Sabtu, 30 Desember 2017

Sebuah Catatan Diri



Penghujung tahun 2017 tinggal beberapa jam lagi. Tak terasa, tahun akan berganti. Banyak peristiwa telah kita lalui. Suka, duka, menyenangkan, mengecewakan dan sebagainya. Harapan dan cita yang terkabul, bahkan melampaui angan, tetapi tak sedikit impian tinggal impian.

Kenapa intronya jadi serius begini ya? Padahal sebelum menulis, saya sudah punya angan-angan ingin menulis tentang curhatan saja, bukan yang serius kayak gini. Ingin menulis tentang segala hal yang pernah saya alami sepanjang tahun ini.

Oke, back to laptop, hehe…

Well … bolehlah ya, sesekali nulis nggak jelas. Eh maksudnya bukan tulisan banyak typo, atau tulisan tidak bisa dibaca dan tidak ketahuan arahnya, tapi ya nulis ala-ala gitu, tema bebas sebebas-bebasnya, sesuka hati aja. Toh ini blog pribadi, terserah saya dong ya, mau diisi dengan tulisan apapun *kedipkedip.

Kali ini, juga tidak ingin memaksa siapapun mau membaca ataupun tidak (memangnya selama ini maksa orang lain buat membaca tulisan ya, mbak? LOL). Hanya ingin bercerita aja. Titik (jangan galak dong :D).

Meskipun terkesan nggak jelas, intinya sih ingin tulisan ini menjadi semacam renungan sekaligus evaluasi bagi diri pribadi tentang segala hal yang dialami sepanjang tahun ini. Meskipun seharusnya, evaluasi tidak dilakukan hanya di akhir tahun saja, tetapi setiap saat kita sebaiknya selalu berusaha memperbaiki diri. Betul?

Ini kapan ceritanya, ya, dari tadi intro mulu. Hehe. Oke-oke. Baiklah. Mulai saja.


Tentang diri

Well … saya merasa masih banyak yang harus dibenahi pada diri. Masih sering baper, masih sering nggak bisa mengontrol emosi, masih sering marah-marah dan banyak masih lainnya. Hiks. Padahal eh padahal, ini usia udah mau ke angka 4, kok ya masih kayak anak kecil. Ya kalau bisa manis manja, ini udah mulai beruban masih aja tingkahnya nggak mencerminkan orang dewasa *tutupmuka.

Satu hal lagi, kok akhir-akhir ini jadi tambah cengeng ya. Sedikit luka terasa di hati, eh langsung nangis. Huaa *nah lo, malah nangis lagi. Atau karena saking lembutnya perasaan saya ya *timpukinbantal.

Hal lain yang perlu menjadikan saya lebih mengevaluasi diri adalah pentingnya manajemen. Baik itu manajemen waktu, manajemen diri, maupun manajemen lainnya, termasuk manajemen keuangan. Saya merasa masih belum bisa mengatur semua dengan baik. Masih belum bisa mengatur waktu, baik untuk keluarga, diri sendiri, pekerjaan, juga aktivitas lain.


Tentang menjadi seorang istri

Jujur deh. Saya merasa belum bisa menjadi istri yang baik. Belum bisa sepenuhnya belajar untuk itu. Masih sering ngomel-ngomel, masih sering cerewetin si dia, masih suka menuntut, masih suka kesel nggak jelas. Untung si dia sabar banget, betah punya istri macam saya hehe. Memang kurang bersyukur ini. Maafin bunda ya ayah.


Tentang menjadi ibu bagi Rafa

Duh, saya ini memang minta dibelikan es krim deh, hahaha. Suka sedih dan menyesal setelah kejadian. Masih suka jengkel aja dengan sikap Rafa yang suka over minta perhatian. Contohnya mengambil air minum yang jaraknya satu lengan saja nggak mau. Trus sikap penakutnya yang over acting gitu. Kadang mulut ini spontan membentak. Hiks. Maafin bunda ya, nak.

