Jumat, 19 Januari 2018

Masalah adalah Tantangan

sumber foto : google


Bila kita menganggap masalah sebagai beban, mungkin kita akan menghindari. Namun bila menganggap hal tersebut sebagai tantangan, kita akan selalu berusaha
menghadapi. Bila disadari, sebenarnya masalah merupakan hadiah yang dapat diterima
dengan suka cita.


Masalah adalah anak tangga menuju kekuatan dan kesuksesan yang lebih tinggi. Harus disadari bahwa adanya masalah merupakan jalur menuju keberhasilan. Maka anggaplah bahwa masalah merupakan hadiah atau bonus yang layak kita terima.

Ingatlah bahwa keberhasilan sebenarnya tidak diukur dengan apa yang telah diraih, tetapi keberanian dan gigihnya berjuang menghadapi kegagalan dan rintangan, meskipun harus mengeluarkan segenap kemampuan untuk menghadapi.



Hal besar diawali dari hal-hal kecil

Apapun yang diraih sekarang sesungguhnya hasil dari usaha-usaha kecil yang dilakukan terus menerus. Keberhasilan bukan sesuatu yang turun begitu saja. Bila kita yakin pada tujuan dan jalan yang ditempuh, maka kita harus memiliki ketekunan untuk berusaha. Ketekunan sejatinya merupakan kemampuan untuk bertahan di tengah tekanan dan kesulitan. Jangan pernah berhenti pada langkah pertama! Tetap lanjutkan karena kita tidak tahu, kapan saatnya berhenti.

Coba kita renungkan bersama. Bukankah yang memisahkan perahu dengan pantai adalah datangnya topan, badai, gelombang besar dan batu karang? Seperti itulah yang memisahkan keberhasilan kita, yaitu datangnya beragam masalah. Disitulah sebenarnya, ujian kita menghadapi hidup ini. Hakikatnya perahu adalah, berlayar menembus segala rintangan. Hakikat diri kita adalah berkarya menemukan kebahagiaan.

Tidak perlu iri dengan keberhasilan orang lain. Perjuangan mereka meraih keberhasilan, mungkin saja diiringi dengan cucuran keringat dan lelahnya raga. Tak ada jalan pintas untuk sebuah kesuksesan sejati.

Bila kita terpesona pada kenyamanan yang diberikan oleh kesuksesan, kita bisa lupa akan kewajiban untuk terus berupaya sekuat tenaga. Namun bila rasa kagum itu timbul
dari ketegaran seseorang dalam berusaha, maka kita akan dapat menyerap energi kekuatan, keberanian dan kesabaran.


Jangan pernah berhenti berusaha

Jangan berhenti dan tetaplah melanjutkan langkah pertama untuk memulai perjuangan. Meskipun diawali dengan langkah kecil. Sebab sesuatu yang besar diawali dari hal-hal kecil.

Kesuksesan bukan dicapai oleh orang-orang yang memulai dengan hal yang besar, tetapi dimiliki oleh orang-orang yang mau terus memelihara semangat dalam jangka waktu yang lama, untuk terus berusaha dan meyakinkan diri, bahwa mereka mampu meraih keberhasilan. Teruslah belajar dan kembangkan pencapaian-pencapaian yang sudah diraih.

Apapun yang kita lakukan, hendaknya diiringi dengan kebaikan hati, serta kerelaan berkorban dalam berjuang. Keberhasilan bukan semata karena kekuatan otot dan ketajaman berpikir, tetapi harus disertai keikhlasan dan kesabaran. Tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan.


#30harimenulis
#hari5
#onedayonepost




4 komentar:

  1. Setuju banget Mbak Nov (y)

    tapi, kok ga ada kata kuncinya ya? (lima-anjing) hehe ...

    CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata kunci untuk #30harimenulis memang tidak ada, mas Dwi. Diganti dengan 1 postingan tematik ^^

      Hapus
  2. Aku setuju banget sama memulai dengan langkah kecil. Banyak dari kita yang masih ragu-ragu buat memulai. Pengennya bisa sukses, tapi takut usaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keraguan dan ketakutan bukan milik pemenang ya mbak ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...