Kamis, 19 Oktober 2017

Saring Sebelum Sharing





Postingan ini dilatarbelakangi saat saya membaca postingan berisi kekecewaan dari salah satu teman di beranda akun facebooknya. Tentang perbuatan orang lain yang dengan seenaknya menyalin dan menempelkan kalimat-kalimat inspiratif yang telah dibuatnya. Apalagi seseorang tersebut tidak mencantumkan sumber tulisan. Saya ikut sedih.

Bertambah rasa miris saat mengetahui bahwa seseorang itu telah melakukan perbuatan asal copas sebanyak 2 kali, dan selalu dimaafkan oleh teman saya (baik hati banget, ya).


Sebetulnya banyak yang tidak suka dan menyayangkan perbuatan asal copas tersebut. Termasuk saya. Akibatnya, saya jadi ikutan nyinyir dan memberi komentar pedas, dengan menyampaikan, bahwa seseorang itu tidak kreatif dan seperti tidak mempunyai ide menulis saja 


Well … setiap orang memang berhak berpendapat, ya. Setiap orang bebas membuat postingan apapun di semua akun media soisal yang dipunya. Negara memberi kebebasan kok untuk itu. Tapi, mbok ya dipikir dulu. Jadi orang itu yang punya jiwa kreatif, jangan asal meniru.


Perbuatan yang dilakukan oleh seseorang _yang namanya tidak perlu tercantum di postingan ini, sungguh bukan perbuatan yang menunjukkan itikad baik seseorang. Menurut saya, hal tersebut trermasuk kejahatan intelektual, sama sekali tidak menghargai hasil karya orang lain.


Memang sih ya, media sosial milik semua orang, siapapun berhak membuat tulisan dan atau gambar, bahkan video, juga memberikan informasi dalam bentuk apapun kepada publik. 


Apapun yang kita bagikan melalui akun media social, sebaiknya ada filter (saring), yang datangnya dari diri sendiri. Meskipun itu sekadar tulisan sederhana. Hal ini dikarenakan setiap oang mempunyai persepsi yang berbeda tentang suatu hal.


Selain itu, alangkah baiknya, tidak begitu saja membagikan sebuah postingan. Bagi setiap orang yang memahami dan bisa menghargai hasil karya orang lain, tentu akan mengambil sikap yang bijak, Tidak perlu saya jelaskan, sinonim dari orang yang mengambil milik orang lain tanpa izin. Termasuk juga meminta izin dari pemilik asli sebuah tulisan.


Bijaklah dalam membagikan sesuatu, termasuk juga berbagi tulisan. Saring yang tidak perlu, agar ada manfaat yang bisa diambil oleh orang lain. Tebarkanlah kebaikan, dan yakin bahwa tidak ada kebaikan yang sia-sia.



Postingan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post yang diselenggarakan oleh Blogger Muslimah Indonesia.


#ODOPOKT18




2 komentar:

  1. Copas..terus saat temannya bilang bagus, dianya bilang terima kasih..padahal hasil tulisan orang yang bikinnya pakai pikiran. Sementara dia cuma modal jari tangan...Aaah, banyak Mbak kayak gini..

    Yang sampai menang lomba blog aja ada. Padahal yang punya tulisan awal merasa beberapa paragraf itu hasil karyanya..(di publish duluan berarti dia duluan yang punya ya...Mirip banget). Tapi menang!

    BalasHapus
  2. Menyakitkan ya mbak, saat orang lain 'mencuri' karya kita begitu saja. Sama sekali tidak bisa menghargai perjuangan orang lain :(

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...