Minggu, 08 Oktober 2017

Cobalah Saja!


sumber foto : google





Seringkali kita merasa ragu untuk mencoba sesuatu yang baru. Khawatir akan hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Merasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri. Teman-teman pernah mengalami hal seperti ini?


Saya pernah mengalami seperti hal di atas. Ketika menemukan sesuatu yang baru, menarik dan menyenangkan. Dalam hati ingin sekali mencoba untuk mengenal lebih dalam segala hal yang terkait dengan sesuatu tersebut. Namun ada hal yang membuat hal itu menjadi terhambat. Saya ragu untuk meneruskan niat, bahkan memulai langkah pertama berubah menjadi surut. Ya, saya merasa takut dan khawatir. Kepala seolah dipenuhi pikiran-pikiran akan berbagai hal yang belum tentu terjadi.


Banyak hal baru yang menghampiri, atau ingin saya ketahui lebih dalam, salah satunya adalah tentang menulis di blog.


Jujur saja, hingga sekarang, saya merasa masih harus banyak belajar tentang menulis di blog dengan baik. Tidak hanya sekadar menulis saja. Masih sering merasa sebagai pemula yang belum tahu apapun tentang ilmu ngeblog yang baik. Pengertian baik di sini relatif ya, setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda.


Saya mempunyai blog sudah lama. Sejak tahun 2013, dengan nama www.nodiwa.blogspot.com (sekarang sudah pindah menjadi dot com). Namun saat itu hanya membuat blog tanpa tahu harus diisi dengan apa. Padahal salah satu teman kerja saat itu sudah memberi masukan (dia juga yang pertama kali mengenalkan saya dengan blog), agar saya menulis tentang apa saja di dalamnya. Apakah saya memenuhi saran tersebut? Tidak! Sama sekali tidak. Teman-teman tahu alasannya? Karena saya tidak berani mencoba untuk menulis di blog tersebut. Ada ketakutan dan kekhawatiran tidak beralasan sehingga blog dibiarkan kosong selama bertahun-tahun. Menyedihkan.


Hingga suatu hari, di awal tahun 2016, saya membaca postingan salah satu teman di akun media sosial yang dimiliknya. Dia seorang penulis. Saat itu, postingannya tentang menulis seolah membangkitkan kembali semangat saya untuk mencoba menuang kata, bukan sekadar update status di akun media sosial.


Tiba-tiba saya teringat dengan blog yang sudah sekian lama tidak terjamah. Merasa menemukan sebuah tempat untuk menampung segala isi hati. Menulislah saya di sana. Sebuah kenikmatan tersendiri ketika berhasil menyelesaikan sebuah tulisan di blog pribadi. Walaupun pada awalnya hanya beberapa paragraf saja. Ada rasa nyaman saat menjadikan blog sebagai diary online bagi saya.


Begitulah. Seiring berjalannya waktu, saya terus mencoba untuk menulis, menulis dan menulis. Ada sesuatu yang terasakan ketika menulis menjadi bagian dari hidup, menjadi sebuah kebutuhan.


Saya tidak bisa membayangkan, apabila saat itu tetap tidak mau mencoba untuk menulis. Mungkin hingga akhir hayat, hanya akan ada penyesalan, karena tidak meninggalkan jejak aksara selama dikaruniai hidup yang begitu indah olehNya.


Kembali pada kejadian yang telah lalu, membuat hati ini tersadar. Setidaknya saya pernah melewati masa mencoba melakukan suatu hal yang benar-benar baru dalam hidup. Melawan rasa takut dan khawatir dengan tetap melakukan sesuatu yang bermanfaat. Ya, saya telah memantapkan diri untuk mencoba. Berusaha menikmati segala proses didalamnya. Hingga saat ini saya masih terus menulis. Semoga hal ini terus saya lakukan, hingga raga tak mampu lagi menggores pena.


Bilapun ada diantara tulisan tersebut bermanfaat bagi orang lain, alangkah bahagianya. Semoga untaian aksara yang pernah tertorehkan, ada yang bisa dijadikan sebagai tabungan amal bagi saya. Aamiin.


Mencoba sesuatu juga salah satu langkah untuk mengukur kemampuan diri. Tidak ada salahnya mencoba melakukan hal-hal baru yang menarik bagi kita. Bila kita terus meragu, takut dan khawatir, kapan dong bisa berani menunjukkan kemampuan diri? Cobalah saja, hilangkan keraguan, nikmati prosesnya. Hasil tak terduga, bahkan lebih dari yang teman-teman perkirakan, bisa jadi akan diperoleh.



Postingan ini diikutsertakan pada Program One Day One Post yang diselenggarakan oleh Blogger Muslimah Indonesia.


#ODOPOKT7

10 komentar:

  1. satu lagi mbak, malu menunjukkan eksistensi positif kita, kedunia melalui tulisan. :D itu yang harus kita kurangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Fajar. Harusnya kita tunjukkan pada dunia kalau kita bisa :)

      Hapus
  2. Terimakasih supportnya mbak Lisa ^^

    BalasHapus
  3. Selamat mba, sudah berani mencoba ^^

    BalasHapus
  4. Selamat mba, sudah berani mencoba ^^

    BalasHapus
  5. Setuju mba. Semoga apa yang kita tuliskan di blog kita, memberi manfaat untuk banyak orang :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...