Selasa, 19 Desember 2017

Kenapa Harus Blogwalking




Sebuah diskusi di kelas non fiksi #OneDayOnePost kemarin mengangkat tema tentang, kenapa kita harus blogwalking. Beragam respon dari teman-teman peserta ODOP Batch 4 berdatangan. Diskusi menjadi seru.

Sebelum membahas tentang blogwalking, yuk kita ketahui dulu, apa sih sebenarnya blogwalking.


Blogwalking adalah sebuah kegiatan mengunjungi blog-blog lain, lalu meninggalkan jejak disetiap blog yang dikunjungi. Anda dapat meninggalkan jejak dengan cara mengomentari blog tersebut maupun komentar di buku tamu yang disediakan oleh blog tersebut (sumber : google).


Kembali pada diskusi kelas non fiksi dengan tema manfaat dari blogwalking. Menurut bebeapa teman yang ada di kelas tersbut, manfaat dari blogwalking adalah :

1.    Menambah kosakata

Dengan sering melakukan blogwalking, maka perbendaharaan kata dalam tulisan kita akan semakin bertambah, dan tulisan akan semakin menarik untuk dibaca.

2.    Menambah inspirasi atau ide untuk membuat tulisan

Banyak postingan dari blog lain yang bisa kita jadikan ide tulisan yang akan kita buat. Hal ini tentu saja bisa juga kita dapatkan bila rajin blogwalking. Semakin banyak ide yang kita dapatkan, peluang untuk membuat postingan di blog akan semakin besar.

3.     Meningkatkan traffic blog

Traffic blog kita akan meningkat bila kita sering blogwalking. Traffic yang tinggi tentu akan memberi peluang baik bagi blog, termasuk untuk dioptimasi.

4.    Agar ada kunjungan balik ke blog kita

Semakin sering kita berkunjung dan memberi url blog saat blogwalking, maka peluang kunjungan balik ke blog semakin tinggi.

5.    Mengetahui ciri khas dan bentuk tulisan dari seorang penulis

Dengan blogwalking, maka kita akan sering membaca dan semakin mengetahui karakteristik tulisan dari seorang blogger. Adanya kecocokan dan ketertarikan akan karakteristik tulisan seorang blogger, bisa memberi peluang kita menjadi pengikut blog tersebut, bahkan bisa saling follow antar blogger.

6.    Berpeluang meningkatkan DA dan PA

DA (domain authority) atau otoritas domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata sebuah mesin pencarian (google, bing, yahoo dan lain-lain). Domain Authority bisa didasarkan atas 3 faktor yaitu umur domain, popularitas dan ukuran. Dengan memiliki 3 faktor tersebut, maka web/blog akan mudah mendapatkan peringkat yang tinggi pada hasil pencarian.

PA (Page Authority) atau otoritas halaman menggambarkan popularitas halaman tertentu dari situs/blog yang ditemukan mesin pencari. Page Authority yang tinggi menggambarkan kemungkinan besar halaman situs/blog muncul di search engine.
Tingginya nilai DA dan PA bisa memberi peluang bagi blogger untuk mendapatkan job review lebih banyak. Tentu menyenangkan, bukan?

7.    Silaturahmi dengan pemilik blog menjadi lebih dekat.

Alasannya adalah, dengan adanya komentar kita pada blog orang lain, maka akan membuat pemilik blog melihat dan mengunjungi blog kita, lalu dia pun mengenal blog kita. Dari sanalah terjadi interaksi yang tentu akan mempererat silaturahmi kita dengan pemilik blog.

8.    Reputasi blog meningkat

Semakin banyak kita melakukan blogwalking, maka otomatis banyak link blog kita di setiap blog yang kita kunjungi. Hal ini akan membuat blogger atau pembaca semakin mengetahui keberadaan blog kita. Semakin banyak yang tahu, maka reputasi blog kita akan semakin meningkat.



Kegiatan blogwalking seharusnya tidak hanya sekadar berkunjung ke blog orang lain. Harus saling menguntungkan antara si pengunjung dan pemilik blog. Terutama bagi si pengunjung, agar bisa mendapatkan hal-hal yang bermanfaat dari blog yang dikunjungi.


Nah, Anda siap untuk blogwalking sekarang?

45 komentar:

  1. Saya kemarin ketinggalan diskusinya. Jadi makin ngerti pentingnya BW 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. .. Semoga bermanfaat ya mbak ^^

      Hapus
    2. Alhamdulillah siap. Apalagi kalo lagi gak ada ide. Refreshing dulu dengan Blogwalking.

      Hapus
    3. Mantap mbak Arin... Tetap semangat ya ^^

      Hapus
  2. Bw memang terbukti ampuh meningkatkan DA dan PA, Saat rajin BW DA PA meningkat drastis dari 14 melonjak ke 21,tapi saat malas BW, DA lgsung turun lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak. Dan aku pernah mengalami itu. Hiks :(

      Hapus
  3. Aku rajin blogwalking nih hehehe. Seneng aja sih kalau ketemu blog yang cantik banget. Dan yes, banyak yang menginspirasi buat postingan selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... Blogwalkingnya bermanfaat banget dong buat mbak Ratri ^^

      Hapus
  4. Dulu pertama kali ngeblog aku bisa 100 blog sehari, dengan buat list2 di blog roll. Setelah kerja di DeWa SEO jadi tau ohh ternyata BW tuh penting banget dan ga sadar kalo itu adalah SEO juga alias naro backlink hahhaa.

