Senin, 11 Desember 2017

Resolusi 2018 : Semakin Produktif Meraih Mimpi


Penghujung 2017 telah di depan mata. Banyak hal yang telah dilalui sepanjang tahun. Banyak harapan yang bisa kita capai, bahkan melebihi yang diinginkan. Namun tidak sedikit pengorbanan yang harus dilakukan demi meraih cita.


Hal ini juga saya alami. Siapa sangka, di sepanjang tahun 2017, banyak hal yang terjadi dalam hdidup saya, terutama yang berkaitan dengan menulis. Ada harapan-harapan yang bisa tercapai, tetapi tidak sedikit kegagalan menyertai. Namun semua itu semakin membuat diri ini yakin, bahwa aktivitas menulis bukanlah sekadar menulis. Tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan, menjadi sebuah bagian yang terpisahkan dalam hidup.

Sepanjang tahun 2017, banyak hal yang bisa saya lakukan berkaitan dengan aktivitas menulis antara lain :

1.    Saya lebih produktif menulis

Produktif menulis memang harus dilakukan, agar aktivitas ini bisa menunjang untuk meraih cita menjadi seorang penulis yang banyak menghasilkan karya.

2.    Semakin banyak tawaran pekerjaan yang berkaitan dengan menulis, misalnya job review maupun placement

Semakin banyak menulis, baik itu di blog pribadi maupun di akun media sosial, semakin banyak kesempatan bagi saya dilirik pihak-pihak yang mau bekerjasama untuk mempromosikan produk mereka.

3.    Memiliki kesempatan untuk menyiapkan buku solo

Meskipun target tahun ini untuk bisa menerbitkan buku solo belum berhasil, tetapi saya yakin kesempatan itu pasti datang. Alhamdulillah akhirnya draft naskah buku solo bisa terselesaikan dan telah memasuki proses editing.

4.    Bisa menerbitkan beberapa buku antologi

Meskipun buku solo belum berhasil terbit di tahun 2017 ini, ada beberapa buku antologi yang saya tulis bersama teman-teman yang telah terbit.



Seperti yang telah saya sebutkan di atas, apapun yang kita lakukan demi meraih sebuah impian, tentu memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Baik dari segi waktu, fisik maupun kesehatan. Seringkali saya alami,  hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran aktivitas yaitu :

1.    Kurangnya manajemen waktu yang baik

Pengaturan waktu yang baik dalam aktivitas keseharian mutlak diperlukan bagi siapun. Sayangnya saya masih belum pandai mengatur waktu, sehingga banyak hal  penting seringkali terabaikan.

2.    Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Minum kopi adalah salah satu kebiasaan yang saya anggap bisa membantu terjaga untuk bisa menyelesaikan tulisan. Banyaknya kafein yang masuk dalam tubuh, terkadang membuat tubuh saya bereaksi, misalnya perut menjadi kembung dan jantung sering berdetak lebih kencang.

3.    Terlalu banyak duduk

Keasyikan menulis seringkali membuat saya lupa untuk beralih dari tempat duduk hingga lebih dari 1 jam. Hal ini tentu kurang baik untuk dilakukan. Akibatnya, keluhan pinggang yang sakit atau kaki yang terasa pegal karena terlalu lama berada dalam posisi yang menggantung, sering saya alami.

4.    Kurang gerak/olahraga

Berolahraga sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Suatu hal yang akhir-akhir ini sering saya lewatkan dalam aktivitas keseharian.

5.    Sering begadang

Begadang memang identik dengan aktivitas menulis. Hal ini juga sering saya lakukan. Akibatnya, waktu bagi tubuh untuk beristirahat menjadi kurang, kelelahan pun sering menghinggap.

6.    Kurang mengonsumsi air putih

Salah satu fungsi mengonsumsi air putih adalah untuk membersihkan racun dalam tubuh dan melancarkan pencernaan. Hal yang seringkali saya abaikan.

7.    Kurang memperhatikan pola makan

Terkadang, karena terlalu memikirkan tulisan, saya kurang memerhatikan pola makan. Asupan gizi pun kurang diperhatikan. Pola makan juga menjadi tidak teratur.


