Senin, 02 Oktober 2017

Setiap yang Tertinggal akan Menjadi Sejarah





Apapun yang telah dan pernah kita alami dan rasakan, akan selalu menjadi bagian dari hidup yang kita jalani. Berbagai peristiwa, baik yang menyenangkan ataupun tidak, harapan-harapan yang tercapai ataupun belum, baik yang kita alami sendiri maupun dialami oleh orang lain, dengan kata lain, segala apapun yang telah berlalu, bisa dinamakan sebuah sejarah hidup.

Menurut situs Wikipedia, sejarah yang berasal dari bahasa Yunani, dari kata historia, mempunyai arti yaitu penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian, atau studi tentang masa lalu, yang ada kaitannya dengan manusia.

Setiap manusia di dunia pasti mengalami berbagai peristiwa atau sejarah dalam hidupnya. Diantara sekian banyak sejarah hidup yang dialami, terkadang membuat manusia sulit untuk melupakan, selalu terbawa dalam setiap napas kehidupannya. Ada yang merasa sedih berkepanjangan karena ditinggal oleh orang-orang yang disayangi, merasa bahwa dia satu-satunya orang yang paling merasa kehilangan di dunia ini. Lupa bahwa masih banyak orang lain yang merasakan kehilangan dengan kondisi yang jauh lebih memprihatinkan.

Ada seorang istri yang setiap hari hanya menangis sedih setelah suaminya meninggal. Tubuhnya mengurus, tiada nafsu makan hingga jatuh sakit. Dirinya merasa bahwa Allah tiada memberikan keadilan padanya, karena suami yang dicintai telah diambil olehNya. Dia begitu mudah menyalahkan keadaan, lupa bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendakNya. Lupa bahwa apapun yang pernah dialami dengan sang suami telah menjadi bagian dari sejarah hidup, dan dia harus tetap meneruskan langkah kehidupan, dengan rasa ikhlas.

Tidak sedikit manusia yang tidak bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari berbagai peristiwa yang pernah dialami, apalagi peristiwa yang seharusnya membuat semakin menginstropeksi diri. Terkadang lalai bahwa sejarah kehidupan yang terus ada selama manusia hidup, menorehkan kisah agar kita bisa mengambil hikmah.

Manusia terkadang lupa, bahwa setiap ujian dan cobaan yang diberikan, merupakan bukti cinta Allah pada hambaNya. Lupa bahwa Allah tidak akan menguji diluar batas kemampuan manusia. Lupa bahwa dengan diberikannya ujian sebenarnya adalah untuk meningkatkan derajat manusia. Manusia hanya diminta untuk tetap tawakal dan berserah diri pada Allah.



Postingan ini diikutsertakan pada Program #OneDayOnePost selama bulan Oktober 2017, yang diselenggarakan oleh Blogger Muslimah Indonesia.





#ODOPOKT1

50 komentar:

  1. iya bener banget, Allah memeberikan ujian agar kita naik kelas ya dan yang mesti diingat adalah janjiNya, kalo disetiap kesulitan pasti bakalan ada kemudahan.

    Semoga kita menjadi manusia yang penuh dengan bersyukur yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak Hanie :)

      Betul. Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.

      Hapus
  2. Tapi seringnya kita lupa, bahwa Allah sudah merencanakan yang terbaik untuk kita.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah. Manusia memang tempatnya lupa :(

      Hapus
  3. Betul, apa yang terjadi di masa lalu membuat kita belajar, ujian dan cobaan ga akan melampaui batas kekuatan kita. Saat ujian datang kadang kita ga langsung bisa ambil pelajaran dari situ, mungkin butuh waktu beberapa lama baru kita menyadari bahwa ada hikmah di balik setiap ujian yg terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan biasanya manusia terlambat menyadari bahwa ada hikmah di setiap kejadian

      Hapus
  4. Karena Allah tau apa yg kita butuhkan, bukan apa yg kita inginkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak. Namun terkadang yang diingat manusia adalah apa yang diinginkan

      Hapus
  5. belajarlah dari sejarah, begitu kata pepatah. tapi terkadang kita enggan melihat sejarah ya mbak, padahal masa lalu itu lah menjadi cerminan kita untuk menjadi lebih baik di masa datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan seringkali menyesal karena tidak bisa mengambil pelajaran dari sebuah sejarah

      Hapus
  6. Tetap tawakal dan berserah diri..Karena Allah hanya membebani sesuai kemampuan kita saja..Ya kan, Mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Allah tidak akan membebani diluar kemapuan umatNya :)

      Hapus
  7. Ada seorang istri yang setiap hari hanya menangis sedih setelah suaminya meninggal. Tubuhnya mengurus, tiada nafsu makan hingga jatuh sakit. Dirinya merasa bahwa Allah tiada memberikan keadilan padanya, karena suami yang dicintai telah diambil olehNya. Dia begitu mudah menyalahkan keadaan, lupa bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendakNya. Lupa bahwa apapun yang pernah dialami dengan sang suami telah menjadi bagian dari sejarah hidup, dan dia harus tetap meneruskan langkah kehidupan, dengan rasa ikhlas.