    Yang utama BW buatku adalah jadi lebih dekat dengan yg mpunya blog dan ada chemistrynya eeaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 blog per hari? Uwooowww ... Keren banget. Aku baru 20-an aja udah menggos2. Semoga aku bisa ningkatin angka BW ku deh ^^

      Hapus
  5. Buat yang di Blog nya blm ada option name/url segera diinfokan supaya baiknya ada pilihan nama/url di kolom komentar. Kan biar sama2 menguntungkan kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Okti. Biar sama-sama untung dan saling membantu meningkatkan DA PA

      Hapus
  6. Itu bagian meningkatkan traffic blognya sampai digedein dan ditebelin hahahaha.. tapi kalau saya sih lebih ke meningkatkan DA/PA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Secara itu tadi posting dari hape dan kegedean jari, jadi salah pencet, jadinya gitu deh. Ntar kubenerin (kalo nggak lupa) :D

      Hapus
  7. Wah, iya ya betul. Bw penting juga. Tapi saya pernah baca tentang waktu bw yang tidak boleh sebentar. Katanya kalau bw hanya beberapa detik jadi berpengaruh ke da atau pa ya, lupa lagi. Jadi harus benar-benar baca seluruh artikelnya Dan komen yang sesuai dengan artikel. Ada kode etik bw gitu katanya. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku, kalau BW memang sebaiknya memberikan komentar yang relevan dengan isi artikel, mbak Sinta ^^

      Hapus
    2. Iya, tapi saya pernah lihat blog-blog yang di commentnya banyak yang nulis "done" aja. Wkwkwk. Asli, itu nyebelin banget kayaknya.

      Hapus
    3. Iya sih. Kalau cuma komentar pendek gitu memang bikin bete :(

      Hapus
  8. Saya suka blogwalking hehe.
    Ada beberapa teman yang kurang suka BW karena kalau sesama bloger katanya gak bakalan baca postingan seutuhnya, jd percuma saja, kalau saya itu bukan masalah. Saya tetap berusaha meningkatkan sisi SEO-nya buat menjaring pembaca biasa, tapi saya juga berusaha meningkatkan interaksi dari komen2 di blog. Trus cara supaya teman blogger yg berkunjung gak langsung cepet nutup dan ninggal komen (saat gak baca postingan :P) saya selalu berusaha menulis di atas 1000 kata hehehe :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Aku masih belum bisa menuju 1000 kata. Hiks.
      Terima kasih tipsnya mbak April ^^

      Hapus
  9. saya setuju banget semua poinnya, tapi ada beberapa yg kena bangett di saya, seringnya dapat kosakata baru dan dapat ide dari tulisan orang didapat dari BW.. AH, senang BW itu kalo banyak dapat wawasan baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bila postingan ini bermanfaat bagi mbak Latifika. Seneng deh aku ^^

      Hapus
  10. Siaaap, hehehe. Aku bewe kalau senggang. Klo sibuk sekali ya gk bisa bewe deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti lagi senggang nih karena bisa BW ke blog aku hehe. Makasih ya ^^

      Hapus
  11. udah beberapa minggu ga nulis dan ga BW nih jadi kangen menebarkan silaturahmi ke blog teman2 hehehe kalau aku BW karena pertama aku suka tulisannya kedua kunbal udah deh selebihnya bonus mba buat aku kalau ningkat DA/PA atau yang lain2 hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku termasuk yang mana nih? Berharap sih mbak Herva suka tulisanku #ngarep.com
      Hehe

      Hapus
  12. Masih pr banget buatku untuk rajin bw nih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo peer harus dikerjakan lho mbak Dita #wgwgwgwg

      Hapus
  13. Aku selalu usahakan untuk BW. Biasanya yang ku bw pertama kali itu adalah teman2 yang sudah meninggalkan komentar di blogku, aku bw balik. Setelah itu baru bw ke blog teman2 yg lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aku juga bisa konsisten seperti mbak, untuk BW ^^

      Hapus
  14. satu lagi manfaat BW mbak, kadang pemilik blog mengadakan giveaway... jadi sekalian ikut giveawaynya deh. Kalau rejeki pasti dapet hadiah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul ini. Siapa tahu ikut giveaway dapat hadiah ya mbak Retno. Aseekk ^^

      Hapus
  15. kalo ada waktu senggang pasti saya sempatkan untuk blog walking.. ini buktinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. .. Aku dapat kesempatan blogku di-BW hehe

      Hapus
  16. Manfaat blogwalking yang ku suka itu nambah jaringan pertemananan. Kalau soal reputasi blog dll, menurutku itu bonus aja sih, aku gak terlalu mentingin itu sekarang. Cuma sekarang mulai jarang BW, masih sibuk sama bayi, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beruntung nih blogku dikunjungi mbak Meriska ^^
      Sun sayang buat dede bayinya ^^

      Hapus
  17. kalo saya suka blog walking misal lagi pening cari inspirasi dan lagi kudep info terbaru hehe

    BalasHapus
  18. Lama gak bw kemari. Makin keren aja mbak nov...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Wakhid juga makin keren. Maaf, justru aku yangjarang BW ke blognya mas. Tetap konsisten ya mas. Siip ^^

      Hapus
  19. Setuju nih, pentingnya BW..
    Bisa jadi dari BW nantinya bisa kopdar ya, Teh..

    Btw, salam kenal ya..

    BalasHapus
  20. Saya berasa banget setelah blogwalking DA dan PA naik-naik.
    Melihat tulisan orang lain juga menambah kosa kata baru untuk kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin sering BW, semakin bertambah juga ilmu kita ^^

      Hapus
  21. blogwalking memang sangat diperlukan untuk menambah kunjungan ke web kita, tulisan bagus kak. mudah-mudahan bisa menambah ilmu bagi saya yang masih newbie. kunjungin juga website saya www.learadinka.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...