Sebuah diskusi di kelas non fiksi #OneDayOnePost kemarin mengangkat tema tentang, kenapa kita harus blogwalking. Beragam respon dari teman-teman peserta ODOP Batch 4 berdatangan. Diskusi menjadi seru.

Sebelum membahas tentang blogwalking, yuk kita ketahui dulu, apa sih sebenarnya blogwalking.


Blogwalking adalah sebuah kegiatan mengunjungi blog-blog lain, lalu meninggalkan jejak disetiap blog yang dikunjungi. Anda dapat meninggalkan jejak dengan cara mengomentari blog tersebut maupun komentar di buku tamu yang disediakan oleh blog tersebut (sumber : google).


Kembali pada diskusi kelas non fiksi dengan tema manfaat dari blogwalking. Menurut bebeapa teman yang ada di kelas tersbut, manfaat dari blogwalking adalah :

1.    Menambah kosakata

Dengan sering melakukan blogwalking, maka perbendaharaan kata dalam tulisan kita akan semakin bertambah, dan tulisan akan semakin menarik untuk dibaca.

2.    Menambah inspirasi atau ide untuk membuat tulisan

Banyak postingan dari blog lain yang bisa kita jadikan ide tulisan yang akan kita buat. Hal ini tentu saja bisa juga kita dapatkan bila rajin blogwalking. Semakin banyak ide yang kita dapatkan, peluang untuk membuat postingan di blog akan semakin besar.

3.     Meningkatkan traffic blog

Traffic blog kita akan meningkat bila kita sering blogwalking. Traffic yang tinggi tentu akan memberi peluang baik bagi blog, termasuk untuk dioptimasi.

4.    Agar ada kunjungan balik ke blog kita

Semakin sering kita berkunjung dan memberi url blog saat blogwalking, maka peluang kunjungan balik ke blog semakin tinggi.

5.    Mengetahui ciri khas dan bentuk tulisan dari seorang penulis

Dengan blogwalking, maka kita akan sering membaca dan semakin mengetahui karakteristik tulisan dari seorang blogger. Adanya kecocokan dan ketertarikan akan karakteristik tulisan seorang blogger, bisa memberi peluang kita menjadi pengikut blog tersebut, bahkan bisa saling follow antar blogger.

6.    Berpeluang meningkatkan DA dan PA

DA (domain authority) atau otoritas domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata sebuah mesin pencarian (google, bing, yahoo dan lain-lain). Domain Authority bisa didasarkan atas 3 faktor yaitu umur domain, popularitas dan ukuran. Dengan memiliki 3 faktor tersebut, maka web/blog akan mudah mendapatkan peringkat yang tinggi pada hasil pencarian.

PA (Page Authority) atau otoritas halaman menggambarkan popularitas halaman tertentu dari situs/blog yang ditemukan mesin pencari. Page Authority yang tinggi menggambarkan kemungkinan besar halaman situs/blog muncul di search engine.
Tingginya nilai DA dan PA bisa memberi peluang bagi blogger untuk mendapatkan job review lebih banyak. Tentu menyenangkan, bukan?

7.    Silaturahmi dengan pemilik blog menjadi lebih dekat.

Alasannya adalah, dengan adanya komentar kita pada blog orang lain, maka akan membuat pemilik blog melihat dan mengunjungi blog kita, lalu dia pun mengenal blog kita. Dari sanalah terjadi interaksi yang tentu akan mempererat silaturahmi kita dengan pemilik blog.

8.    Reputasi blog meningkat

Semakin banyak kita melakukan blogwalking, maka otomatis banyak link blog kita di setiap blog yang kita kunjungi. Hal ini akan membuat blogger atau pembaca semakin mengetahui keberadaan blog kita. Semakin banyak yang tahu, maka reputasi blog kita akan semakin meningkat.



Kegiatan blogwalking seharusnya tidak hanya sekadar berkunjung ke blog orang lain. Harus saling menguntungkan antara si pengunjung dan pemilik blog. Terutama bagi si pengunjung, agar bisa mendapatkan hal-hal yang bermanfaat dari blog yang dikunjungi.


Nah, Anda siap untuk blogwalking sekarang?