Kamis, 25 Januari 2018

Jangan Takut Gagal, Takutlah karena Belum Pernah Mencoba



Seberapa sering Anda merasa takut mengalami kegagalan ketika akan mencoba melakukan sesuatu? Padahal Anda juga tidak tahu, sesuatu tersebut bisa dikatakan berhasil sebelum benar-benar mencoba dilakukan?



Setiap orang pasti bisa sukses dan meraih harapan yang diimpikan, salah satunya adalah tidak takut untuk mencoba!


Ingatkah saat pertama kali belajar mengendarai sepeda? Anda mungkin saja terjatuh berkali-kali, mendapat beberapa luka di lutut maupun tangan, tetapi tetap gigih untuk belajar, karena ingin bisa mengendarai sepeda. Ingin seperti teman-teman yang sudah bisa dan agar bisa bermain bersama lagi.

Ingatkah saat bersekolah, kita tidak mau mencoba untuk mengerjakan soal-soal yang dianggap sulit, dari pelajaran yang tidak kita sukai? Tidak mencoba untuk berdamai dengan perasaan tidak suka pada guru yang mengajar pelajaran tersebut. Kita lupa, bahwa dengan semakin menumpuk perasaan tidak nyaman, akan semakin sulit menrima pelajaran tersebut, hingga nilai yang didapat tidak sesuai harapan.

Mungkin ada keraguan menghinggap, saat ingin mencoba resep kue atau masakan. Takut nanti hasilnya tidak enak, terlalu asin atau terlalu manis, bahkan rasa yang kurang mantap. Takut suami dan anak-anak tidak suka dengan hasil masakan kita. Padahal sama sekali belum bergerak untuk mencoba resep tersebut.

Begitu pula saat akan mencoba hal-hal yang baru. Sedari awal sudah timbul keraguan dan ketakutan akan sebuah kegagalan. Dan itu timbil dari pikiran-pikiran kita sendiri. Akhirnya, sama sekali tidak ada aksi untuk mencoba.

Parahnya lagi, ketika melihat orang lain mau mencoba hal yang sama dan berhasil melakukan, kita hanya menyesal. Merasa bahwa sebenarnya diri bisa juga menemukan kesuksesan apanbila tidak ada keraguan untuk mencoba.

Hidup ini pasti ada dua sisi yang saling berpasangan. Ada hitam, ada putih. Ada yang salah, pasti ada yang benar. Ada kesuksesan, ada pula kegagalan.

Dan hanya orang-orang sukses yang tidak takut akan kegagalan, karena mereka mau dan berusaha untuk mencoba.


Apapun hasil yang kita dapatkan, semua memerlukan proses dalam meraih keberhasilan. Jangan pernah ada penyesalan karena tidak pernah mencoba. Lakukan saja, jangan takut salah ataupun gagal. Selama yang Anda lakukan positif dan demi kebaikan. Jangan takut gagal, takutlah karena belum pernah mencoba.


#30harimenulis
#hari11
#onedayonepost

30 komentar:

  1. Heuheu saya kadang suka gitu tuh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat. Coba dulu. Soal hasil, urusan belakang ^^

      Hapus
  2. Setuju, mending gagal sebagai upaya belajar daripada tidak sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Atiqo. Setidaknya sudah pernah mencoba

      Hapus
  3. Iya bener. Gimana bisa tahu kemampuan kita kalau mencoba saja blm ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal sebenarnya kita mampu melakukan ya mbak

      Hapus
  4. Persis.
    Saya pun merasakan saat mengasuh anak.

    Dihantui pikiran kesalahan-kesalahan yang telah lalu, membuat saya semakin takut bergerak.
    Jadi,
    belajar memaafkan kesalahan diri.
    Mencoba untuk menganalisis kesalahan dan memperbaiki serta berjanji untuk tidak mengulangi.

    And you will get there.
    Try your best!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Lendy. Kita berusaha melakukan yang terbaik saja

      Hapus
  5. Baiklah saya akan nencoba hasilnya bagaimana setidaknya saya sudah mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat. Lebih baik mencoba. Soal hasil itu urusan nanti

      Hapus
  6. Walau kadang setelah mencoba juga tidak selalu puas akan hasilnya, tapi lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Mending udah pernah nyoba daripda tidak berbuat apapun

      Hapus
  7. Hehehe iya kadang belum dicoba dah pesimis. Kudu lebih semangat lagi. TFS mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk semangat mencoba dan belajar tidak pesimis ^^

      Hapus
  8. Hahaha ini sama kayak aku mau dan ga mau hamil karena takut melahirkan. Pas hamil ya seneng nya bukan main, pas melahirkan juga santai aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita kadang terlalu mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi ya mbak ^^

      Hapus
  9. Dalam mendidik Luigi sy selalu pikiran aneh2. Nanti gini nanti gt. Akhirnya gak berbuat apa2 huhu. Kalo kata orang jawa dilakoni dlu lah. Entar khan pasti ada evaluasi mana yg kurang hehe. Semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata orang Jawa juga. Kuat dilakoni, gak kuat ditinggal ngopi hehe

      Hapus
  10. Aku bisa mati penasaran kalo kepingin sesuatu tp takut mencoba. Kepikiran terus dan ujung2nya stres. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan stres, mbak. Hidup ini terlalu indah kalau cuma dibuat stres *lebay

      Hapus
  11. Dosen pembimbing skripsiku pernah bilang "jangan takut gagal dan jangan nyerah kalo gagal. Orang yg sekarang berhasil itu dulunya pernah gagal juga". Itu kata" yg selalu aku pegang sampai sekarang

    BalasHapus
  12. Setuju
    Karena kegagalan adalah bagian dari salah satu hasilusaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Eni. Tanpa mencoba dan berusaha, kita tidak akan tahu hasilnya

      Hapus
  13. Never try, never know.
    Kadang takut itu karena kurang ilmu maka supaya tidak takut, carilah ilmunya terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mbak Helena. Tanpa ilmu, hidup akan sia-sia

      Hapus
  14. Dari kegagalan aku banyak belajar, kalau proses itu gak bisa instan. Semangaaaat mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup ini memang proses belajar ya mbak. Terima kasih supportnya ^^

      Hapus
  15. setujuuuu banget, aku gagal sama suksesnya boleh dibilang banyakan gagalnya hehe tapi gak apa apa, namanya juga belajar. semangaat mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat untuk belajar harus tetap ada, agar kita tidak mudah putus asa. Ya kan mbak? ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...