Kamis, 03 Mei 2018

Kewajiban Memberikan Pendidikan Tanggung Jawab Kita Semua


sumber foto : pixabay.com



Setiap tanggal 2 Mei, kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Seperti yang terjadi kemarin, Selasa, 2 Mei 2018, dilaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, di seluruh wilayah nusantara.


Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya Bab I Pasal 1, disebutkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam Undang-Undang tersebut, juga dijelaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan wajib memegang beberapa prinsip, yakni pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa dengan satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna.

Selain itu, disebutkan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana, dengan kata lain kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari kesadaran setiap elemen masyarakat, untuk turut andil dalam mewujudkan kecerdasan bangsa, dan bukan dilakukan karena keterpaksaan.

Kita juga harus memahami bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu dan mendapatkan kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat.

Usaha mendapatkan dan meningkatkan pendidikan yang layak tersebut hendaknya dilakukan sejak anak memasuki usia dini.  Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. Hal ini jelas bahwa memberikan kebiasaan pada 3 hal tersebut penting bagi peningkatan kecerdasan anak.

Tentunya, kita tidak bisa menyerahkan urusan pendidikan hanya pada para pendidik di lingkungan formal (sekolah) saja. Setiap orangtua juga mempunyai kewajiban memberikan pendidikan dasar pada anak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendampingi dan memberikan pengetahuan dasar pada anak, misalnya dengan mengenal huruf, angka dan sebagainya.

Tidak hanya itu. Peran masyarakat juga sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pendidikan di negara ini. Setiap elemen masyarakat, pemerintah dan pemerintah daerah juga wajib memberikan dukungan, memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.

Adanya penguatan pendidikan juga merupakan respons terhadap pembangunan infrastruktur yang harus dibarengi dengan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap semua program yang dicanangkan pemerintah.

Dengan kualitas pendidikan yang dimiliki, akan tercipta sumber daya yang mumpuni, bisa memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghidupan yang layak, sehingga terwujud masyarakat sejahtera, adil dan makmur.


Selamat Hari Pendidikan Nasional!



Sumber : UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional



8 komentar:

  1. Iya setuju mba, terutama budaya membaca sangat penting ya untuk pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan memberi bacaan yang 'bergizi' tentunya ya mbak ^^

      Hapus
  2. yang paling kita harapkan adalah melalui pendidikan oleh keluarga, masyarakat dan negara anak anak kita bisa menjadi orang-orang shalih/ shliha, taat pada Allah swt sepenuhnya dan bermanfaat bagi masyarakat..ya kan mbak..inilah yang masih sulit saat ini, karena pendidikan Islami tidak sepenuhnya menjadi dasar berpendidikan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dimulai dari lingkungan keluarga dengan memberikan pengetahuan agama yang cukup pada anak ya mbak ^^

      Hapus
  3. Pendidikan tetap utama ya mbak, tp jangan melupakan untuk pendidikan untuk moral, dan atitude juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendidikan moral yang baik tentu akan membentuk akhlak yang baik pula pada anak. Aamiin ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...