukis buat ngisi waktu luang mbak, tapi udah setahun ini nggak lagi. Pernah coba nyulam juga sesekali. Lebih banyak tidurnya sekarang karena capek ha3x...

    BalasHapus
  12. Saya suka jalan2 sore Mba, Seger 😁

    BalasHapus
  13. Kalau saya sih bermain sama anak...
    hehehrberr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga untuk membangun kedekatan dengan anak ya

      Hapus
  14. Poin 4 menempati urutan pertama yang saya lakukan. Karena si putih selalu naik di atas pundak ketika memdengar kedatangan motor saya. Dan itu luar biasa bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai hapal suara motor majikan ya mbak ^^

      Hapus
  15. setelah lelah seharian, nampaknya lebih enak jika langsung bercumbu dengan kasur, bantal, dan guling yaa :D

    BalasHapus
  16. Kok gak ada makan ya di daftarnya? Wahhh jangan-jangan aku salah pelampiasan nih selama ini. Haha

    BalasHapus
  17. Lelah dengan aktivitas saatnya luangkan waktu untuk istirahat sejenak hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak. Istirahat dalam arti benar-benar tidak melakukan aktivitas apapun ^^

      Hapus
  18. Sip. Tambah referensi lagi. Makasih, Mbak Nova..

    BalasHapus
  19. Mostly udah lakuin semua wkwkwk

    Tapi lebih prefer ke jalan jalan gmn itu bun? Hahaha

    BalasHapus
  20. "Sementara bagi para remaja yang lebih banyak menghabiskan waktu di Internet, bermain game komputer, bermedia sosial, chatting, video chat, hingga sering menonton TV tidak. Mereka kurang bahagia daripada para remaja yang sebelumnya."

    Adakah jurnal/esai kredibel tentang ini? :"")

    BalasHapus
  21. makasih ya mbak sudah sharinng lengkap banget ini ..

    BalasHapus
  22. Kalo aku, sepulang kerja, bahagia kalo bisa langsung tidur. Hihii

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...