Jumat, 08 Desember 2017

Dedikasi Astra Untuk Kemajuan Bangsa


Mempertahankan sebuah perusahaan hingga selama 6 dekade bukanlah hal yang mudah. Pasti banyak kendala dihadapi dan tentu dibutuhkan banyak strategi agar tetap bisa eksis bertahan, dan memberikan kontribusi berarti bagi banyak orang, termasuk demi kemajuan bangsa.

Astra International merupakan perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated. Pada tahun 1990, perseroan mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk. Ruang lingkup kegiatan Perseroan seperti yang tertuang dalam anggaran dasarnya adalah perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi.

PT Astra International Tbk (Astra) terus berupaya berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa di berbagai bidang, seiring dengan cita-cita perusahaan untuk sejahtera bersama bangsa. Selama 60 tahun kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Astra telah menjadi bagian dari dinamika kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

Komitmen tersebut ditegaskan kembali dalam peringatan HUT ke-60 Astra dengan tema “Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa.” Selama 6 dekade, Astra tumbuh dan berkembang bersama bangsa sebagai wujud nyata dari filosofi Astra untuk terus memberikan manfaat bagi banyak orang. Nilai ini yang membuat usaha Astra berkelanjutan, bahkan berkembang cukup signifikan hingga sekarang.

Sebagai perusahaan dengan banyak anak perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Astra tidak hanya mempunyai tanggungjawab dan kewajiban ekonomis kepada pemegang saham saja, tetapi juga berkeinginan untuk memberikan kontribusi dan tanggungjawab sosial terhadap para pihak yang berkepentingan, yaitu masyarakat, komunitas atau perseorangan yang memiliki hubungan dengan bisnis Astra.

Kontribusi sosial ini merupakan salah satu pilar penting dari strategi bisnis yang dijalankan Astra sesuai dengan kerangka Strategic Triple-P Roadmap Astra 2020 yang berisi pertumbuhan portofolio bisnis, sumberdaya manusia, dan kontribusi social dan lingkungan secara serentak, menuju cita-cita Astra yaitu menjadi perusahaan nasional yang dikenal memiliki produk dan jasa yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar domestic, regional, global serta mampu memberikan kontribusi bagi banyak pihak.

Tanggung jawab sosial perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia dititikberatkan pada 4 pilar, yakni Astra Untuk Indonesia Sehat (Kesehatan), Astra Untuk Indonesia Cerdas (Pendidikan), Astra Untuk Indonesia Hijau (Lingkungan) dan Astra Untuk Indonesia Kreatif (UMKM). Berikut kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di seluruh Indonesia di bawah naungan keempat pilar tersebut:


1.    Astra Untuk Indonesia Sehat

Di bawah pilar Kesehatan, CSR Astra difokuskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak serta mempercepat perbaikan gizi masyarakat. Selama 60 tahun, Astra telah memberikan pengobatan gratis kepada 125.818 pasien, membina 1.577 posyandu dan menyumbangkan 216.263 kantong darah.
Inisiatif Astra bersama masyarakat untuk mewujudkan Kampung Berseri Astra (KBA) sebagai kampung dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif juga mewakili implementasi dari 4 pilar CSR Astra. Saat ini, Astra memiliki 49 KBA yang tersebar di 17 provinsi di seluruh Indonesia.

2.    Astra Untuk Indonesia Cerdas

Pada pilar Pendidikan dengan program Astra Untuk Indonesia Cerdas fokus pada pembinaan sekolah dasar dan menengah guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Hingga kini, Astra telah memberikan 231.936 beasiswa serta membina 15.859 Sekolah Binaan Astra, 20 Rumah Pintar, 124 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 40.284 guru.

Program GenerAKSI Cerdas Indonesia dibentuk untuk mengajak masyarakat Indonesia berterima kasih kepada para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah berjuang bagi pendidikan. Melalui program ini, sampai sekarang, Astra telah mendonasikan 12.000 sepatu dan 3.039 tas untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak Indonesia di wilayah terpencil, terluar dan tertinggal (3T).

Program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” (IAABL) merupakan salah satu wujud komitmen Astra untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya. Melalui program ini, Astra telah memberikan 23.730.800 paparan panduan keselamatan berlalu lintas.

3.    Astra Untuk Indonesia Hijau

Pengelolaan area konservasi dan perlindungan keanekaragaman Hayati terpadu yang berkelanjutan merupakan salah satu fokus utama Astra dalam menjalankan bisnis. Melalui pilar Lingkungan, sampai kini, Astra telah menanam 4.444.947 pohon, 1.103.493 pohon mangrove, membuka 27.439 hektar ruang terbuka hijau serta membangun 17 bank sampah.

4.    Astra Untuk Indonesia Kreatif

Dukungan Astra terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah dilakukan sejak 37 tahun lalu melalui Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA). Hal ini merupakan bentuk komitmen Astra untuk menumbuhkan usaha produktif di masyarakat dengan mendorong penciptaan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat.


Melalui program-programnya, Astra menunjukkan dedikasi yang tinggi demi kemajuan bangsa Indonesia. Astra selalu berusaha menjadi sebuah perusahaan yang mampu mengispirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara.




8 komentar:

  1. Balasan
    1. Ayo mbak, semangat yaaa ^^ Kita belajar sama-sama

      Hapus
  2. Balasan
    1. Ayo mbak, semangat yaaa ^^ Kita belajar sama-sama

      Hapus
  3. Sudah beberapa kali dengar program Astra yang keren-keren, semoga semakin berkontribusi untuk bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Mari kita dukung program-program Astra untuk kemajuan bangsa ^^

      Hapus
  4. Saya pernah ikut acara seminar nasional guru-guru binaan Astra, sungguh beruntung Guru tersebut mendapatkan pelatatihan dan pembinaan secara gratis sehingga bisa menghasilkan sebuah karya ilmiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... Beruntung banget para guru itu ya mbak Desi. Terbukti Astra turut peduli dalam pengembangan SDM termasuk untuk para guru

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...