Rabu, 20 September 2017

Tips Menghalau Bad Mood



Sudah 2 minggu batuk menyerang, membuat saya menjadi tidak nyaman untuk melakukan aktivitas apapun. Jengkel dan rasanya ingin marah saja. Tiada kunjung reda sakit ini, membuat bad mood sering menghinggap.

Rasa tidak nyaman atau bad mood yang datang membuat saya seringkali tidak bisa berpikir jernih, termasuk juga merasa tidak mempunyai ide untuk menulis, padahal hati ini ingin sekali melakukannya. Tak jarang lantas menyalahkan diri sendiri, kenapa juga harus diserang batuk. Duh, satu hal yang tidak patut dicontoh ya, teman-teman. Jangan seringkali menyalahkan diri sendiri, berdamai sajalah. Cintai diri sendiri itu harus, karena dengan cinta, maka semuanya akan terasa indah dan membahagiakan.

Pelan-pelan, sayapun menyadari, bahwa bila hanya dengan mengeluh, maka akan semakin memperparah sakit dan tiada kunjung sembuh. Tentu segala aktivitas tidak akan berjalan dengan lancar bila saya membiarkan keadaan seperti ini terus. Hal ini tentu tidak boleh terjadi, bukan? Saya ingin segera sembuh dan bisa melakukan apapun dengan baik.

Lantas, apa yang saya lakukan? Kali ini, saya ingin berbagi tentang beberapa hal yang saya lakukan, dan mungkin saja memberi sedikit manfaat bagi teman-teman yang sedang dilanda bad mood :

1.    Diam dan Menyepi
Dengan berdiam diri tanpa berkomunikasi dengan siapapun bisa mengurangi bad mood. Jika memungkinkan, bisa menyepi ke sebuah tempat sejenak saja. Suasana yang tenang akan membuat hatipun menjadi tenang, rileks sekaligus introspeksi diri lebih dalam.


2.    Tidur malam lebih awal
Ya, tidur malam lebih awal saya lakukan. Biasanya tidur di atas jam 10, tetapi beberapa hari ini tidur malam lebih maju 1 jam, kadang lebih. Sebelum jam 9 malam saya sudah tidur. Dan akhirnya bisa bangun lebih pagi dalam keadaan lebih segar.


3.    Matikan gawai
Sungguh, awalnya memang berat. Terbiasa menggunakan gawai, sering membaca update status teman-teman, blogwalking dan apapun aktivitas yang berkaitan dengannya, lantas tiba-tiba harus putus begitu saja *halah, rasanya, gimanaa, gitu. Tapi saya harus melakukannya. Dan ternyata memang bisa. Toh, esok hari masih bisa menghabiskan waktu bersamanya, kan *apaan sih?


4.    Menghirup napas dalam-dalam
Ambil napas pelan-pelan, dan hembuskan perlahan. Lakukan minimal sebanyak 3 kali, dan rasakan perubahan suasana hati.


5.    Nonton Film Kartun
Melihat kekonyolan tokoh-tokoh dalam film kartun akan membuat kita tertawa terbahak-bahak. Tertawa lepas dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa tidak nyaman atau bad mood yang sedang melanda. Akhir-akhir ini saya merasa nyaman melihat film kartun bersama anak. Hmm … jadi tercipta quality time bersama si kecil, bukan?


6.    Berpikir Positif
Meskipun rasa tidak enak hati sedang menerpa, saya tidak boleh larut dalam keadaan. Selain itu, tetap berpikir positif dan meyakinkan diri bahwa setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Toh, batuk akan segera berlalu. Betul?


7.    Berdoa
Membaca doa dan berusaha ikhlas menerima segala kondisi atau kejadian yang menimpa akan mengurangi beban hidup yang dijalani, termasuk mengurangi rasa tidak nyaman pada diri.


Nah, itulah beberapa langkah yang saya lakukan saat menghalau bad mood, hanya karena batuk yang sedang melanda. Tentu jangan lupa untuk tetap minum obat lho. Kan ini salah satu satu ikhtiar agar cepat sembuh. Betul?


Bila bad mood hilang, maka aktivitas apapun, insyaaAllah menjadi lancar.

Semoga bermanfaat.



15 komentar:

  1. tidak hanya berdoa mbak, baca Alquran. ngobrol dengan Rabb. bisa menghilangkan badmood :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul betul. Ditambahkan di list ya mas Fajar :)
      Terimakasih lho masukannya :)

      Hapus
    2. sama sama mbak, saling mengingatkan aj kita ni :)

      Hapus
  2. Syafakillah Bun... Flu emang gak enak bingit rasanya.... Hehe

    BalasHapus
  3. Itulah sebabnya iput mau ke tempat yg berbeda. Beda dari kota Jakarta. Rasanya pen menenangkan diri:((

    BalasHapus
  4. Lagi musim nih batuk. Di rumah saya, hampir semuanya kena batuk. Termasuk saya.Alhamdulillah anak-anak tetap sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas sembuh ya mbak Keke :)

      Hapus
  5. Aamiin... Terimakasih mbak Karhien :)

    BalasHapus
  6. Cocok sama yang matiin gawai. Udah lupain aja semua, lupain~ hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupain tapi ntar balik lagi ya mbak Lulu hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...