Etapi, sesaat kemudian nyesel banget. Iya, nyesel. Kadang nangis juga *nah kan, nangis lagi. Suka lupa kalau Rafa minta perhatian itu karena ya seharian kan kami memang tidak bersama. Saya kerja dari pagi sampai sore, sedang dia sepulang sekolah apalagi pas liburan kayak gini, dari pagi sampai saya pulang kerja, dia cuma sama si mbak asisten rumah tangga. Wajar dong kalau dia merasa kangen dan ingin merasakan kebersamaan.

Saya harus lebih banyak menyadari dan mau banyak-banyak bersabar serta belajar untuk bisa menjadi ibu yang baik buat Rafa. Lagian, masa-masa dia kayak gini (over perhatian) juga tidak lama. Ntar masuk sekolah dasar, juga akan banyak tugas, lebih banyak bersosialisasi dan hal lain yang membuat perhatiannya teralihkan. Dan saya pasti akan merindukan saat-saat dia bermanja ria.


Tentang menulis

Alhamdulillah, harus saya panjatkan padaNya, bahwa hingga detik ini aktivitas menulis masih bisa berjalan dengan lancar. Banyak hal baru bisa dipelajari, banyak ilmu didapatkan, banyak teman terutama dengan minat yang sama, yang dengan tulus ikhlas mau berbagi, dan termasuk membuat pundi-pundi bertambah *sombong. Eh bukan bermaksud sombong ya, tapi bagi penulis pemula macam saya, mendapat transferan itu bisa bikin jingkrak-jingkrak hahaha.

Well … tentu saja bertambahnya pundi-pundi, produk-produk gratis yang didapat dari para sponsor, maupun kemudahan lain dalam menulis, itu merupakan bonus dari Allah. Saya tidak boleh dong menyombongkan diri. Ntar kalau sudah sombong malah jadi malas. Its a big no! Saya nggak mau itu terjadi. Tetap harus ingat tujuan awal tetap menulis hingga saat ini. Berbagi dan menginspirasi.


Tentang kesehatan

Hal ini penting bagi saya untuk terus diperhatikan, karena sering terabaikan akhir-akhir ini. Masalah pencernaan sering mengganggu aktivitas keseharian. Sering bandel sih. Masih suka yang pedas-peddas sebagai menu makan. Apalagi kalau sudah nyemil gorengan. Duh! Lupa deh sudah berapa cabai yang ikut terkunyah.

Saya juga jarang sekali mengontrol kesehatan dengan melakukan cek up. Sekali lagi tentang mengabaikan. Padahal harus waspada dengan kondisi tubuh yang sering drop tiba-tiba. Bandel ya? *mintadikeplak.


Tentang ibadah

Ibadah merupakan sebuah aktivitas pribadi antara saya dengan Allah Swt. Seringkali saya menduakanNya, dan lebih mementingkan kepentingan duniawi. Hiks. Ampuni hamba, ya Allah. *jewersaja.


Tentang harapan di tahun 2018

Ada beberapa harapan yang ingin saya raih di tahun depan yang beberapa jam lagi akan kita sambut, yaitu :

  1. Lebih sehat

Menjaga kesehatan itu seharusnya merupakan suatu kewajiban bagi saya. Kalau sering sakit, aktivitas apapun termasuk menulis akan terhambat, bukan? Mungkin saya harus lebih bisa mengatur waktu, tidak begadang yang tidak perlu, mengurangi penggunaan gawai, kurangi konsumsi kafein, lebih banyak minum air putih dan … olahraga! Satu hal yang sering terlewatkan! *sedih.


  1. Lebih bahagia

Apakah berarti selama ini tidak bahagia? Bukan itu! Lebih bahagia disini adalah saya harus lebih sering menciptakan bahagia untuk diri sendiri. Dengan cara apa? Antara lain lebih banyak menumpuk rasa syukur, lebih banyak berbagi dalam segala hal dengan siapapun serta ikhlas menjalani semua ketetapanNya.


