Selasa, 03 April 2018

3 Alasan Ikut Kelas Nonfiksi ODOP 5



Alhamdulillah. Itu kata pertama yang kusampaikan sebagai salah satu ungkapan rasa syukur. Hingga saat ini, masih diberi kesempatan untuk bisa menulis.

Selain itu, masih bisa merasakan kebersamaan dengan teman-teman yang mempunyai minat dalam menulis, terutama dari komunitas One Day One Post (ODOP), yang sekarang sudah di batch 5.


Beberapa saat lalu, telah diumumkan kelulusan peserta ODOP yang dilanjutkan dengan pembagian kelas lanjutan yaitu kelas fiksi, ninfiksi dan RCO (Reading Challenge ODOP). Khusus untuk kelas RCO boleh diikuti siapa saja. Maksudnya tidak hanya dari ODOP 5 tapi juga dari ODOP 1, 2, 3 dan 4.

Sebelum memutuskan untuk mengikuti salah satu kelas, keraguan sempat menghinggap. Ada juga rasa khawatir, bolehkah diri bergabung dalam salah satu kelas lanjutan, terutama nonfiksi? Alasannya adalah, karena aku bukan termasuk salah satu penanggungjawab (pije) di ODOP 5 ini.

Daripada terus merasa tidak jelas secara status #eh, akhirnya memberanikan diri untuk menghubungi salah satu penanggungjawab. Siapa dia? Ada deh hehe.

Aku bertanya, apakah boleh bergabung di salah kelas lanjutan ODOP 5? Ternyata jawabannya adalah : sangat boleh! Yeeeaaa #jingkrak-jingkrak ^^ Senang sekali mendapat jawaban ini. 

Dan tentu saja aku memilih kelas nonfiksi! Teman-teman mau tahu alasannya? Ini nih 3 alasanku ikut kelas nonfiksi ODOP 5 :

  • Ingin konsisten menulis


Well … Menulis itu terkadang memang tidak mudah. Ada saja penghalangnya. Bila tidak segera diatasi, bisa-bisa jadi malas menulis deh (pengalaman pribadi nih). 


Bergabung bersama dikelas nonfiksi merupakan salah cara agar aku bisa lebih konsisten menulis. Sebab tak jarang, bila kemalasan melanda, maka aktivitas menulis bisa terabaikan. 

Padahal sebetulnya, menulis itu tidak harus banyak mikir lho. Bisa kok dimulai dengan menulis hal-hal yang sederhana, yang kita rasa dan amati, yang ada disekitar kita.

  • Menambah semangat menulis


Bersama komunitas yang didalamnya ada orang-orang dengan minat menulis yang besar, bisa menambah semangat bagiku untuk terus menulis. Meskipun semangat saja tidak cukup, tetapi harus disertai dengan aksi nyata yaitu benar-benar menulis.


  • Lebih mengenal blogger lain


Meskipun sudah bergabung di ODOP 5, bahkan sebelum ada kelas lanjutan, tapi aku masih sebagai pengamat saja. Sangat jarang ikut nimbrung. 

Untuk itulah, ketika ada kesempatan untuk bisa ikut nonfiksi ini, aku merasa senang sekali. Tentu akan bisa lebih mengenal teman-teman dari ODOP 5, juga bisa jalan-jalan atau blogwalking ke blog mereka. 




Nah, itu beberapa alasanku ikut kelas nonfiksi. Ada harap, semoga semakin banyak bertebaran ilmu dari semua peserta (juga para penanggungjawab), juga meningkatkan semangat berbagi manfaat dan kebaikan lewat untaian aksara.



#onedayonepost
#nonfiksi

4 komentar:

  1. Hehe....semangat menulis tiap hari, Mbak. Kalo aku mah tiap hari nulis status FB aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Retno jauh lebih keren lah. Ingin bisa berkarya seperti mbak. Nulis buku, blogger, menang lomba, dan sebagainya.

      Moga menular ke aku deh ^^. Aamiin

      Hapus
  2. Saya terkadang suka maju-mundur setiap ingin ikutan kelas ODOP. Takut enggak bisa konsisten.

    BalasHapus
  3. Dulu juga kelas lanjutan ya mbak Nova ....

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...