Rabu, 27 Desember 2017

5 Wisata Unik di Kawasan Kenjeran Park Surabaya


sumber : explorewisata.com


Kenjeran  Park adalah sebuah kawasan rekreasi yang berdiri di atas lahan luas di kawasan Kenjeran. Dahulu tempat wisata di Surabaya ini kotor dan kumuh. Bahkan kebanyakan penduduk Surabaya terlanjur mengenalnya sebagai kawasan yang kumuh. Tapi untungnya, setelah dikelola menjadi sebuah tempat wisata, pemandangan itu tidak akan kamu temukan lagi, bahkan telah menjadi kawasan yang cantik tertata, dan kamu dengan leluasa bisa mengeksplor berbagai wahana yang ditawarkan, termasuk wisatakulinernya.


Banyak wahana seru yang dibangun di kawasan ini, seperti sirkuit gokart, waterpark, kolam pemancingan, ada juga berkuda. Tidak ketinggalan wisata kuliner, dan pastinya berfoto karena lokasi Kenjeran Park sangat instagramable. Desainnya unik, dengan warna-warna yang kontras. Kawasan Kenjeran Park berada di ujung timur Surabaya, berbatasan dengan Pulau Madura, tepatnya di Jl. Pantai Ria Kenjeran, Bulak, Surabaya. Kawasan ini biasa disebut Kenjeran Baru. 

Beberapa obyek wisata di kawasan Kenjeran Park, yaitu:

1.       Kelenteng Sanggar Agung


sumber:allindonesiatourism.com

Kelenteng ini berada tidak jauh dari Pantai Ria Kenjeran Park, dengan lokasi yang agak menjorok ke tengah laut. Adanya kelenteng ini membuat pemandangan pantai sangat indah. Dengan perpaduan nuansa Bali dan Jawa Kuno, kalau kamu masuk ke dalam, kamu akan menemukan patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter. Bagi warga setempat, tempat ini sudah menjadi tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit, selain menjadi spot berfoto yang bagus.

Sebagai tempat beribadah, tentunya setiap tahun kelenteng ini menyelenggarakan berbagai peringatan seperti Hari Waisak dan Hari Suci Dewi Kwan Im. Tetapi ada satu perayaan yang kedatangannya juga dinanti-nanti para wisatawan di kelenteng ini, yaitu Moon Cake Festival.

2.       Monumen Dewa Catur Muka

Monumen yang dikenal juga dengan nama Patung Dewa Empat muka berada tepat di seberang Kelenteng Sanggar Agung. Keunikannya, monumen ini diklaim sebagai monumen Budha Empat Muka terbesar di Indonesia, dengan tinggi 38 meter, dan dilapisi emas 22 karat.

3.       Waterpark Kenjeran

sumber:halomuda.com

Waterpark Kenjeran adalah wahana bermain air pertama di Surabaya. Waterpark ini sudah ada sejak 1995, dengan menyediakan 3 kolam. Yaitu kolam untuk anak-anak, dewasa, dan kolam arus. Untuk masuk ke kawasan waterpark ini kamu harus membayar tiket, yaitu sekitar Rp15.000.

 

4.       Gedung Istana Langit

Bangunan ini merupakan replika dari Istana Langit yang ada di Beijing. Menurut kepercayaan Tiongkok, Istana Langit dahulu adalah tempat sembahyang pribadi para kaisar. Replika Istana Langit ini sering dipergunakan untuk pertemuan-pertemuan dan upacara keagamaan dalam skala besar.

5.       Atlantis Land



sumber:explorewisata.com

Taman rekreasi ini resmi dibuka 23 Desember lalu dan pastinya menjadi tempat favorit wisata baru di Surabaya. Berbagai permainan dan wahana yang ada disini dibuat seperti berada di negeri dongeng. Konsep tamannya terinspirasi dari Universal Studio-nya Singapura. Jadi bagi yang belum bisa pergi ke USS langsung, boleh main ke Atlantis Land Surabaya dulu, ada banyak spot foto yang Instagramable. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung membayar tiket sebesar Rp125.000.