  1. Buku solo terbit

Ada yang bilang, harapan terbesar dari seorang penulis adalah buku yang ditulisnya terbit! Hal itu juga yang menjadi harapan saya di tahun 2018. Buku solo saya terbit. Draft sudah siap, tinggal menyiapkan sesajen eh lamaran ke penerbit. Semoga Allah memudahkan langkah ini. Aamiin.


  1. Lebih sering menulis

Ya, saya ingin di tahun 2018 dan tahun-tahun yang akan datang, lebih banyak menulis, lagi, lagi dan lagi. Mungkin dengan lebih banyak membuat postingan di blog. Bisa jadi lebih banyak dari tahun ini yang bisa mencapai hingga 200 lebih postingan. 

Awalnya tidak menyangka bisa mencapai angka tersebut, lebih banyak dari tahun sebelumnya (2016) yang hanya 150-an postingan. Semoga semangat ini tidak hanya di awal, tapi seterusnya.

Menulis telah membuat perubahan positif dalam diri. Saya ingin aktivitas ini menjadi bagian dari hidup, bukan hanya sekadar menyalurkan hobi dan untuk kesenangan semata.


  1. Lebih sabar dan ikhlas

Ya, saya ingin menjadi pribadi yang lebih sabar dan ikhlas dalam menjalani hidup ini. Lebih bisa mengendalikan emosi, lebih bisa mengontrol diri serta selalu berpikir positif dalam menyikapi segala hal.


Panjang juga ya curhatan ini. Lebih dari 1000 kata, belum 2000, hahaha. Well … lega deh bisa menuliskan semua ini. Plog! Akhirnya bisa membuat postingan tentang curhat, harapan dan impian.

Harapan saya, Allah mengabulkan dan memudahkan semuanya. Aamiin.

Bila dari postingan ini ada yang bisa bermanfaat bagi pembaca, alangkah senangnya hati ini. Bila tidak, ya nggak apa-apa, biar saya saja yang membaca

Semoga di tahun mendatang kita eh saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin.


Jumat, 29 Desember 2017

Kita Harus Bisa





Kehidupan yang dijalani saat ini, apapun yang terjadi, siapapun yang terlibat dalam kehidupan kita, sudah tertulis dalam ketetapanNya. Kita dituntut untuk bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh keridaan. Meskipun hanya sementara kita menjalani. Tetapi hidup akan mengajarkan banyak hal.

Kamis, 28 Desember 2017

Tips Menjaga Kerukunan dalam Rumah Tangga





Penanganan masalah rumah tangga menjadi tanggungjawab berdama pasangan suami istri. Tidak jarang kasus rumah tangga yang terjadi bisa diatasi hanya dengan adanya niat tulus dan kerjasama yang baik antara keduanya. Terlebih jika mereka menyadari bahwa setiap individu memiliki perspektif sendiri-sendiri termasuk cara mengapresiasi sesuatu. Karenanya, akan lebih bijak jika masing-masing pihak bisa berlapang dada dan bersedia menyediakan ruang untuk melakukan dialog yang dilandasi oleh rasa saling cinta dan saling mengormati.

Rabu, 27 Desember 2017

5 Wisata Unik di Kawasan Kenjeran Park Surabaya


sumber : explorewisata.com


Kenjeran  Park adalah sebuah kawasan rekreasi yang berdiri di atas lahan luas di kawasan Kenjeran. Dahulu tempat wisata di Surabaya ini kotor dan kumuh. Bahkan kebanyakan penduduk Surabaya terlanjur mengenalnya sebagai kawasan yang kumuh. Tapi untungnya, setelah dikelola menjadi sebuah tempat wisata, pemandangan itu tidak akan kamu temukan lagi, bahkan telah menjadi kawasan yang cantik tertata, dan kamu dengan leluasa bisa mengeksplor berbagai wahana yang ditawarkan, termasuk wisatakulinernya.

