Senin, 12 Februari 2018

Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Perjalanan Jarak Jauh

sumber foto : pixabay


Sebetulnya ini bukan pertama kali kami sekeluarga, yaitu saya, ayah dan Rafa melakukan perjalanan jarak jauh. Hanya saja, biasanya kami langsung pulang tanpa menginap.


Kali ini kami harus menginap, tepatnya di daerah Semarang, Jawa Tengah, saat perjalanan pada hari Sabtu, 10 Februari 2018, bersama rombongan dari tempat ayahnya mengajar, yaitu di SMP Negeri 1 Nganjuk, Jawa TImur.

Sebagai ibu yang baik hati #halah, memang sudah tugas dan kewajiban saya untuk menyiapkan segala sesuatu sebelum bepergian. Suami dan anak tahu beres saja semuanya hehe.

Hanya saja terkadang saya minta pendapat dari suami dan menanyakan beberapa hal, misalnya, mau menginap dimana, berapa hari, mau dibawain baju berapa stel, barang ini mau dibawa atau tidak, dan hal-hal yang (mungkin) saja remeh.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat akan melakukan perjalanan jarak jauh ala saya :

Tas

Karena kami pergi bertiga, maka tas yang diperlukan adalah
  • tas besar sebagai tempat baju, pakaian dalam dan sebagainya
  • tas selempang untuk ayah
  • tas santai untuk bunda
  • tas kresek untuk tempat baju kotor

Jumlah dan jenis baju

Harus ada informasi yang jelas, berapa hari kita akan melakukan perjalanan, akan ada acara apa saja, apa ada acara resmi, bahkan pertanyaan seperti, termasuk apakah ada fasilitas kolam renang di tempat kita menginap? Secara anak saya bersemangat sekali melakukan perjalanan kali ini, setelah ada info dari ayahnya bahwa hotel tempat menginap ada fasilitas kolam renang. Begitulah. Harus ada baju ekstra untuk berenang, bukan?

Peralatan mandi

Meskipun di tempat menginap telah disediakan peralatan mandi, tetapi saya menyiapkan juga. Setidaknya 1 handuk kecil, sikat dan pasta gigi, sabun cuci muka dan sabun cair.

Sepatu, sandal dan kaos kaki

Selain sepatu kets untuk kami, saya siapkan juga sandal jepit dan kaos kaki. Sepatu yang dibawa berbahan plastik atau kain dan enteng buat jalan.

Bantal leher

Bantal leher perlu dibawa untuk membuat istirahat terasa lebih nyaman. Selain itu, juga bisa mengurangi sakit pada leher akibat posisi tidur yang tidak nyaman, selama berada dalam kendaraan.

Camilan

Meskipun bukan penggemar berat ngemil, tapi camilan harus tetap ada. Termasuk juga susu kemasan buat si kecil. Tidak perlu banyak. Secukupnya saja. Sebab biasanya hawa AC kendaraan membuat keinginan untuk tidur cukup besar, sehingga waktu untuk ngemil jadi berkurang.

Air putih dalam kemasan

Air putih penting banget lho. Meskipun berada di ruang ber-AC, minum air putih itu tetap wajib, agar tidak terkena dehidrasi.

Charger atau power bank

Benda-benda ini harus dibawa. Bila ketinggalan atau kelupaan, bisa mati gaya kita! Ya nggak? Ngaku aja deh! Namanya juga orang zaman now. Lebih baik terlambat selfi daripada nggak bisa sama sekali. Hahaha.


Peralatan make up
Ya kali, mau dandan. Bukan begitu juga kok. Bawa peralatan make up secukupnya saja, misalnya pelembab, alas bedak, bedak padat, lipgloss, lipstick, pensil alis, pensil mata, deodorant, juga handbody. Syukur-syukur yang dibawa adalah kemasan praktis yang bisa dibeli di toko-toko atau minimarket.

Topi dan kacamata

2 hal penting agar kulit terhibdar dari sengatan matahari secara langsung. Bukan untuk gaya-gayaan aja lho.


Nah, itulah beberapa hal yang wajib dibawa saat kita eh saya bila sedang bepergian. Kalau teman-teman, apa saja barang yang perlu disiapkan saat akan melakukan perjalanan? Boleh deh ditulis di kolom komentar.


#30harimenulis
#hari28
#onedayonepost







26 komentar:

  1. Camilan, power bank adalah 2 hal yg nggak boleh ketinggalan. Bener kata mba, bisa mati gaya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos deh kita. Mati gaya tanpa power bank dan charger, nggak banget hehe

      Hapus
  2. kalau aku ga pernah bawa power bank kemana-mana tapi selalu ga ketinggalan yang namanya cemilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting camilan wajib kebawa. Buat ganjel perut hehe

      Hapus
  3. Biasanya kalau bepergian jauh, anak-anak minta bawa mainan atau buku.
    Biar ga bosan, katanya.
    Saya selalu membiarkan anak-anak packing bawaannya sendiri. Nanti pas mereka tidur, saya cek lagi, dan mungkin saya sortir yang ga perlu-perlu...hihiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren dong anak-anak mbak Lendy sudah bisa packing sendiri. Meski harus ada yang dieksekusi ya ^^

      Hapus
  4. Duhhh itu hobi saya melakukan perjalanan jauhhh tapi yang penting mah powerbank ya bawa yg banyak hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya biar nggak mati gaya ya mbak hehe

      Hapus
  5. Kalau ane kurang satu, tas oleh oleh. Yg agak kedean biar muat banyak

    BalasHapus
  6. Powerbank sama kamera, gak rela ngelewatin moment berlalu begitu saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul nih. Sayang kalo ada momen bahagia dilewatkan gitu aja ^^

      Hapus
  7. tambahan : kalau bawa batita jangan lupa siapkan carseat, supaya lebih aman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya. Betul. Carseat. Tapi kayaknya nggak bawa baby or nggak usah ikut. Kasihan si kecil.

      Hapus
  8. Apalagi poweerbank ga boleh ketinggalan banget pas perjalanan jauh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Powerbank harus sedia,jaga-jaga kalo batre ngedrop, bisa-bisa melewatkan banyak momen indah yang bisa diabadikan ya mbak ^^

      Hapus
  9. klo aku sih yg gak boleh lupa peralatan P3K mbak
    mana tau kan, terjadi hal-hal yg urgent, biar bisa cepat tertangani :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu penting dong obat-obatan. Boleh dimasukin list. Thx udah diingatkan ^^

      Hapus
  10. Air putih penting, Mbak. Supaya tetap sehat selama perjalanan. Selain itu buku dan mainan supaya ga bosen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga selalu sedia air putih kemana-mana.

      Hapus
  11. Pernah naik pesawat tapi lupa bawa bantal leher, huhu.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti pegel ya mbak, lehernya. Aku juga susah kalo bantal leher sampai ketinggalan

      Hapus
  12. Kalau bawa anak2 cemilannya kudu dibanyakin :D
    Plus bawa mainan2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Camilan dan mainan wajib dibawa ya mbak hehe

      Hapus
  13. Huhuhu..kapan yaa bisa jalan jauh berempat sama krucil. Belum sempat juga nih. Padahal pengen :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu saat bisa melakukan perjalanan yang menyenangkan bersama anak-anak ya mbak ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...