Beberapa hal di atas, sering saya biarkan, maka tentu saja akan menghambat kelancaran aktivitas keseharian. Termasuk dalam hal menulis. Bagaimana saya bisa meraih impian untuk bisa menjadi penulis yang produktif dengan menghasilkan banyak karya, bila tidak bisa memerhatikan kondisi kesehatan tubuh dan menjaga pola hidup sehat? Tubuhpun melancarkan aksi protes dengan menunjukkan sinyal-sinyal melemah. Sayapun jadi sakit.


Benakpun berpikir, kalau sakit jangan lama-lama karena bisa mengganggu segala aktivitas, akhirnya saya pun browsing tentang vitamin yang bagus untuk masa pemulihan, juga vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.




Pilihan saya jatuh pada Theragran-M. Tak ingin berlama ragu mengambil keputusan, saya segera meluncur ke apotik terdekat dan membeli vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan ini.


Saya pikir, harus beli di apotik tertentu untuk mendapatkannya. Ternyata dugaan tersebut keliru. Theragran-M bisa didapatkan di apotik atau toko obat mana saja. Harganya juga terjangkau. Kurang dari 20 ribu rupiah.


Dalam Theragran-M mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan keduanya dalam komposisi yang pas. Adapun kandungan vitamin dalam setiap tabletnya yaitu :
-    Vitamin A (Retinol Acetate)
-    Vitamin B1 (Thiamine Mononitrate
-    Vitamin B2 (Riboflavin)
-    Vitamin B3 (Nicotinamide)
-    Vitamin B5 (Calcium Panthotenate)
-    Vitamin B6 (Pyridoxine Hydrochloride)
-    Vitamin B12 (Cyanocobalamin)
-    Vitamin C (Sodium Ascorbate)
-    Vitamin D3 (Cholecalciferol)
-    Vitamin E (dl-Alpha Tocopheryl Acetate)

Sedangkan untuk kandungan mineral dalam setiap tabletnya mengandung komposisi :
-    Iodium (Potassium Iodide)
-    Besi (Ferrous Fumarate)
-    Tembaga II (Copper Sulfate)
-    Mangan II (Manganase Sulfate)
-    Magnesium (Magnesium Carbonate)
-    Zinc (Zinc Sulfate)


Kemasan Theragran-M juga praktis, terdiri dari 4 strip, dan cukup diminum 1 tablet saja sehari sewaktu/setelah makan.


Sayapun tidak ragu untuk mengonsumsi Theragran-M, agar kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit terpenuhi. Dengan kondisi tubuh yang sehat, dalam kondisi fit, maka aktivitas harian menjadi lancar, dan produktivitas semakin meningkat. Saya menjadi lebih siap menyambut tahun 2018 dengan resolusi : semakin produktif meraih mimpi.




Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

77 komentar:

  1. Asiik postingannya buat lomba blog juga. Tapi kayaknya di Malaysia susah cari vitamin itu mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ditempatku mudah mendapatkan Theragran. Sungguh awalnya kupikir harus di apotik tertentu. Ternyata di apotik dekat rumah ada hehe

      Hapus
  2. Hebat ya, untuk lomba blog, semoga menang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih untuk supportnya mas Akbar. Semangat ngeblog juga ya buat mas ^^

      Hapus
  3. mantap, kemarin sempat terpikir mau ikutan lomba blog ini. Tapi....
    heheh,,
    Smga mb nova juara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa nggak ikutan? Paling lambat postingan tanggal 15 Desember ini kok ^^

      Hapus
  4. Bismillah semoga semakin produktif dan bermanfaat ya Mba. Aku juga sedang berusaha bersemangat ria :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak Nyi. Semangat untuk selalu produktif ya ^^

      Hapus
  5. Beebagi, menginspirasi lewat tulisan di buku. Nanti ada giveaway ya. Pengen baca buku nya

    BalasHapus
  6. Jaga kesehatan mba, itu penting. Enaknya kalau nulis minum kopi. Tapi jangan banyak banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya memang ada yang kurang ya kalo nulis nggak diselingi ngopi hehe