Selasa, 26 Desember 2017

Pentingnya Membaca Ulang Tulisan



Pentingnya Membaca Ulang Tulisan


Beberapa kali saya merasa terlalu banyak mengedit tulisan ketika sudah terlanjur dipublikasikan. Tentu saja hal ini karena kesalahan sendiri, karena terburu-buru ingin segera memposting. Tersadar bahwa tulisan perlu diperbaiki setelah ada yang memberi teguran (mengkritik tulisan), entah karena banyaknya kealahan ketik, maupun penggunaan ejaan yang tidak sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia.

Jumat, 22 Desember 2017

Peningkatan Peran Ibu dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis Melalui Pengembangan Diri





Hari ini, Jumat, tanggal 22 Desember 2017, adalah hari yang istimewa bagi seluruh perempuan di Indonesia. Ya, hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Ibu. Untuk memperingatinya, banyak kalangan yang menyelenggarakan beragam acara, tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

Ibu ... Ibu ... Ibu



Ibu ... Ibu ... Ibu



Mentari tersaput mega

Semerbak wangi bunga

Kicau burung bersahutan

Semarak pagi nan indah



Teringat akan sosok istimewa

Tegar hadapi riak kehidupan

Selalu penuh cinta

Meski tak mengharap balas



Malam-malam sepi sunyi

Sendiri berkalung mimpi

Tak seorangpun menemani

Pasrahkan diri pada Ilahi



Ibu ... Ibu ... Ibu



Hatimu seluas samudera

Kasihmu selalu tercurah

Pelukmu selalu menghangatkan

Maafmu tiada batas



Ibu ... Ibu ... Ibu



Bersimpuh aku

Berharap maaf darimu

Segala khilaf dan dosaku

Padamu, Ibu



Terimalah sembah bakti

Juga peluk kasih

Berharap Tuhan pun memberi

CintaNya penuh pada bidadari ini




Selamat Hari Ibu



Selasa, 19 Desember 2017

Kenapa Harus Blogwalking




Sebuah diskusi di kelas non fiksi #OneDayOnePost kemarin mengangkat tema tentang, kenapa kita harus blogwalking. Beragam respon dari teman-teman peserta ODOP Batch 4 berdatangan. Diskusi menjadi seru.

Senin, 18 Desember 2017

Ijen View Hotel and Resort Penginapan Nyaman di Tengah Kota Bondowoso, Jawa Timur


Memilih penginapan yang nyaman di tengah kota, tentu bukan perkara mudah. Apalagi dengan kondisi padatnya pemukiman dan hiruk pikuk lalu lintas. Namun permasalahan tersebut akan tertepis bila kita menginap di Ijen View Hotel and Resort, yang terletak di Jl. KIS Mangunsarkoro No. 888, Kota Bondowoso, Jawa Timur

Sabtu, 16 Desember 2017

Selesaikan Apa yang Telah Kamu Mulai



Image by google



"Mbak, aku ingin berhenti saja ikut ODOP. Tak sanggup rasanya mengikuti ritme komunitas ini. Apalagi akhir-akhir ini pekerjaan makin banyak, keluarga yang sangat membutuhkan perhatian, dan sebagainya. Waktu menulis jadi berkurang. Sulit rasanya membagi waktu. Aku keluar saja ya," keluh panjang salah satu peserta Program #OneDayOnePost, yang muncul di gawai saya.

Kamis, 14 Desember 2017

Ketika Sudah Menjatuhkan Pilihan





Pernah nggak sih, teman-teman merasa menyesal ketika terlanjur mengambil keputusan untuk memilih, ternyata pilihan tersebut tidak sesuai dengan keinginan? Bahkan proses yang harus dijalani ternyata lebih sulit dari perkiraan?

Selasa, 12 Desember 2017

Makin Gaya dengan Jam Tangan Fashionable

sumber foto : mataharimall.com


Bagi sebagian orang, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktu yang ada dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, dengan tujuan agar hidup yang dijalani menjadi berarti.