Harga Tiket Masuk Kenjeran Park

Jika kamu ingin masuk ke kawasan ini, kamu perlu membeli tiket sebesar Rp5.000. Untuk parkir sepeda motor di kawasan ini dikenakan tarif Rp8.000 sementara untuk mobil dikenakan tarif sebesar Rp10.000. Kenjeran Park cukup menyenangkan buat kamu yang hobi jalan-jalan, karena luasnya area, sangat disarankan untuk kamu membawa bekal air minum.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi kawasan wisata Kenjeran Park, tempat wisata di Surabaya ini sebenarnya cukup mudah untuk dijangkau. Apalagi dengan namanya yang sudah terkenal, sebagai tempat berwisata. Hanya saja, jika kamu menggunakan angkutan umum tidak selalu cukup ditempuh dengan sekali perjalanan.

35 komentar:

  1. Tempat ini dulu kumuh dan identik dg adanya adegan m*sum, tp skg jadi wahana wisata jadi pengen kesanaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah malah jadi tempat yang bermanfaat ya mbak Atiqo ^^

      Hapus
  2. aku salfok sama komennya mba Zummatul duh adegan mesum tapi sekarang jadi destinasi wisata keren y mba Nov, itu gerbang kelentengnya kayak lagi dimana gitu keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu memang jadi tempat yang nggak baik. Alhamdulillah sekarang udah jadi tempat wisata yang menyenangkan, mbak Herva ^^

      Hapus
  3. Aku belum pernah ih main-main ke Surabaya. Cuma transit aja. Kayanya harus deh mampir 1-2 hari khusus main di Surabaya lain kali. Kawasan Kanjeran Park aku masukin list dulu ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain waktu harus mampir kesini lo mbak Dian ^^

      Hapus
  4. Semoga kalau saya ke Surabaya lagi bisa main ke Kenjeran Park. Untuk liburan keluarga sepertinya menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kedatangannya ya mbak Faridilla ^^

      Hapus
  5. YaaAllah jadi makin tambah pen piknik bun😭

    BalasHapus
  6. Jadi pengen ke Surabaya nih lihat postingan ini. Udah lama banget rasanya gak traveling :)

    BalasHapus
  7. jadi kangen Surabaya, mau ke sana ah saat liburan. Katanya emang makin bagus deh Kenjeran Park, ada air mancur segala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera liburan ke KenPark ya mbak Helena :D

      Hapus
  8. Naksir pergi ke klentengnya, eksotis etnik dan keren. Bersejarah banget pastinya

    BalasHapus
  9. Seperti apa mba dalam atlantis park nya? Kayaknya baru yah ini? Sama ga kayak atlantis nya ancol or snow bay gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah ke ancol :(
      Yang jelas seru deh ^^

      Hapus
  10. Aku orang Surabaya kogh gak tau semua siiih.taunya pantai kenjeran lama aja huhuhuhu. Dan sekarang ada atlantis land. Woooh wajib kesana hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walahh ... Yo ndang tindak kesana to mbak Anggraeni ^^

      Hapus
  11. Aku baru ini tau Kenjeran Park, wajib dikunjungi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kedatangannya ya mbak Tuty ^^

      Hapus
  12. Aku belom pernah ke tempat2 ituhh.
    Btw itu bayarnya murah banget cuma Rp 5.000.

    Ahh ajak2 aku yaa kalo main ke sana !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kesana rame-rame mbak Hanie. Tiket masuk KenPark memang murah, tapi kalo ke AtLand lumayan mahal hehe

      Hapus
  13. wuaahhh murah meriah banget itu tiket masuknya mba...smoga ada kesempatan maen ke surabaya dan mampir ke kenpark-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket masuknya memang murah. Ditunggu kedatangannya ya ^^

      Hapus
  14. Murah meriah, pengen ajak keluarga jalan2, semoga bisa next nabung dulu :)

    BalasHapus
  15. minta infoNya kalu masuk kewisata kenjeran itu bayar sendiri ta ketiap permainan...apa paketan..ini ada rencana berkunjung ke waterpark kenjeran dg rombongan santriwan-santriwati TPQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tiap wahana ada tiket sendiri

      Hapus
  16. dan saa minta Website Water Park Kenjeran kalu ada

    BalasHapus
  17. Keren keren ya. Mingin-mingini sekali.

    BalasHapus
  18. Keren. Destinasi wisata yang bikin penasaran

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...