      Hapus
  7. Semoga menang ya mbak. Tetap produktif dan kesehatan terjaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih supportnya mbak Kiky. Semoga mbak juga tetap produktif menulis dan terjaga kesehatannya ya ^^

      Hapus
  8. Hmmmm semakin banyak keinginan semakin banyak tujuan yang ingin dicapai..dan pastinya harus diimbangi dengan kesehatan yang prima....semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga buat mbak Nining. Semoga makin produktif menulis ^^

      Hapus
  9. wah keren nih, satu tulisan untuk dua tujuan...Sehat terus ya mbaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat sehat juga untuk mbak Andin yaa ^^

      Hapus
  10. Kereeen mau seperti mbk Nova.
    Vitamin memang dibutuhkan, apalagi saat tubuh sedang drop yang diakibatkan pergantian cuaca, kurangnya time manangement, pola makan maupun pola hidup.
    Hmmm baru dengar nama vitamin itu.


    Sukses untuk tulisannya, menang lomba blog lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaga kondisi kesehatan itu harus ya mbak. Biar lancar semua aktivitas. Sukses juga untuk mbak ^^

      Hapus
  11. Waah, saya termasuk yang paling sulit menambah stamina dengan mengkonsumsi vitamin. Pikiran saya tetap berpikiran, itu adalah obat, yang pahit dan tidak enak. Hahahah. Akhirnya saya lebih suka mengkonsumsi raw food, juice, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

    BalasHapus
  12. Mba penulis yahh.. semoga di tahum 2018 keinginan publish buku pribadinya terwujud ya mba. Amin. Jaga kesehatan dengan Theragram-M as always

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Terima kasih supportnya mbak Asti. Salam sehat selalu untuk mbak ^^

      Hapus
  13. Saya lagi minum Theragran ini, Mbak.

    Semoga resolusinya tercapai dan sehat terus ya Mbak Nova :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... Siip deh mbak Mugniar. Semoga resolusi mbak tahun depan juga tercapai ya ^^

      Hapus
  14. Semoga semakin poduktif ya mbaa, sehat selalu,karena dengan sehat semua impian bisa diraih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak Hanie, kalau tubuh kita sehat, produktivitas akan lancar, impian pun lebih mudah dicapai ^^

      Hapus
  15. Mbak Nova memang jawara buat artikel,isinya komplit dan bermanfaat,semoga bisa menularkan ilmunya dan belajar lebih banyak dari Mba,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain. Yuk semangat berbagi ya mbak Atin ^^

      Hapus
  16. Baru dengar nama vitamin tersebut . Hehe tapi tipsnya patut dicoba. Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tipsnya bermanfaat ya mbak Zila. Salam sehat ^^

      Hapus
    2. Salam sehat diterima dengan ekspresi kekaguman
      Selamat kaka

      Hapus
  17. Yang kurang mengonsumsi air putih kok mirip aku mbak wkwk, terimakasih sudan diingatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan kurang bagus lho mbak Setya. Yuk kita biasakan banyak mengonsumsi air putih :D

      Hapus
  18. Semoga tercapai resolusinya ya. Amin...
    Buat buku memang jadi impian para penulis ya. Apalagi kalau tembus penerbit mayor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih juga untuk supportnya ya mbak Okti ^^

      Hapus
  19. Baca ini,jadi inget target menulis..., sehat terus mbak....

    BalasHapus
  20. Semangat dengan project buku solo yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih supportnya mbak Helena. Doian lancar ya :D

      Hapus
    2. Aamiin.
      Aku dari tahun lalu buat resolusi mengurangi begadang, tetap aja begini :p

      Hapus
    3. Resolusi sehatnya dikencengin mbak Helena :D

      Hapus
  21. Semoga semua impiannya tercapai ya mbak :D
    Terutama yang soal kesehatan tu, soalnya badan pun punya haknya. Kalau sehat insyaAllah produktivitas pun makin lancar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Doa yang sama untuk mbak April. Benar mbak, kalau badan sehat, InsyaAllah aktivitas dan produktivitas lancar :)