Salah satu hal yang penting agar waktu bisa bermanfaat untuk melakukan sesuatu yang berharga adalah dengan menunjukkan karya nyata.


 Sebuah prestasi akan tercipta, bila kita mempunyai kepercayaan diri dan keyakinan yang tinggi bahwa kita mampu meraih yang apapun yang kita inginkan.

Ungkapan Cinta Bunda Bagi Buah Hati



Memiliki buah hati yang aktif dan sehat tentu dambaan bagi semua orang. Melihat mereka bebas berekspresi, bermain sepuas hati dan terlihat senang dengan apapun yang dilakukan, merupakan suatu hal yang membahagiakan bagi orangtua.

Senin, 11 Desember 2017

Resolusi 2018 : Semakin Produktif Meraih Mimpi


Penghujung 2017 telah di depan mata. Banyak hal yang telah dilalui sepanjang tahun. Banyak harapan yang bisa kita capai, bahkan melebihi yang diinginkan. Namun tidak sedikit pengorbanan yang harus dilakukan demi meraih cita.

Sabtu, 09 Desember 2017

Sapa Pagi Penyemangat Hari






Lagi-lagi sebuah gambar dengan tulisan Good Morning mampir di whatsapp saya. Gambar bunga yang indah. Untuk kesekian kalinya. Dari seorang teman. Hampir setiap pagi saya mendapat kiriman gambar seperti itu. Marahkah saya?

Jumat, 08 Desember 2017

Dedikasi Astra Untuk Kemajuan Bangsa


Mempertahankan sebuah perusahaan hingga selama 6 dekade bukanlah hal yang mudah. Pasti banyak kendala dihadapi dan tentu dibutuhkan banyak strategi agar tetap bisa eksis bertahan, dan memberikan kontribusi berarti bagi banyak orang, termasuk demi kemajuan bangsa.

Astra International merupakan perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated. Pada tahun 1990, perseroan mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk. Ruang lingkup kegiatan Perseroan seperti yang tertuang dalam anggaran dasarnya adalah perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi.

PT Astra International Tbk (Astra) terus berupaya berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa di berbagai bidang, seiring dengan cita-cita perusahaan untuk sejahtera bersama bangsa. Selama 60 tahun kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Astra telah menjadi bagian dari dinamika kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

Komitmen tersebut ditegaskan kembali dalam peringatan HUT ke-60 Astra dengan tema “Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa.” Selama 6 dekade, Astra tumbuh dan berkembang bersama bangsa sebagai wujud nyata dari filosofi Astra untuk terus memberikan manfaat bagi banyak orang. Nilai ini yang membuat usaha Astra berkelanjutan, bahkan berkembang cukup signifikan hingga sekarang.

Sebagai perusahaan dengan banyak anak perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Astra tidak hanya mempunyai tanggungjawab dan kewajiban ekonomis kepada pemegang saham saja, tetapi juga berkeinginan untuk memberikan kontribusi dan tanggungjawab sosial terhadap para pihak yang berkepentingan, yaitu masyarakat, komunitas atau perseorangan yang memiliki hubungan dengan bisnis Astra.

Kontribusi sosial ini merupakan salah satu pilar penting dari strategi bisnis yang dijalankan Astra sesuai dengan kerangka Strategic Triple-P Roadmap Astra 2020 yang berisi pertumbuhan portofolio bisnis, sumberdaya manusia, dan kontribusi social dan lingkungan secara serentak, menuju cita-cita Astra yaitu menjadi perusahaan nasional yang dikenal memiliki produk dan jasa yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar domestic, regional, global serta mampu memberikan kontribusi bagi banyak pihak.