    _______

    Hiks...
    Kadang yah kita suka kesel ma suami. Kalau ngebayangin kaya gini, merembes mili juga jadinya.

    Mending inget2 sejarah percintaan yg indah2 deh kalu lagi kesel ma suami ya, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat yang senang-senang aja ya, Mbak :)

      Hapus
    2. Setuju mba Angga. Pastii berat banget yaa klo sampe kehilangan, diikhlas2in jg sulit. :( Makasih mba udah ngingetin keadaan yg harusnya saya syukurin banget eh tapinya malah masih sering kufur nikmat. :(

      Hapus
  8. Setiap peristiwa pasti ada hikmahnya ya. Terima kasih sudah mengingatkan kembali, Mbak. Kadang suka lupa ketika terbawa perasaan duka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berduak pasti ada pada setiap manusia. Tapi alangkah baiknya bila tidak berlama-lama. Yang penting ada keikhlasan, maka beban hati akan berkurang

      Hapus
  9. Aku menuliskan sejarah perjalananku di blogku Mbak, yaaah, selain untuk mengenang sendiri, siapa tahu ada teman masa kecil yang membacanya, kan jadi ketemu teman kecil, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog sebagai salah satu cara untuk menuliskan sejarah hidup kita, dan disanalah kita tinggalkan jejak :)

      Hapus
  10. Oalah..pantasan dari tadi BW banyak pembahasan tentang sejarah. Baru ngeh kalau ini salah satu tema One Day One Postnya Blogger Muslimah :)

    BalasHapus
  11. Sejarah... sesuatu yang harus dikenang dan di ingat...😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ... Juga agar kita bisa mengambil hikmah dari dejarah :)

      Hapus
  12. Sejarah... sesuatu yang harus dikenang dan di ingat...😃

    BalasHapus
  13. Aku selalu berpikir bahwa sesuatu yang sudah berlalu biarlah berlalu.
    Padahal itu sejarah (rekam jejak) hidup kita.

    Jadi rajin-rajinlah merekam jejak sejarah kita sendiri.
    Siapa tau kelak bermanfaat untuk orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat tulisan yang kita buat, semoga bisa meninggalkan jehak yang bermanfaat :)

      Hapus
  14. Setiap kita akan menjadi sejarah pada saatnya ya Mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun yang pernah terjadi dan kita alami, pasti akan menjadi sejarah hidup kita :)

      Hapus
  15. Sejarah hidup selalu jadi pembelajaran bagi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari setiap sejarah hidup, baik yang kita alami sendiri maupun dialami orang lain

      Hapus
  16. Makjleb banget mba. Kadang kalau ada ujian malah sibuk menyalahkan diri sendiri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seringkali kita mencari pembenaran sendiri tanpa peduli pendapat orang lain :(

      Hapus
  17. saat ini sesungguhnya kita sedang mengukir sejarah hidup bagi generasi kita nantinya. maka ciptakan sejarah hidup yang baik agar dpt dikenang sebagai kebanggaan kelak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Meskipun ada sejarah yang kelam, semoga kita bisa mengambil pelajaran darinya

      Hapus
  18. halo mbak nodiwa, salam kenal yah..

    iya, betul.. sejarah membuat kita bisa instrospeksi diri :D

    BalasHapus
  19. Intinya banyak hal yang dapat kita petik dari mempelajari masa lalu ya mbak? Setidaknya dengan melihat kesalahan kita di masa lalu kita jadi tahu hal2 yg dapat kita perbaiki dan tidak mengulanginya di masa mendatang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejarah mengajarkan kita agar mau belajar dari kesalahan agar bisa menjadi lebih baik lagi

      Hapus
  20. bener mbak, semua akan jadi sejarah, baik yg baik maupun yg buruk semua insyaAllah ada pelajarannya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari setiap sejarah kehidupan, yang baik maupun yang buruk

      Hapus
  21. Sekoga kita termasuk dalam golongan orang2 yg selalu bisa mengambil hikmah dr setiap kejadian ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin
      Akan selalu ada hikmah dari setiap kejadian ;)

      Hapus
  22. Betul.mbak sepakat sekali dengan kalimat penutupnya. Salam kenal mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, mbak Sri :)

      Hapus
  23. Setiap ujian yang Allah berikan pasti sesuai kesanggupan hambaNya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah tak akan memberikan ujian diluar kemampuan hambaNya

      Hapus
  24. ambil pelajaran dari sejarah lalu hadapi hari ini. Janganlah berlarut-larut dalam masa lalu karena ada masa depan yang harus disongsong. Selamat ODOP!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya harus bisa move on ya mbak.

      Semangat ODOP juga :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...