Selasa, 17 Juli 2018

Saat Tubuh Memberi Sinyal Lemah




Well... Tak jarang kita mengabaikan kondisi tubuh karena kesibukan yang tiada henti. Ketika tubuh merasakan sakit, melemah hingga tak lagi bisa beraktivitas dengan normal, kita baru menyadari, bahwa tubuh memberikan sinyal dan 'lampu merah' agar kita lebih memperhatikan kesehatan.


Hal ini juga aku alami. Disaat kondisi tubuh mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa ada yang tidak beres, masih saja abai. Akibatnya, tubuh semakin melemah hingga menunjukkan gejala sakit.


Alasan kesibukan dan padatnya aktivitas menjadi hal yang selalu ada dalam benak, saat aku terlanjur sakit. Padahal sejatinya, semata karena tidak bisa menjaga kesehatan dan membiarkan tubuh terkungkung dalam lemah. 


Tentu saja, hal tersebut tidak akan aku alami bila aku mau memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Sedia payung sebelum hujan

Bukan karena musim hujan, lantas harus ada payung, ya. Tapi seharusnya aku selalu menyediakan obat atau mawas diri saat tubuh menunjukkan gejala akan sakit.

2. Kurang minum air putih

Akhir-akhir ini, aku sadari kurang mengonsumsi air putih, tetapi justru sering minum air berwarna, terutama kopi. Tentu bukan kebiasaan yang baik. 

3. Kurang olahraga

Ya, aktivitas yang satu ini memang sering 'terlewat' dalam daftar aktivitas harian. Padahal olahraga cukup penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

4. Kurang istirahat

Well... Aku pikir-pikir, sepertinya gawai lebih penting daripada beristirahat. Seolah menghipnotis diri untuk selalu 'berdekatan' dengannya. Padahal mata sudah lelah dan jemaripun tiada berdaya. 

5. Kurang memperhatikan skala prioritas

Hidup ini memang pilihan. Kita harus bisa mmemutuskan skala prioritas, termasuk misalnya memilih antara menghabiskan waktu untuk berbelanja atau memberi tubuh beristirahat saat libur akhir pekan, agar esok hari tubuh kembali fit untuk beraktivitas. Sayangnya, aku lebih memilih untuk jalan-jalan, belanja, yang penting bersama keluarga.


Hal-hal di atas tentunya sangat penting untuk kuperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.


Bisa jadi teman-teman juga mengalami hal yang sama. 


Ada yang punya tips lain agar tubuh tetap fit dan bugar? Berbagi ya, di kolom komentar ^^


Salam.





2 komentar:

  1. Salam kenal bloggers, boleh dong kunjungi blog ku https://fulfikablog.wordpress.com/2018/07/26/ternyata-ada-yang-tidak-kita-ketahui-tentang-pt-rapp/ :)

    BalasHapus
  2. Kalau saya sering sakit pinggang mungkin penyebabnya kurang minum air putih dan berolahraga

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...