Senin, 14 Agustus 2017

Tips Menjaga Semangat Menulis

sumber foto : google


Postingan kali ini sebagai pengingat agar aku tetap mempunyai semangat untuk menulis. Tentu ada harap, semoga saja, ada yang bisa memberi manfaat bagi orang lain.

Awal mula aku benar-benar suka menulis ya baru setahun ini. Dimulai dari bikin update status di facebook, nge-tweet di twitter dan membuat postingan di blog pribadi (yang sudah jadi sarang laba-laba). Soal blog pribadi, jujur saja, aku memang lebih senang membuat postingan di sini. Rasanya asyik aja gitu. Padahal pertama kali punya blog itu tahun 2013, eh, baru aktif ngisi awal tahun 2016. Duh, kemana aja, Neng? *tutupmuka.

Sempat mengikuti beberapa pelatihan menulis secara online, membuat semangat menulis makin membara. Berkomunitas dan saling berbagi ilmu dengan orang-orang yang mempunyai passion yang sama itu sangat menyenangkan. Saat semangat sering up and down, teman-teman dalam komunitas saling support hingga aku tidak mengalami writer’s block yang berlarut-larut, tidak (jangan lah ya) mengalami big break dalam menulis, atau malah mengubur dalam-dalam keinginan untuk menjadi penulis. Duh, semoga tidak deh. Aku masih ingin menjadi penulis hingga tidak ada kemampuan lagi menuang kata. Semoga.

Satu langkah awal akan menentukan langkah selanjutnya. Tak terkecuali dalam hal menulis. Satu huruf terketik, maka akan menjadi sebuah kata, lantas menjadi rangkaian kalimat. Namun terkadang ragu menyergap hingga semua tinggal angan belaka. Tak satupun tulisan dihasilkan. Tentu ini suatu hal yang tidak perlu terjadi jika ada keyakinan dalam diri bahwa kita bisa : menulis!

Lain halnya ketika memutuskan untuk mempunyai passion dalam menulis, kita akan melakukan apapun agar hal tersebut terus dilakukan. Meskipun banyak rintangan menghadang. Tak akan menghentikan cita bila keyakinan kuat telah terpatri dalam jiwa. Agar semangat menulis tetap ada, berikut ini langkah-langkah yang mungkin bisa     dicoba :

1.     Menulis dari yang sedikit dan sederhana
Ingatlah bahwa tidak ada yang instan dalam hidup ini untuk menggapai cita. Semuanya butuh proses. Bayangkan saja kita sedang menempuh sebuah perjalanan. Bukankah selalu diawali dari langkah pertama? Begitu juga dalam menulis, hanya butuh langkah pertama untuk mencapai puncak sukses dunia penulisan yang digeluti. Tidak ada cara yang instan. Menulislah dari yang sedikit, meskipun itu sederhana. Lakukan secara terus-menerus.

2       Jangan khawatir

Jangan khawatir tulisan tidak ada yang membaca. Jangan khawatir tulisan dianggap jelek. Jangan khawatir tidak bisa melanjutkan menulis. Tetaplah menulis. Bukankah hidup ini terlalu pendek untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tak perlu?

3.     Tekunlah
Tidak ada langkah besar untuk sukses, yang ada adalah dengan langkah kecil yang terus-menerus. Ingatlah bahwa dengan ketekunan, air yang lembut dapat melubangi batu yang keras. Demikian halnya dengan menulis. Semakin tekun berlatih menulis, maka kesuksesan dalam kepenulisan pasti datang.

4.     Membaca
Membaca sangat penting seorang penulis. Bacaan adalah bahan baku, tulisan adalah produk jadinya. Bila tidak membaca maka kita tidak akan bisa “memproduksi” buku yang baik dan menarik. Stephen King pernah berkata, “Jika Anda tidak punya waktu untuk membaca, Anda tidak akan punya waktu untuk menulis. Sesimpel itu.”

5.       Jangan Mudah Menyerah

Mengawali sesuatu biasanya memang paling sulit. Namun bila tidak ada langkah awal, maka tidak akan ada sesuatu pun yang terjadi, tidak ada satupun tulisan bisa dihasilkan. Hambatan dan kesulitan pasti dialami dalam menulis, tapi jangan mudah menyerah. Tetaplah menulis dan nikmatilah.


Aku memang belum sekeren teman-teman yang sudah lebih sukses terlebih dahulu dalam karir kepenulisan mereka. Karya masih berupa beberapa buku antologi dan beberapa job review. Masih terlalu sedikit memang. Tapi ada keyakinan bahwa suatu saat keberhasilan akan menghampiri. Ada keyakinan bahwa setiap tulisan akan menemui takdirnya masing-masing. Aku berharap bisa menjadi insan yang bermanfaat bagi sesama meski lewat untaian kata.




18 komentar:

  1. Bwner banget... Menulis g usah yg ribet ribwt. Yg sederhana aja.... Yg ribet justru gak kekejar ntar.. Yg sederhana lbh sering populer dan bnyk diminati orang.. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap! Semangat :)
      Terimakasih sudah mampir, mas Lutfi :)

      Hapus
  2. Banyak membaca penting banget ya mba. Makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya, mbak Liswanti :)

      Hapus
  3. Saya ini yang sering up and down...makasih tipsnya ya. Semoga semangatnya menular ke says.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita saling menyemangati ya mbak Elin. Saya juga masih sering up and down nulisnya :(

      Hapus
  4. Betul nih, kita jgn memaksakan untuk ikut-ikut menulis apa yang orang lain tulis, tulisan yang ringan-ringan saja, toh yang ringan bukan berarti tidak bermanfaat. Yakin deh pasti akan ditemukan oleh pembacanya. Terutama kita sendiri akan dibuatnya tersenyum hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget nih mvak Maya. Mulailah menulis dari hal-hal yang sederhana :)

      Hapus
  5. Lah kita sama, mbak. aku baru aktif di 2015, padahal blognya dari kapan tau.
    Hahahaha
    Konsisten itu yg susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun sudah, tapi bisa kok dilakukan. Semangat, hehe

      Hapus
  6. ma kasi mba tipsnya untuk newbie kayak aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, saya lebih newbie lagi daripada mbak Lia hehe

      Hapus
  7. "Jangan khawatir tulisan tidak ada yang membaca. Jangan khawatir tulisan dianggap jelek. Jangan khawatir tidak bisa melanjutkan menulis. Tetaplah menulis. Bukankah hidup ini terlalu pendek untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tak perlu?"

    Sepakat dengan itu, kadang kalau terlalu banyak khawatir jadinya ngga nulis2...Terimakasih sudah kembali diingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga sudah mampir ya mas Kornelius :)

      Tetap semangat ya :D

      Hapus
  8. Dulu aku selalu berpikir gimana kalo tulisanku jelek trus orang-orang gak suka. Sekarang aku lebih santai dan itu adalah cara tepat agar kita tetap semangat menulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulislah dan jangan khawatir tak ada yang membaca tulisanmu, bahkan meski hanya engkau yang membacanya :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...