Selasa, 31 Oktober 2017

Akhirnya Sampai Juga




Alhamdulillah … akhirnya sampai juga. Begitulah yang saya rasakan hari ini. Tepat pada tanggal 31 Oktober 2017, saya bisa membuat sebuah postingan untuk mengakhiri Program One Day One Post (ODOP) Bulan Oktober 2017, yang digagas oleh komunitas Blogger Muslimah Indonesia.


Sebuah perjalanan yang cukup panjang dan berliku. Penuh perjuangan. Banyak onak yang menyertai. Peluhpun sering membasahi.


Mungkin bagi teman-teman yang sudah terbiasa membuat postingan-postingan keren dan menulis setiap hari, tidak menjadi masalah. Namun bagi saya yang masih pemula, tentu hal ini tidak mudah untuk dijalani.


Banyak kendala yang pernah saya alami selama program berlangsung. Kendala utama adalah kelelahan fisik. Memang tidak mudah membagi waktu dan tenaga saat menjalani peran sebagai seorang istri, ibu dan perempuan bekerja, tetapi mempunyai minat yang tinggi dalam menulis. Terkadang membuat postingan hanya sekadar memenuhi kewajiban saja (bukan kadang, tapi sering).


Tapi saya ingin tetap menulis. Meskipun hanya tulisan yang dianggap ringan, belum berbobot seperti milik teman-teman yang rajin menulis dan memposting di blog pribadi. Tulisan saya masih berkesan curahan hati ala emak-emak. Hiks.


Mengikuti program ODOP kali ini, buat saya adalah untuk melatih kedisiplinan dan konsisten dalam menulis. Memupuk kebiasaan menulis setiap hari penting agar saya tetap menulis dalam kondisi apapun, kecuali memang benar-benar tidak memungkinkan untuk melakukannya.


Kenapa harus menulis?


Bagi saya, menulis itu untuk mengungkapkan segala hal yang ada dihati dan pikiran dalam bentuk kata, hingga terangkai berbagai kalimat dan menjadi sebuah tulisan. Saya bisa menuang semua rasa dengan menulis. Apapun rasa itu. Ternyata hal ini bisa membuat kenyamanan dan ketenangan dalam jiwa. Itu menurut saya lho.


Begitulah. Sayapun menulis tentang apa saja yang ingin ditulis. Terkadang tidak peduli bahwa tulisan hanya berisi curhatan pribadi, seperti saat ini. Bagi saya, hal penting adalah diri senang melakukannya, yang penting tulisan tidak berisi tentang hal-hal ke arah negatif dan bisa memberi manfaat bagi orang lain.


Beruntung sekali saya diberi kesempatan dan bisa mengikuti program ODOP dari Blogger Muslimah Indonesia ini. Keinginan untuk membiasakan menulis di blog pribadi semoga tidak hanya sampai disini.


Bolehlah saya berharap, selagi raga masih mampu melakukan, dari jejak-jejak aksara yang tertinggal, semoga saya bisa bermanfaat dan menginspirasi bagi orang lain, dengan menebar kebaikan, meskipun hanya melalui tulisan.



Postingan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post yang diselenggarakan oleh Blogger Muslimah Indonesia.



#ODOPOKT29




14 komentar:

  1. Alhamdulillah, semoga program one day one post bisa menjadikan motivasi bagi sesama untuk semangat menulis dan berbagi lewat postingan yang mampu memberi manfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Doakan aku agar selalu bisa berbagi dengan sesama, meski lewat tulisan ya mbak Maya ^^

      Hapus
  2. yaaa, walau program nya sudah selesai. mbak ,harus semangat selalu ngeblog dan berbagi lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah tetap semangat, mas Fajar. Terima kasih supportnya ya ^^

      Hapus
    2. aamiin. sesama blogger . harus saling mendukung . mbak :)

      Hapus
  3. Yeee, syukuran deh mbak. Siap nunggu di Kentang Batch 4

    BalasHapus
  4. Semangaaaattt ... Mba!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Denik. Semangat juga buat mbak ^^

      Hapus
  5. Selamat Mbak! Semoga terus semangat ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Dian. Selamat juga untuk mbak Dian yang bisa ngodop full selama 30 hari.

      Semoga semangatnya menular ke aku. Aamiin ^^

      Hapus
  6. Sedih,,,saya nggak berhasil lolos..
    Cuma dapat 20 postingan..itu aja udah ngos2an..menyelipkan diantara kerjaan..
    tapi seneng juga jadi bisa produktif..semoga bisa ikutan lagi dan lebih berjuang

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...