Sabtu, 14 April 2018

Griya Langen Guest House, Penginapan Serasa Rumah Sendiri

Griya Langen Guest House, Penginapan Serasa Rumah Sendiri
dok. pribadi


Melakukan perjalanan jarak jauh hingga berhari-berhari, tentu membutuhkan sebuah tempat untuk beristirahat melepas penat. Setidaknya sebuah tempat tidur yang cukup nyaman, agar lelahnya tubuh bisa berkurang untuk menyambut esok hari, sehingga aktivitas yang telah direncanakan bisa berjalan dengan lancar.



Hal ini juga yang menjadi pertimbangan panitia Kopdar One Day One Post (ODOP) beberapa saat lalu, yaitu tanggal 3-4 Maret 2018 di Yogyakarta. Mereka berharap bisa mendapatkan tempat menginap bagi beberapa teman yang datang dari luar Yogyakarta, dengan kondisi penginapan yang nyaman.

Sebuah penginapan yang jaraknya hanya sekitar 0,5 km dari alun-alun kidul Yogyakarta menjadi pilihan panitia. Dengan pertimbangan, agar para peserta ingin menikmati suasana malam hari di alun-alun tersebut, tidak jauh dari tempat menginap. Akhirnya, Griya Langen Guest House menjadi pilihan panitia.

Sebelum melakukan perjalanan untuk menghadiri kopdar tersebut, aku mencoba mencari tahu tentang penginapan Griya Langen ini. Hmm … dari hasil browsing, terlihat bahwa tempat ini homy, ada kesan tradisional dan terasa aroma Jawa yang cukup kental. Menarik, itu kesanku yang pertama. Rasa penasaran makin menjadi dan tak sabar ingin segera ke Yogyakarta, bertemu dengan teman-teman sesama anggota One Day One Post (ODOP), sebuah komunitas menulis yang sejak 2 tahun ini semakin membuatku jatuh cinta. Ehem.

Saat keberangkatan ke Yogyakarta telah tiba. Perjalanan yang cukup menyenangkan, mengingat aku sudah lama tidak naik kereta api. Terakhir, kalau tidak salah tahun 2001 naik kereta api ke Jakarta bersama keluarga. Sudah lama sekali ya. Dan aku memang jarang bepergian jauh dengan moda trasnportasi kereta api.

Oke, kembali tentang perjalanan menuju Yogyakarta. Setelah sampai di Stasiun Tugu, untuk menuju ke Griya Langen Guest House, bisa ditempuh dengan menggunakan ojek online yang semakin menjamur di berbagai tempat.

Aku memilih naik grab car saat itu. Tidak mahal kok tarifnya. Hanya 16 ribu rupiah saja, tariff dari Stasiun Tugu menuju penginapan.

Perjalanan dari Stasiun Tugu menuju Griya Langen Guest House yang beralamat di Jalan Langenastran Kidul No. 28, Kraton, Yogyakarta cukup lancar, meskipun di beberapa ruas jalan agak sedikit macet, karena kebetulan saat itu hari Sabtu, kedatangan kami ke Yogyakarta.

dok. pribadi


Setelah kurang lebih 20 menit, sampailah kami di penginapan. Dan wow … saat memasuki halaman depan, aku sudah merasakan aura nyaman, seolah pulang ke rumah sendiri. Padahal sebelumnya, belum pernah menginap di tempat ini.

Penginapan ini, terdiri dari beberapa bangunan. Ada yang bisa digunakan sebagai tempat menginap bersama, ada juga beberapa kamar yang disewakan tersendiri.

Dok. Pribadi


Dok. Pribadi


Fasilitas yang disediakan di Griya Langen Guest House antara lain dapur bersama, lounge bersama, wifi gratis, kamar mandi pribadi, peralatan mandi gratis, shower atau bathtub, TV layar datar dengan saluran kabel, welcome drink juga teras di setiap kamar. Tersedia juga sarapan dengan menu halal.


Kemudahan akses menuju pusat kota merupakan salah satu hal yang menarik, saat menginap ditempat ini. Bahkan menuju alun-alun Yogyakarta saja, cukup ditempuh dengan berjalan kaki.

Pemilik rumah yang tinggal bersebelahan dengan tempat menginap, juga para staf cukup ramah menyapa para tamu. Nuansa Jawa yang cukup kental terasa pada penginapan ini menjadi daya tarik tersendiri.

Menginap di Griya Langen Guest House merupakan kenyamanan tersendiri. Seperti pulang ke rumah untuk menuntaskan rindu. Tentu tidak menolak bila ada yang menawari menginap ditempat ini lagi.


#onedayonepost
#nonfiksi

4 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...