Rabu, 18 Oktober 2017

Tentang Nodiwa





“Assalamu’alaikum, Mbak Nodiwa, perkenalkan, saya … bla … bla … bla …”

Begitulah beberapa kali kalimat perkenalan yang mampir di whatsapp, email, inbox atau direct message di gawai saya. Hmm … Nodiwa. Bukan julukan asing sebenarnya. Hanya saja, saya tidak terbiasa dipanggil dengan ‘nama’ itu, lebih akrab dengan panggilan Nova ^^.

Awal mula penamaan Nodiwa yang digunakan di hampir semua akun media sosial yang saya miliki adalah, terinspirasi dari sosok seorang Nova Riyanti Yusuf. Siapakah dia? Penasaran dengan sosok ini? Oke, sedikit cerita tentangnya ya.


Menurut info yang saya dapatkan dari hasil goggling, Nova Riyanto Yusuf adalah salah satu penulis di Indonesia, yang mempunyai latar belakang pendidikan psikiater. Ia memilih nama NoRiYu (sesuai singkatan dua huruf awal pada penggalan nama aslinya), yang seringkali digunakan pada blog pribadi juga hasil karyanya yang lain.


Banyak karya yang telah dilahirkan dari Noriyu, antara lain 3 novel : Mahadewa Mahadewi (Gramedia Pustaka Utama, 2003), Imipramine (Gramedia Pustaka Utama, 2004), dan 3some (Gagas Media, 2005). Nova juga menulis novel adaptasi dari 3 skenario film “30 Hari Mencari Cinta” (adaptasi skenario karya Upi Avianto), “Betina” (adaptasi skenario karya BE Raisuli), dan “Garasi” (adaptasi sekenario karya Prima Rusdi). 


Selain itu, kumpulan esainya telah tersebar di berbagai media massa Indonesia seperti Koran Tempo, majalah Gatra, majalah MTV Trax juga menulis secara regular di Djakarta Magazine. Dalam waktu senggangnya, NoRiYu mnenuliskan resensi musik yang berkisar dari genre indie Indonesia,  di majalah Mazzy Star.

Ketika memutuskan untuk menggunakan ‘Nodiwa’, saya menganggap bahwa nama ini unik, seperti halnya ‘Noriyu’. Nama ini saya gunakan sudah bertahun-tahun, sejak pertama kali saya tertarik , juga saat membuat akun surat elektronik, yaitu nodiwa.78@gmail.com.


Begitu pula halnya saat memutuskan untuk mempunyai blog pribadi, sayapun menggunakan nama ‘Nodiwa’. Sama sekali tidak menyangka bahwa saya juga mengikuti jejak seorang Nova Riyanti Yusuf untuk berkecimpung di dunia tulis-menulis, meskipun genre kami sama sekali berbeda. Tentu saja untuk meraiih posisi sebagai penulis sekaliber ‘NoRiYu’, saya membutuhkan waktu yang tidak singkat.


Jadi, begitulah. Nodiwa adalah akronim dari nama asli saya yaitu Novarina Dian Wardani. Semoga penamaan ini bisa juga menjadi branding bagi saya, sebagai calon penulis seperti NoRiYu (aamiin). 


Jadi, sudah tahu kan, bedanya Nova dengan ‘Nodiwa’?! Hehehe … Semoga tidak ada yang salah panggil, ya. Kalaupun masih ada yang memanggil saya dengan ‘Nodiwa’, pasti belum membaca postingan ini :D



Postingan ini diikutsertakan dalam Program One Day Post yang diselenggarakan oleh Blogger Muslimah Indonesia.


#ODOPOKT17



14 komentar:

  1. Gitu ya mbak Nov? Saya juga pernah mbatin kok Nodiwa ya, bukane Nova. Tapi hari ini saya menemukan jawabannya. Hihihi... Semoga bisa menyusul kesuksesan NoRiYu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...

      Iya, mas Wakhid. Itulah sejarah 'Nodiwa'... Semoga tidak salah srbut, hehe

      Hapus
  2. Rahayu Wulansari18 Oktober 2017 08.21

    Kalau saya jadi RaWu dong mbak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambahin huruf 'k' jadi kRaWu hehe
      #becanda mbak Ayu ^^

      Hapus
  3. hehe, nama nya unik, jadi penasaran. eeh dibuka lah rahasianya, oleh mbak sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan rahasia kok mas Fajar ^^

      Terima kasih udah dibilang unik hehe

      Hapus
  4. Akupun pernah membuat nama akronim astata, teman temanku pada suka dan ada juga yang memanggil dengan nama itu. katanya sich biar kek artis, hehehee

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Bisa sih, dianggap nama pena. Bisa juga branding ^^

      Hapus
  6. Orang biasanya membalas komentar saya dengan sebutan mba Sitti. Meskipun saya dipanggil Ima, saya tidak protes dipanggil begitu karena mereka memang tidak tahu nama panggilan saya.
    Semoga dengan tulisan ini, tidak ada lagi yang menyebut mba dengan nama Nodiwa.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...