      Hapus
  22. manajemen waktu dan terlalu banyak kafein, akupun merasakannyaa, Mbak

    bdw, semoga resolusinya tercaoai ya Mbak'

    aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manajemen waktuku masih payah mbak Witri. Sukses juga untuk mbak ya ^^

      Hapus
  23. banyak begadang, ngopi, kurang olahraga nah ini harus dibuang jauh2 atau di menejemen lagi gaya hidupnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Milda. Resolusi sehatku di tahun 2018 adalah mengurangi itu semua. Doain berhasil ya ^^

      Hapus
  24. Tiba tiba jadi keingat sendiri yang terkadang cuma dua gelas sehari minum air efek sering ke kamar mandi :D, padahal gk baik kekurangan air -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehari semalam cuma 2 gelas? Kurang banget dong mbak. Yuk, kita biasakan banyak-banyak mengonsumsi air putih ^^

      Hapus
  25. Sinyal yang sudah dikeluarkan oleh tubuh memang tidak boleh diabaikan.
    Semoga pola hidup sehat yang kita jalani saat ini berbuah manis di kemudian hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Aku juga pingin berpola hidup sehat mbak Lendy. Semoga keinginanku itu bisa berjalan sukses di tahun depan dan seterusnya ^^

      Hapus
  26. Kurang gerak, sering begadang tuh aku banget. Jadi tau theragran-m setelah baca ini, mengandung banyak vitamin juga layak dibeli nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga setelah ini nggak mager dan banyak begadang ya mbak Indira. Salam sehat selalu ^^

      Hapus
  27. menerbitkan buku dan semakin produktif menulis, saya juga berharap bisa semakin produktif menulis, at least update blog sendiri.

    Semangat Mbak, semoga resolusinya bisa terwujud dan barakallha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ririe ... yuk rajin posting di blog. Semangat berbagi pada sesama meski lewat tulisan.

      Aamiin. Terima kasih doa dan supportnya ya ^^

      Hapus
  28. Aku belum punya buku solo nih, mba. Ngga kelar2 nulisnya. Semoga ngga berujung jadi menyerah sih, masih pengen usaha biar bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum punya buku solo, mbak Anggi. Semangat ya. Semoga buku kita segera kelar dan terbit. Aamiin ^^

      Hapus
  29. semoga semua keinginannya terwujud ya mba, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Inna. Semoga doa mbak juga terkabul ya. Aamiin ^^

      Hapus
  30. Sukses dengan resolusi 2018 nya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses juga untuk mbak Juliastri dengan semua harapan di tahun depan. Semangat ^^

      Hapus
  31. Semangaatt mbaa.. Semoga resolusinya tercapai semuaa yaa... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Semoga resolusi mbak Nissa juga tercapai ya ^^

      Hapus
  32. Ah, aku kepingin juga bisa menerbitkan buku. Semoga bisa seperti dirimu ya mbak.Salam kenal dari Palembang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk semangat untuk bisa menerbitkan buku solo ya mbak Nina. Salam kenal juga ^^

      Hapus
  33. Semoga sehat selalu sehingga resolusinya tercapai ya ...Aamiin:)
    Semangat Mbak Nova ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Demikian juga untuk mbak Dian. Semoga resolusinya mbak Dian juga tercapai ^^

      Hapus
  34. wahh nerbitin buku juga resolusi ku dari beberapa tahun lalu.. hha tapi belum juga kesamapaian. semoga resolusi mba tahun depan tercapai ya. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga mbak Rizka juga segera menerbitkan buku ya. Salam kenal kembali ^^

      Hapus
  35. kalo udah sakit, semua pasti berantakan ya... solusinya menjaga kesehatan. salah satunya mengkonsumsi multivitamin utk daya tahan tubuh kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjaga tubuh tetap fit penting ya mbak Sinta, agar aktivitas tetap lancar ^^

      Hapus
  36. Ditunggu bukunya mbak. Semoga 2018 makin produktif yaa. Mampir blogku jg yuk 😁

    BalasHapus
  37. makan tratur dan makan makanan bergizi kunci biar trus bisa hidup sehat ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Desi. Semoga sehat terus ya ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...