Tanggung jawab sosial perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia dititikberatkan pada 4 pilar, yakni Astra Untuk Indonesia Sehat (Kesehatan), Astra Untuk Indonesia Cerdas (Pendidikan), Astra Untuk Indonesia Hijau (Lingkungan) dan Astra Untuk Indonesia Kreatif (UMKM). Berikut kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di seluruh Indonesia di bawah naungan keempat pilar tersebut:


1.    Astra Untuk Indonesia Sehat

Di bawah pilar Kesehatan, CSR Astra difokuskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak serta mempercepat perbaikan gizi masyarakat. Selama 60 tahun, Astra telah memberikan pengobatan gratis kepada 125.818 pasien, membina 1.577 posyandu dan menyumbangkan 216.263 kantong darah.
Inisiatif Astra bersama masyarakat untuk mewujudkan Kampung Berseri Astra (KBA) sebagai kampung dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif juga mewakili implementasi dari 4 pilar CSR Astra. Saat ini, Astra memiliki 49 KBA yang tersebar di 17 provinsi di seluruh Indonesia.

2.    Astra Untuk Indonesia Cerdas

Pada pilar Pendidikan dengan program Astra Untuk Indonesia Cerdas fokus pada pembinaan sekolah dasar dan menengah guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Hingga kini, Astra telah memberikan 231.936 beasiswa serta membina 15.859 Sekolah Binaan Astra, 20 Rumah Pintar, 124 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 40.284 guru.

Program GenerAKSI Cerdas Indonesia dibentuk untuk mengajak masyarakat Indonesia berterima kasih kepada para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah berjuang bagi pendidikan. Melalui program ini, sampai sekarang, Astra telah mendonasikan 12.000 sepatu dan 3.039 tas untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak Indonesia di wilayah terpencil, terluar dan tertinggal (3T).

Program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” (IAABL) merupakan salah satu wujud komitmen Astra untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya. Melalui program ini, Astra telah memberikan 23.730.800 paparan panduan keselamatan berlalu lintas.

3.    Astra Untuk Indonesia Hijau

Pengelolaan area konservasi dan perlindungan keanekaragaman Hayati terpadu yang berkelanjutan merupakan salah satu fokus utama Astra dalam menjalankan bisnis. Melalui pilar Lingkungan, sampai kini, Astra telah menanam 4.444.947 pohon, 1.103.493 pohon mangrove, membuka 27.439 hektar ruang terbuka hijau serta membangun 17 bank sampah.

4.    Astra Untuk Indonesia Kreatif

Dukungan Astra terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah dilakukan sejak 37 tahun lalu melalui Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA). Hal ini merupakan bentuk komitmen Astra untuk menumbuhkan usaha produktif di masyarakat dengan mendorong penciptaan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat.


Melalui program-programnya, Astra menunjukkan dedikasi yang tinggi demi kemajuan bangsa Indonesia. Astra selalu berusaha menjadi sebuah perusahaan yang mampu mengispirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara.




Rabu, 06 Desember 2017

Tips Nyaman Saat Perjalanan Malam Hari


Terkadang kita harus melakukan perjalanan tidak disaat cuaca sedang terang atau pagi dan siang hari, tetapi justru di malam hari. Apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh, hingga membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai tujuan.

Senin, 04 Desember 2017

Sebuah Catatan untuk Para Suami



"Ma, aku pingin diet. Langsing kayak kamu dan mama-mama yang lain. Kasih tahu resepnya dong, Ma," rajuk seorang teman saat kami sama-sama mau menjemput anak di sekolah.

Sabtu, 02 Desember 2017

Memanfaatkan Voucher Diskon

sumber foto : google


Beberapa saat yang lalu, saya mendapat email job review dari Blibli.com. Surprise banget nih, apalagi ini pertama kali saya mendapat tawaran kerja dari sebuah market place terkenal di Indonesia.

Benak saya pun berpikir, wah … bakalan nambah nih, pundi-pundi saya #matasayaijo hehehe.

Ternyata dugaan saya salah! Yang jelas, pundi-pundi tidak eh belum bertambah untuk kali ini, tetapi mendapat kejutan lain.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...