Sabtu, 10 Februari 2018

Sukses Berawal dari Keberanian

sumber foto : pixabay


Apa sih kunci untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam hidup ini?

Pasti jawabannya banyak sekali dan cukup beragam. Bahkan seringkali dibahas dalam buku-buku dan forum diskusi tentang hal ini. Mungkin Anda sendiri bingung untuk mempraktekkan. Tapi kebingungan itu tidak perlu lama, karena ada satu kata kunci untuk sukses, yaitu 'berani'. Dengan satu kata ini dan sejumlah keberanian, hidup yang sukses bukanlah impian.



Tentu saja, keberanian yang dimaksud bukan asal berani, tetapi berani dalam arti positif ya. Mau tahu, keberanian apa saja yang diperlukan untuk meraih kesuksesan?


Berani menanggung resiko

Hidup ini selalu disertai resiko, apapun keputusan yang kita pilih. Resiko yang kita hadapi, bisa jadi dalam bentuk kecil ataupun besar, ringan maupun berat. Lelahnya fisik, kekurangan waktu, pikiran banyak tercurahkan, bahkan psikis terganggu merupakan faktor-faktor yang harus dihadapi.

Seseorang yang mempunyai keberanian dalam hidup tidak akan membiarkan hal-hal yang menghambat kesuksesan terus ada dalam dirinya. Pilihan tetap di tangan kita. Mau menjadi orang yang maju dengan berani menanggung segala resiko, atau menjadi pecundang yang menyerah sebelum perang.


Berani bertanggung jawab

Anda mutlak memiliki tanggung jawab terhadap hidup yang dijalani. Termasuk dalam hal berbuat kesalahan. Tidak ada orang yang hidupnya tanpa cela. Jika melakukan kesalahan, beranilah bertanggung jawab untuk membenahi. Akuilah kesalahan dan jangan menyalahkan orang lain. Jangan bersikap pengecut. Berjiwalah layaknya seorang ksatria.

Berani bersikap obyektif


Obyektivitas akan membuat kita lebih jernih dalam menilai sesuatu. Misalnya, bila ada percekcokan dengan orang lain, kita perlu melihat secara obyektif penyebab percekcokan. Apakah karena salah paham biasa atau karena beda pendapat mengenai suatu hal. Tidak perlu membesar-besarkan masalah. Lebih baik segera mencari solusi terbaik dan melanjutkan langkah.

Berani bersikap tegas


Jangan takut untuk bersikap tegas, terhadap siapapun, bahkan pada pasangan, orangtua, saudara, juga rekan kerja. Tegas bukan berarti keras dalam segala hal dan tidak mempunyai sikap toleran pada orang lain, tetapi hal ini dilakukan semata demi menegakkan kebenaran. Asal tidak keluar dari jalur yang ditetapkan bersama, kita tidak perlu takut bersikap tegas. Tanpa memiliki ketegasan, kita hanya akan dimanfaatkan oleh orang lain.  

Berani menerima kritik


Jangan alergi terhadap kritik. Seseorang yang berjiwa besar tentu mau menerima segala pendapat, kritik dan saran untuk perbaikan diri. Berlatihlah menerima kekurangan yang ada, meski itu pahit. Anggaplah kritik sebagai cambuk. Rasanya mungkin sakit, tapi dampaknya bisa luar biasa untuk meningkatkan kualitas diri.

Nah apakah Anda sudah memiliki keberanian tersebut? Kalau belum, segera tumbuhkan keberanian dari sekarang. Dan jika keberanian-keberanian di atas dipraktekkan, maka jalan menuju sebuah kesuksesan pun semakin mudah.


Semoga bermanfaat.


#30harimenulis
#hari26
#onedayonepost
#inspirasi

18 komentar:

  1. Nambah satu lagi mbak... Berani keluar dari Zona nyaman. Banyak yang tidak bisa melamelakuhal tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul juga. Out of comfort zone. Kebanyakan orang memang enggan meninggalkan kenyamanan

      Hapus
    2. Nah, sepakat dengan Mba Munasyaroh. Berani keluar dari zona nyaman adalah salah satu kunci dalam memperjuangkan kesuksesan.

      Thanks untuk poin2 penting lainnya, Mba. Nice share!

      Hapus
  2. Sepakat, saya setuju semua dengan yang mb tulis. Mudah tapi dijalankan berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berat tapi insyaAllah bisa ok mbak ^^

      Hapus
  3. Saya sedang Mengajarkan anak2 tentang ini

    BalasHapus
  4. Dan berani memulai, skg juga nggak pakai nanti. Tambahan dr saya mbaa. Tfs yaa mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang dan jangan menunda. Mantap ^^

      Hapus
  5. Jangan cuma wacana tapi juga melakukannya. Hehehe berani gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus berani dong. Kan biar jadi orang sukses ^^

      Hapus
  6. Menjadi berani memang tidak mudah.
    Membutuhkan logika dan hati yang bersih.

    Semoga (paling tidak) kita berani dalam mengambil keputusan yang benar, bukan pembenaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Lendy. Berani mengambil keputusan yang benar juga tidak mudah. Tapi harus bisa dilakukan

      Hapus
  7. Terkadang pas melaksanakannya susahh banget ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah tapi bisa kok mbak. Semangat ya ^^

      Hapus
  8. terlihat sederhana tapi sangat susah dilakukan perlu keberanian melakukan semuanya. Kalau dibasa dari awal sampai akhir memang sukses itu penuh akan perjuangan . Semoga kita semua sukses dimasa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Saling doa ya mbak, untuk kesuksesan kita

      Hapus
  9. Berawal dari keberanian.nah ini nih, terkadang mau memulai sesuatu tapi gak berani. Harus dibuang jauh" nih sifat penakutku ini hahaha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...